News
Loading...

KAPAL PEMBURU MABES POLRI BERAKSI DI PERAIRAN PAPUA

Kapolda Papua Inspektur Jenderal (Pol) Tito Karnavian. (Jubi/Arjuna)
Jayapura, 13/6 (Jubi) – Empat kapal pemburu Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) akan beraksi di perairan Papua dan Papua Barat. Keempat kapal tersebut merupakan bantuan kepada Kepolisian Daerah (Polda) Papua guna memperkuat armada Polisi Perairan (Pol Air) dalam mengantisipasi segala bentuk kejahatan di perairan Papua dan Papua Barat.

Kapolda Papua, Inspektur Jenderal (Pol) Tito Karnavian mengatakan, dua buah kapal pemburu itu akan dioperasikan di perairan Papua Barat dan dua lagi untuk di perairan Jayapura dan sekitarnya.

Dua kapal sudah kami kirim ke Polres Sorong untuk memperkuat pengamanan di perairan selama Sail Raja Ampat mendatang. Dua lagi di Jayapura,” kata Kapolda Tito Karnavian, Jumat (13/6).

Menurutnya, kapal pemburu itu terbuat dari aluminium dengan kecepatan 30 knot atau memang dikhususkan untuk berburu. Sehingga dianggap cocok di perairan Papua yang secara umum dinilai memiliki tantangan cukup besar karena sangat luas. Apalagi lanjut Kapolda, perairan Papua masih rawan dengan berbagai modus pencurian ikan (illegal fishing), penyelundupan dan kejahatan di laut lainnya.

Kapal ini akan digunakan mencegah berbagai macam penyelundupan, mulai dari ganja, BMM, Petasan, lintas batas illegal, bom ikan pencurain ikan, kapal asing, dan termasuk kecelakaan laut. Namun bantuan itu sebenarnya belum mencukupi armada Polda Papua karena wilayah Papua sangat luas,” ujarnya. (Jubi/Arjuna) 

Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment