News
Loading...

Demo KNPB Di Jayapura: 28 Orang Ditahan, Tiga Diantaranya Perempuan

Aparat kepolisian membubarkan paksa massa aksi, dan menangkap puluhan orang (Foto: Arnold Belau/SP)
PAPUAN, Jayapura — Aksi demonstrasi damai yang digelar Komite Nasional Papua Barat (KNPB), siang tadi, Selasa (26/11/2013) di Museum Budaya Expo, Waena, Jayapura, Papua, berujung penangkapan puluhan aktivis oleh aparat Kepolisian Resort Kota Jayapura.

Arnold Belau, wartawan suarapapua.com di Jayapura melaporkan, pada awalnya aparat kepolisian membubarkan sebagian massa aksi di depan Kampus Uncen Baru, Perumnas III, dan secara paksa menangkap 8 orang massa aksi, yakni, Ogram Wanimbo, Assa Asso, Sam Lokobal, Meminda Sol, Konoru Wenda, Bonsa Mirin, dan termasuk Sekertaris Umum KNPB, Ones Suhun.

Kemudian, aparat juga melanjutkan operasi dan penyisiran ke Museum Budaya, Exo, Waena, dan melakukan penangkapan terhadap puluhan massa aksi yang telah berkumpul untuk beribadah.

Olga Hamadi, salah satu pengacara hak asasi manusia (HAM) Papua yang mendampingi para korban di tahanan Polresta Jayapura menjelaskan, jumlah massa aksi yang ditahan adalah 28 orang, tiga diantaranya perempuan.

“Kebanyakan mereka kelihatan dapat pukul dari Polisi, sebab ada yang dibagian mata atas bengkak dan darah. Ada yang bibir bengkak dan mulut luka-luka keluarkan darah. Mereka semua dikumpulkan di halaman Polresta, beberapa lagi di depan tahanan Polresta,” jelas Hamadi.

Namun, lanjut Hamadi, hingga saat ini belum dilakukan pemeriksaan, karena menurut beberapa Polisi, para penyidik sedang berada di lapangan, dan belum kembali ke Polresta Jayapura.

“Saya juga belum diijinkan untuk bertemu para aktivis yang ditahan. Alasannya pimpinan dan penyidik masih dilapangan jadi tidak boleh mendekat dulu. Jadi saya belum bisa mendata nama-nama mereka dengan baik,” ujarnya.

Adapun maksud dan tujuan digelar aksi tadi, yakni, pertama mendukung pembukaan kantor OPM di Port Moresby pada tanggal 1 Desember 2013 mendatang.

Kedua, mendukung pertemuan antara IPWP dan ILWP, serta parlemen PNG yang akan dilakukan di Port Moresby dari tanggal 25 November hingga 28 November mendatang.

Dan Ketiga, mendukung rencana kedatangan para menteri luar negeri dari perwakilan setiap anggota negara MSG ke Jakarta dan Papua.

OKTOVIANUS POGAU

Sumber :  www.suarapapua.com
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar