News
Loading...

AMP KOTA BANDUNG MEMPERINGATI 10 NOVEMBER SEBAGAI HARI TRAGEDI KEMANUSIAAN DI PAPUA BARAT

Theys Eluay saat meninggal dunia (Foto  Ist,WK/SCK)
Bandung, SUARA CENDRAWASIH KOLAITAGA -  Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Komite Kota Bandung  memperingati Hari Tragedi Kemanusiaan Papua Barat yang jatuh pada Minggu (10/11/2013). Di Peringatan dengan Pemutaran Vilem Perjuangan Tokoh Papua Bapak Dortheys Eluway. (09/11/2013).

"Hari Tragedi Kemanusiaan (10/11) diperingati dalam bentuk pemutaran Vilem Perjuangan Papua Merdeka dan Vilem perjuangan  Bapak Dortheys Eluway (09/11/2013). Tempat di Asrama Mimika Bandung Jawa Barat.

Kata Ketua AMP Komite Kota Bandung Risal Jigibalom mengatakan,
Kasus penculikan dan pembunuhan Alm. Dortheys Hiyo Eluay bukan masalah kemarin, tetapi ini masalah hari ini, dan lebih-lebih masalah hari esok dan lusa. Itu yang harus diingat orang Papua. Pada setiap tanggal 10 November disetiap tahun, setiap orang yang merasa dirinya berasal dari dan dilahirkan di atas tanah west Papua , hidup dia dan akan dikuburkan ke Bumi Cenderawasih West Papua , sepatutnyalah berbuat sesuatu, yaitu sesuatu yang berarti dan bermakna bagi tanah leluhur dan bangsa rakyat papua barat.”ujar risal.

Selain itu kata Risal, Negara Kesatuan Republik Indonesia, harus bertanggungjawa atas kematian Tokoh Besar Bangsa Papua Barat Bapak Dortheys Hiyo Eluay . dengan memberikat Hak Penetuan Nasib Sendiri (Merdeka) kepada Rakyat Bangsa Papua Barat.

Markus Madlama salah satu anggota AMP, mengatakan Bapak Alm. Dortheys Hiyo Eluay  telah memilih berjuang dengan cara-cara damai, serta menghargai nilai-nilai hak asasi manusia, asas-asas demokrasi, dan prinsip-prinsip hukum internasional. "Kami patut mendoakan sesama umat manusia yang terutama Tokoh Revolusi Bangsa West Papua yang terlah di bunuh oleh Aparat Militer Indonesia pada tanggal 10/11/2001 . Ini adalah pemusnahan ras melanesia di bumi Cendrawasih yang di lakukan oleh Indonesia sejak papua di anekasikan kedalam Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 1 Mei 1963 hingga saat ini 2013, kami orang papua dalam taap pemusnahan.

Selain itu juga Markus M mengatakan Orang Papua Ras Melanesia yang hidup di atas bumi West Papua tidak menyadari diri sebagai orang papua yang di ciptakan Tuhan untuk menjaga Bumi Cendrawasih,  selamatlah engkau papua akan di kenan bahwa Pulau papua pernah di tempati oleh Orang Papua ras Melanesia.

Adapun tuntutan Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Komite Kota Bandung yang di sampaikan oleh ketua AMP Bandung  Risal Jigiblom dalam memperingati 12 tahun Tokoh besar rakyat papua yang di bunuh oleh Pemerintah Indonesia dan Aparat Militernya KOPASUS, sebagai berikut :
1.      Berikan kebebasan dan Hak penentuan nasib sendiri sebagai solusi demokratis bagi rakyat Papua.
2.      Menarik militer Indonesia ( TNI, Polri) organik maupun nonorganik dari seluruh tanah Papua untuk menghentikan segala bentuk kejahatan terhadap kemanusiaan oleh negara Indonesia terhadap rakyat Papua.
(Suara Cendrawasih Kolaitaga/WK)


Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar :