News
Loading...

Partai SODELPA Fiji Dukung Pembebasan West Papua

Ro Teimumu
Fiji, KNPBnewsPaska kunjungan Presiden Indonesia ke Fiji, Partai politik SODELPA (Social Democratic Liberal Party) di Fiji menyatakan pembebasan West Papua dari pendudukan Indonesia akan menjadi salah satu kunci penting dari Manifesto SODELPA yang akan dirilis bulan depan. 

Seperti yang dikutip harian Fijitimes, pemimpin Partai itu, Ro Teimumu Kepa menyampaikan pesan kepada rakyat West Papua bahwa perjuangan mereka bukan perjuangan yang terlupakan.
“Pesan SODELPA terhadap rakyat tertindas West Papua bahwa: Anda tidak sendirian. Dukungan sedang bertumbuh untuk persoalan Anda. Kami bersama dengan Anda, “kata RO Teimumu kemarin, Minggu (22/6) di Fiji.
Menurutnya, Presiden SBY tidak mengangkat masalah West Papua secara terbuka di pertemuan PIDF kemarin. “Tapi dia dilaporkan tidak mengangkat isu West Papua secara terbuka di forum, meskipun dikutip di Indonesia bahwa ia bermaksud untuk melakukannya,” kata Ro Teimumu.\

“Kami melihat penampilan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada Forum Pembangunan Kepulauan Pasifik (PIDF) di Nadi sebagai diplomatik dan politik ofensif sebagian terkait dengan Papua Barat,” kata Ro Teimumu.
“”Tujuannya adalah untuk menjaga sebanyak mungkin pemimpin Pasifik agar berada dalam kebijakan Indonesia atas West Papua dan untuk melawan meningkatnya tekanan internasional dan regional dalam mendukung West Papua.” Kata Ro Teimumu.

Sementara itu, Radio New Zealand hari ini, Senin (23/6) menyiarkan bahwa aktivis dari Konferensi Gereja-Gereja Pisific yang melakukan kegiatan dukungan untuk West Papua dipantau dan diikuti oleh Polisi Fiji saat kedatangan SBY kemarin.
 
Sumber : www.knpbnews
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment