News
Loading...

POLRESTA KOTA JAYAPURA KEMBALI MENAGKAP 16 AKTIVIS KNPB DI Jayapura.

Penangkapan Aktivis KNPB di Jayapura (foto, NG/SCK)
Jayapura, SUARA CENDRAWASIH KOLAITAGA -  polda Papua melalui Kapolresta kota jayapura kembali menagkap 16 Aktivis KNPB di jayapura.(Senin 25/11/3013. Jam 15.00.WPB)

Penagkapan terjadi pada pukul 15.00 WPB bertempat depan Gapura uncen abepura. Rencana sebelumnya Komite Nasional Papua Barat KNPB merencanakan untuk melakukan aksi demo damai untuk mendukung Kampanye papua merdeka Sorong To samaray dan pembukaan dan peresmian Kantor kampanye Papua Merdeka OPM akan berlangsung mulai tanggal 25 sampay dengan tanggal 1 desember 2013 di Ibu kota Negara Papua new Guinea Port Moresby PNG.

Sehingga pada hari ini sejumlah anggota KNPB pusat sedang membagikan selebaran yang di keluarkan oleh badan pengurus KNPB, namun kapolresta jayapura mengintruksikan kepada kepala OPS membubarkan paksa terhadap anggota KNPB yang sedang membagikan selebaran tematnya di depan Gapura uncen Abepura. 

Dengan alasan yang tidak jelas anggota KNPB ditangkap oleh polresta jayapura masih berada di kapolresta, alasan polisi menagkap 16 aktivis KNPB tersebut belum diketahui. 

Polisi bukan hanya melakukan Penagkapan Namun Ada beberapa anggota yang ditangkap sempat dapat Pukul oleh anggota Polisi dari kapolresta jayapura tersebut. 

Berdasarkan hal tersebut KNPB melajangkan surat Pemberitahuan Kepada Polda Papua Namun pada tanggal 23 November polda mengeluarkan surat Penolakan, tetapi KNPB akan tetap lakukan demo damai pada tanggal 26 november mendatang.


Sebanyak 16 aktivis KNPB ditangkap Polisi Indonesia saat menyebarkan selebaran berisi seruan aksi demo damai. Mereka ditangkap dan dipukul di depan Uncen, Padang Bulan, Abepura pada jam pukul 02.00 sore tadi (25/11) dan dibawa ke Markas Polresta Jayapura dan diinterogasi.
 
Ogram Wanimbo, salah satu aktivis KNPB Pusat menuturkan bahwa dirinya dipukul dan diinterogasi. “Mereka tiba datang dengan kekuatan penuh, dan tanpa kompromi menangkap kami. Lain dipukul. Sampai di Polresta mereka ancam tahan kami dengan pasal penghasutan, dan Wakapolresta Kiki Kurnia ancam kami untuk tidak melakukan Akai  damai besok,” kata Ogram setelah dibebaskan.

Keenambekas aktivis ini ditahan selama 4 jam. Selebaran aksi KNPB itu dibagikan kepada rakyat Papua untuk turun demo damai menuntut hal penentuan nasib sendiri dan menyambut pembukaan kantor Kompanye Papua Merdeka di Port Moreby, PNG. Akai demo damai akan dilakukan di seluruh wilayah West Papua.

Nama yang dapat tangkap antara lain sebagai berikut:
1. Nope Eloma Asso
2. Lascar sama
3. Erik Yalak
4. Penius Siep
5. Henius Aso
6. Jakzen Giyai
7. Sera Mote
8. Yali Gombo
9. Toni Kobak
10. Dama Ogi
11. Hosea Yeimo
12. David giyai
13. Jon Tuliahanuk
14. Nius Gomba
15. Ograma Wanomo
16. Demianus 

Mereka yang ditangkap Sementara Sedang mengintrogasi di polresta Kota Jayapura.(Nesta Gimbal/SCK)
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar