News
Loading...

Gabungan Mahasiswa Pasifik Australia Tanggapi Aksi Demo Tolak Otsus Plus

Ratusan orang melakukan longmarch dari depan Kampus Uncen Perumnas III sejak pukul 11.00 WIT  ke Kantor Gubernur Papua, Senin (4/11) siang. Aksi demo damai ini mengusung aspirasi menolak Otsus Plus, atau Undang - Undang Pemerintah Provinsi Papua
JAYAPURA - Maraknya aksi demonstrasi penolakan Otsus Plus belakangan ini, yang dilakukan Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Peduli Rakyat (Gempar), ternyata juga menyita perhatian dari para mahasiswa Pasifik dari Australia - Papua New Guinea (PNG). 

The Leader Pacific Student of West Papua.(Pimpinan Mahasiswa Pasifik) Ago, P. Gobay dalam wawancaranya dengan Bintang Papua, mengatakan, aksi demo yang dilakukan masiswa yang tergabung dalam Gempar adalah suatu kewajiban dan harus dilakukan mahasiswa, mengingat sejarah reformasi di Indonesia mahasiswa adalah pihak yang berusaha melakukan perubahan-perubahan. Jadi wajarlah jika mahasiswa melakukan demonstrasi dan mengkritisi kebijakan baru dari pemerintah Indonesia yang disebut Otonomi Khusus (Otsus).   

Terkait dengan itu,  Gabungan Mahasiswa Pasifik Australia Sampai Papua New Guinea (PNG) menegaskan tiga hal pokok.
 
Antara lain, Pertama, Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen) segera bertanggung jawab terhadap sejumlah mahasiswanya yang ditahan dengan mencari jalan agar sejumlah mahasiswa yang ditahan polisi karena melakukan demo segera dibebaskan. 

Kedua,  Kami dari gabungan Mahasiswa Pasifik menegaskan, pemerintah Indonesia segera menghentikan pemberian gula-gula manis kepada rakyat Papua yakni Otsus yang ujungnya hanya memusnahkan Rakyat Bangsa Papua Barat.


Ketiga lanjut A.Gobay, kami tidak bermaksud kuliah tinggi-tinggi dengan harapan hanya mati miskin di bawah kaum kapitalisme, Imperialisme dan Klonialisme. “Oleh sebab itu Kami dari Mahasiswa Pasifik mengharapkan lebih dulu segera menyelesaikan Masalah Besar yang ada di Papua yakni Penentuan Nasib Sendiri. (Self determination),”katanya.(don/don/l03)


Sumber :  www.bintangpapua.com
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar