News
Loading...

KNPB Manokwari Dukung Internasionalisasi Papua

Ilst dukungan KNPB PUSAT( Nesta Gimbal)
Manokwari – Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Manokwari mendukung upaya Perdana Menteri Vanuatu yang telah membuka Forum Commonwealth Head of Goverments Regional Meeting (CHOGRM) di Colombo, Srilangka.

Dengan dibukanya forum tersebut, kata Ketua KNPB Manokwari Alexander Nekenem, kepada koran Ini akhir pekan lalu, semakin memperjelas bahwa persoalan Papua bukan lagi menjadi persoalan nasional melainkan menjadi persoalan internasional.

“Forum CHOGRM ini beranggotakan 53 Negara, negara-negara tersebut merupakan negara-negara bekas jajahan Inggris Raya,” sebutnya. Forum tersebut, telah mulai menggelar pertemuan selama 2 hari yang sudah dilakukan sejak Sabtu 16-17 November, kemarin.

Dijelaskan Alex, pada pertemuan tersebut, persoalan Hak Asasi Manusia yang teerjadi di Papua Barat, diajukan oleh Perdana Menteri Vanuatu untuk menjadi topik Pembahasan. Pada pertemuan tersebut, Perdana Menteri Vanuatu sekaligus telah menyatakan solusi atas status politik bangsa Papua Barat.

“Indonesia tidak menjadi bagian dalam Forum ini. Untuk itu, pada Resolusi meeting ini kami berharap Papua Barat akan memperoleh dukungan besar dari Anggota Forum CHPGRM,” ujarnya.

Lagi, Perdana Menteri Vanuatu Moana Carasses, kata Alex, pernah mengemukakan bahwa persoalan Papua kini tengah menjadi permasalahan Global. “Kami Rakyat Pribumi West Papua, menuntut kepada pihak internasional atau PBB untuk segera mendengar aspirasi kami, yakni referendum. Solusi ini merupakan solusi yang tepat dan demokrastis,”  tandasnya. (B/K4/R2)

Sumber :  www.suluhpapua.com
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar