News
Loading...

32 Aktifis KNPB/PRD Wilayah Timika di Tangkap, tapi aksi dilakukan sore hari.

Saat Ke-32 Aktifis KNPB Wilayah Timika dikeluarkan dari Polres Mimika
Timika-, Pada tanggal 19 Oktober 2012 yang ditangkap oleh Kasat Intelkam POLRES Mimika NURSALASAM, Sekarang Nursalaman di promosikan jabatan di Kaur I Intel POLDA Papua, kepolisian Resort Mimika yang sedang cari promosi jabatan dan pangkat tadi menangkap sekitar  32 aktifis KNPB dan PRDM di Lapangan Makam Kelly Kwalik Timika Indah.

Nama-nama mereka yang ditangkap dan saat ini ada di POLRES Mimika adalah :
1.      Steven Itlay (Ketua Umum KNPB Wilayah Mimika.
2.      Abiud Degei (Ketua Umum PRD Mimika)
3.      Billy Hagawal (Sekjen KNPB Wilayah Mimika)
4.      Donny Mote (anggota)
5.      Petrus Bobii (anggota)
6.      Boni Bora (anggota)
7.      Yulianus Edoway (anggota)
8.      Paulus Doo (anggota)
9.      Martinus Pekey (anggota)
10.  Paulina Pakage (anggota)
11.  Agusten Pekey (anggota)
12.  Soni Ukago (anggota)
13.  Daniel Kotouki (anggota)
14.  Sprianus Edowai (anggota)
15.  Orgenes Pigai (anggota)
16.  Menase Dimi (anggota)
17.  Timotius Kossay (anggota)
18.  Welius Kogoya (anggota)
19.  Demianus Kogoya (anggota)
20.  Kasianus Kamke (anggota)
21.  Aduart Suruwan (anggota)
22.  Melianus Gobai (anggota)
23.  Pais Nasia (anggota)
24.  Mekkson Kotouki (anggota)
25.  Maria Piligame (anggota)
26.  Markus Entama (anggota)
27.  Yustinus Pigome (anggota)
28.  Sior Heselo (anggota)
29.  Semuel Edowai (anggota)
30.  Agus Itlay (anggota)
31.  Yakonias Womsiwor (anggota)
32.  Andreas Edowai (anggota)
Ke-32  aktifis KNPB/PRDM ini ditangkap saat pemasangan spanduk di Lapangan Makam Kelly Kwalik Timika Indah, Jam 08.30 Waktu Timika Papua.

Sekitar jam, 08.30 lewat Bangsa Papua di bawa pimpinan Pawai naik ke Polres Mile 32 Timika dengan jalan kaki, sekitar 34 kilo meter yang diikuti oleh ribuan masa di kantor POLRES Mimika.

Pada jam 2.30 Masa kumpul di Jalan masuk POLRES Mimika untuk menuntut megeluarkan ke-32 aktifis KNPB dan PRD Mimika yang ditangkap itu. Dan dipintu masuk sebelum dengar arahan dari pihak kepolisian Pdt Daniel Bagau membuka dengan doa dan selanjutnya dari pihak kepolisian menyampaikan alas an bahwa “tidak ada surat ijin aksi demo.” Kata kabag Brimob, Pak Korowa.

Setelah itu menurutnya bahwa mereka mau kasih keluar setelah mereka tanda tangansurat  pernyataan, dan menurut militer Indonesia di Timika juga bahwa, mereka mau halangi agar kegiatan aksi kali ini tidak boleh dilakukan di Timika.
Seorang anggota kepolisian yang namanya tidak disebutkan juga menyatakan bahwa “ ini langsung perintah dari KAPOLDA Papua.” Katanya.

Selanjutnya Pdt Deserius Adii, S.Th menenankan rakyat bahwa “ nanti mereka keluar jadi kita tunggu sampai  keluar nanti kita akan pulang bersama dengan mereka.”kata pendeta muda ini.  Selanjutnya masa duduk di jalan sambil menunggu mereka keluar.

Kepada KNPBNews ini juga Pdt Deserius Adii, S.Th ini juga menyoroti bahwa “ Cara-cara kuno ini dipraktekkan sampai saat ini, sebenarnya , inikan masa demokrasi ko ditangkap tanpa prosedur hokum yang jelas.

Menurut Adii yang juga adalah salah satu Tokoh Agama Kabupaten Mimika yang biasa mengamankan perang saudara dan perang suku ini juga menyoroti “ kenapa tadi tidak kasih tunjuk surat perintah penangkapan sesuai hukum Indonesia, jangan main tangkap seperti tete nenek moyang kami dulu.” Katanya dengan nada menyesal atas sikap kepolisian ini.

Selanjutnya pada pukul 3.30 waktu timika papua, ke 32 aktifis KNPB dan PRDM ini keluar dan dari Kantor Kepolisian Mile 32 turun dikawal oleh kepolisian dan sampai di Timika.

Sampai di Timika Pukul 5.00 Aksi Demo Damai dilakukan dan arahan singkat disampaikan oleh Tuan Steven Itlay selaku Ketua KNPB menyangkut dengan agenda aksi hari ini. Menurut Itlay bahwa, ” kami ditangkap tetapi kami sampaikan terima kasih karena kamu punya hak untuk menangkap, menembak dan membubarkan, tapi perjuangan papua merdeka adalah harga mati.” Katanya. Dan dia juga menambahkan bahwa tanggal 25-01 Desember 2013 kegiatan sedang berlangsung di PNG. Dan dengan tegas ia juga manyatakan bahwa KNPB dan PRD Wilayah Timika tidak ada agenda pengibaran bendera bintang kejora pada 1 Desember 2013 nanti, tetapi rakyat lakukan doa di rumah masing-masing dan tunggu komando nasional. Tegasnya.

Selanjutnya Ketua Parlemen Rakyat Daerah Mimika menyatakan sikap pernyataan secara singkat yairu :
1.      Mendukung dan menyampaikan terima kasih kepada Dewan Gereja Pasifik yang telah menyatakan dukungannya untuk perjuangan hak penentuan nasib sendiri rakyat West Papua yang telah dibicarakan pada Koferensi Gereja Sedunia pada 5 November 2013 di Korea Selatan.
2.      Mendukung dan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Vanuatu yang mengangkat masalah West Papua (Hak Penentuan Nasib Sendiri rakyat West Papua) pada pertemuan 53 Pemimpin negara-negara persekmakmuran jajahan Inggris Raya pada tanggal 16-17 November 2013 di Srilangka.
3.      Mendukung dan menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan pemerintah PNG yang telah menerima pemimpin Kemerdekaan International West Papua Mr. Benny Wenda dan member  ijin pembukaan kantor kampanye OPM di Port Moresby.
4.      Kami rakyat Papua Barat Mendesak kepada Pimpinan Negara MSG  segera menindak lanjuti Hasil keputuasn KTT MSG  pada tanggal 20 juli 2013 lalu demi hak penentuan Nasib Sendiri.
5.    PBB, Amerika serikat, Belanda dan Indonesia segera bertanggung jawab atas nasib rakyat Papua Barat, dengan mencabut Resolusi 2504  dan  memberikan kebebasan bagi rakyat Papua Barat Untuk menetukan nasib sendiri (Self Determination).
1Setelah itu pada pukul 5.40 menit masa bubar dengan tertib dari lapangan Makan Kelly Kwalik Timika Indah.
Berikut Foto-Fotonya:
Saat ditangkap ke-32 aktifis KNPB Wilayah Timika
Saat ditangkap ke-32 aktifis KNPB Wilayah Timika
Saat Masa KNPB Naik Kantor Polres Mimika di Mile 32 dengan Jalan kaki.
Saat Masa KNPB Naik Kantor Polres Mimika di Mile 32 dengan Jalan kaki.
Masa tiba di Kantor Polres Timika di Mile 32
Masa tiba di Kantor Polres Timika di Mile 32
Masa saat tunggu kasih keluar ke 32 Aktifis KNPB/PRD
Masa saat tunggu kasih keluar ke 32 Aktifis KNPB/PRD
Saat Ke-32 Aktifis KNPB Wilayah Timika dikeluarkan dari Polres Mimika
Saat Ke-32 Aktifis KNPB Wilayah Timika dikeluarkan dari Polres Mimika
Aksi Dukungan Di Lapangan Kelly Kwalik
Aksi Dukungan Di Lapangan Kelly Kwalik
Aksi Dukungan Di Lapangan Kelly Kwalik
Aksi Dukungan Di Lapangan Kelly Kwalik


Sumber :  www.knpbnews.com
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar