News
Loading...

NILAI MANUSIA LEBIH MAHAL DAN LEBIH BERHARGA DALAM HIDUP

DIMANAKAH NILAI KEMANUSIAAN DI PAPUA DALAM PANCASILA NEGARA KOLONIAL INDONESIA
KAMI ADALAH MANUSIA PAPUA YANG MEMPUNYAI NILAI LUHUR ALLAH
DIMANAKAN NILAI KEMANUSIAAN DI BAWAH TEKANAN KOLONIAL PENJAJAHAN BRUTAL
I. NILAI MANUSIA

A. Apa Itu Nilai

Nilai adalah sesuatu yang berharga diberikan oleh sang pencipta kepada manusia dan segala ciptaan berdasarkan penciptaannya. Nilai juga di berikan dari manusia kepada sesamanya atau juga kepada segala ciptaan Tuhan berdasarkan pengamatan, penelitian dan pengalaman. Nilai ciptaanya tidak bisa dikurangi atau ditambah dari faktor manusia karena sudah diberikan sewaktu diciptakannya.....nilai juga tidak bisa dikurangi atau ditambah dari orang-orang yang statusnya bukan guru...........nilai harus diberikan oleh guru yang selalu mengajar, mendidik dan membina bagi anak didiknya dalam menempu tujuan dan harapan hidup.

B. Apa itu Nilai Manusia

Manusia adalah suatu makhluk hidup yang paling mulia, yang punya akal budi” karena manusia mempunyai akal budi maka manusia mampu mengonsep, merencanakan, memahami, meneliti, menilai, mengontrol, memberdayakan dan mengendalikan segala konsekwensi hidup secara baik dalam hidup itulah yang dimaksud nilai manusia lebih tinggi. Segala sesuatu diciptakan hanya dengan perintah, namun manusia diciptakan dengan dengan tangan sang pencipta sendiri ia menciptakan serupa dengan kodrat pribadi agar segala sesatau yang ia ciptakan dilestarikan dijaga, dilindungi, diarahkan kearah yang lebih baik, maka nilai dan harga manusia paling tinggi dihadapan sang penciptanya sendiri. Berhubung dengan ini barang siapa merusak atau menghancurkan hidup manusia dengan factor kesengajaan maka ia harus membuktikan, untuk menciptakan segala sesuatu terutama makhuk manusia yang nilai dan harganya lebih mahal ini di depan empat mata agar kita yang lain menjadi saksi bagi dirinya, dan bila memang penciptaannya terbukti berarti kita yang lain serahkan diri menjadi penurut setia kepada orang dimaksud dan dialah yang menjadi penuntun, penyelamat, pelindung, pendamai, pemberi hidup manusia dalam segala problema dll. bila hanya tahu merusak berarti……anggaplah manusia itu sebagai perusak segala ciptaan tuhan sang pencipta terutama makhluk manusia ini.

C. Apa Yang Diterapkan Didalam Hidup

Manusia diciptakan sesuai dengan kodrat pribadi........yang begitu harga dan nilainya terlalu tinggi maka sang pencipta sudah dipatokan hidupnya dengan perintah dan larangan melalui alkitab dan sepuluh perintah sebagai hukum alam yang isinya berupa perintah dan laranga agar manusia lebih efektif mengendalikan hidupnya........maka manusia hidup sangat penting untuk membedakan segala sesuatu yang mengancam hidupnya berdasarkan hukum Tuhan dimaksud maka dalam hidupnya sangat penting untuk membedakan :

Mana yang baik Dan Mana yang tidak baik
Mana yang layak Dan Mana yang tidak layak
Mana yang diterima Dan Mana yang tidak diterima
Mana yang harus Dan Mana yang tidak harus
Mana yang mungkin Dan Mana yang tidak mungkin
Mana yang benar Dan Mana yag salah
Mana yang adil Dan Mana yang tidak adil
Mana yang jujur Dan Mana yang tidak jujur dll

D. Bila hidup manusia tidak dibedakan target - target hidup menurut hukum tuhan apa yang akan terjadi……….??

Delapan poin diatas suatu cara yang sudah dipatok dari Tuhan sang pencipta untuk membedakan dan memisahkan segala sesuatu yang membahayakan dan menghancurkan dalam segala problema hidup manusia maka dalam hidup ini terjadi banyak masalah yang tidak diinginkan oleh tuhan maupun oleh sesama……..berarti akan nampak sesuatu juga yang tidak diinginkan…..berdasarkan perbuatan dimaksud…….keadaan tersebut adalah:

1. Muncul masalah yang sulit untuk dikendalikan dalam hidup
2. Muncul penyakit yang tidak mampu dijangkau dengan obat yang dibuat dari kemampuan manusia
3. Penderitaan berkepanjangan
4. Hidup tidak aman, tidak sejahterah, tidak damai, tidak terkontrol dalam segala persoalan HIDUP
5. Kematian sana - sini, pemabukkan, pemerkosaan, penganiyayaan, perampokkan, pencurian, pembunuhan, pendustaan, penghinaan, perbudakkan, pemusnahan, perselisihan, peramalan, penghujatan, kenapsuan, pemalsuan, pembohongan (penipuan), persimpangan, percindraan dsb.
6. Semuanya ini terjadi karena ULLA manusia maka ada sanksi dari tuhan sang pencipta yang setimpal dengan perbuatannya. Jangan penah bermimpi bahwa hidup kita ini aman sebelum lima poin diatas terhindar dari kehidupan saudara dan saya…... lima (5) poin harus terhindar dari kehidupan manusia lalu hidup ini bebas dan aman.

II. MANUSIA, MEMANUSIAKAN DAN KEMANUSIAAN

Manusia

Manusia merupakan suatu makhluk social yang diciptakan” menurut kodrat pribadi Tuhan sang pencipta…….Sang pencipta masukan rohnya didalam tanah lihat yang ia gambarkan itu…..lalu bangkit dan bergerak untuk menikmati segala sesuatu yang diciptakan oleh bapa sang penciptanya…..namun manusia tidak akan sadar hal itu .

Memanusiakan

Kita tinjau kembali kuasa tuhan bekerja lewat perantaraan manusia untuk sesamanya untuk merobah sikap hidup dan keadaan dalam segala konsekwensi kehidupan masyarakat…..baik melalui pemerintah, lembaga-lembaga social (agama), organisasi atau pun kelompok komunitas masyarakat…….yang benar – adil jujur bermartabat dan bertanggung jawab sepenuhnya dihadapan sang pencipta……..karena mereka inilah wakil sang pencipa untuk merobah sikap hidup masyarakat dalam segala konsekwensi kehidupan……………sikap hidup apa yang dirubah…….?? Saya mikir kelompok lembaga diatas baik itu lembaga pemerinta, social, organisasi, tokoh - tokoh masyarakat dll mereka inilah yang paling dominan untuk merubah sikap hidup ini……………..dan mereka inilah yang harus dijadikan dibumi ini seperti disurga…….melalui program dan tindakan nyata untuk merubah sikap hidup masyarakat dimaksud ini apa yang seharusnya dilakuakan yani:
1. Apa yang BAIK menjadikan lebih baik……bukan untuk merubah menjadi lebih buruk
2. Apa yang LAYAK menjadi lebih layak…….bukan untuk menghilangkan kelayakan-Nya
3. Apa yang BENAR menjadikan lebih baik dan sasaran…….bukan untuk merubah apa benar menjadi tidak benar.
4. Apa yang HARUS menjadikan lebih seharusnya……..dan bukan untuk tidak diharuskan dalam pelaksanaan
5. Apa yang SASARAN menjadikan tertuju pada sasaran…….dan bukan untuk ditiadakan……juga merubah arahnya……!!
6. Apa yang INDAH menjadikan lebih diindahkan…….dan bukan untuk merusak keindahan
7. Apa yang WAJIB menjadikan lebih focus……. dan bukan untuk tidak diwajibkan dll

Kemanusiaan
Seabagai manusia melakukan segala sesuatu dengan penuh tanggung jawab dibumi maupun disurga “ karena tanggung jawab perbuatan manusia itu dua tempa yaitu terhadap tuhan sang pencipta dan terhadap sesamanya maka manusia waspada dalam hidup ini baik yang kelihatan maupun yang tak kelihatan yang sengaja maupun yang tidak sengaja harus dilakukan sewajarnya berdasarkan apa yang ditentukan oleh sang pencipta:
1. Sebagai Manusia harus hidup beradap dengan sesamanya
2. Sebagai Manusia harus hidup tanpa gangguan apapun diatas bumi ini
3. Sebagai Manusia harus hidup berdamai dengan sesamanya
4. Sebagai manusia harus Hidup berdampingan dan bertanggung jawab kepada sepenuhnya kepada sesamanya dalam segala problema hidup.
5. Manusia harus hidup Saling’’ Menjaga, Melindungi, Mengayomi, Mengarahkan Mencintai, Mengasihi, dan menjadi teladang antara sesamanya dalam hidup.
6. Manusia harus mengharapkan tujuan-tujuan yang baik, benar, adil, jujur dan bertanggung jawab.
7. Manusia harus hidup tanpa melaksanakan segala sesuatu yang bisa membahayakan dan atau menghancurkan serta merugikan sesamanya dalam hidup.

Dengan hal ini BILA hidup manusia terhindar dari perbuatan - perbuatan baik dimaksud diatas maka tak ada sama sekali unsur kemanusiaan-Nya dalam hidup ini……jangan bermimpi bahwa dalam hidup ini ada unsur - unsur kemanusiaan karena: (1)Kemanusiaan bukanlah kata-kata belakah melainkan perbuatan nyata dari manusia terhadap sesamanya, dan terhadap alam lingkungannya. (2) Keadilan dan kejujuran bukanlah kata - kata melainkan menerima respon yang pasti berdasarkan tindakan dan perbuatan sebelumnya. (3) Tanggung jawab bukanlah kata-kata melainkan bukti perbuatan yang sudah sedang dan akan dirasakan oleh sesamanya dalam pelayanan. Adakah mitos tentang seorang lumpuh……menjadi pelari unggulan dalam lari marathon dan menjadi urutan pertama dalam merebut……medali emas…….??saya mikir memang terjadi seperti gini berarti lelucon…….dalam kondisi fisiknya yang belum stabil sampai kapan pun tidak akan mencapai tujuan-tujuan tertentu yang ia ditargetkan dalam hidup ini apa lagi lari marathon dimaksud diatas…....biar sejelek apapun…..body dan kondisi fisiknya harus lengkap dan sehat agar mampu melaksanakan segala impianya dalam hidup ini.

III. MANUSIA MAKHLUK LEBIH MAHAL DAN LLEBIH BERHARGA

A. Apa Yang lebih Mahal Dalam Hidup Manusia
Manusia tidak tahu harga dan nilai manusia bahwa sejauh apa dan sejauh mana harga dan nilai manusia dimaksud” bila manusia tahu harga dan nilai tersebut didalam hidupnya terjadi kedamaian, ketentraman, terwujud kebenaran dan keadilan, kejujuran, keiklasan, kesetiaan, kemurnian, kesucian, ketertiban, kecerahan, keberuntungan, kebersamaan, kewibawaan, kecemasan, kepedulian terhadap segala yang menghancurkan hidup, kepandaian, serta kesejahteraan……sebelum mengetahui semuanya ini jangan pernah katakan saya mengenal kata nilai dan harga manusia. Dengan demikian yang tahu nilai dan harga manusia adalah tuhan sang pencipta sendiri” namun sebagian orang-orang bijak sudah tahu bahwa manusia adalah makhluk social yang paling mulia dalam nilai dan harga terlalu tinggi dari pada makhluk lain dibumi……mereka juga sudah bisa bedakan….dari karakter hidup dari semua makhluk hidup……..dengan manusia bahwa:

1. Manusia yang memiliki akal budi
2. Karena manusia memiliki akal budi maka manusia juga mampu………memahami, menganalisa, mengonsep, membedakan, memisahkan mengarahkan problem-problem kearah yang target dan sasaran untuk mewujudkankan hidup yang sebenarnya.

3. Oleh karena itu manusialah yang bisa mengatur dan mengendalikan serta menguasai segala makhluk hidup maupun benda - benda tidak bergerak yang diciptakan diatas Alam Raya ini……berarti manusia adalah segala-galanya dalam segala problema hidup……mau dirubah sesuatu menjadi tidak baik dan atau dirubah sesuatu menjadi lebih baik - awet kembali kepada manusia” jika demikian fungsi hidup manusia diatas bumi ini adalah pelengkap dalam segala persoalan dan pergumulan hidup yakni: (a) Bila kematian melanda masyarakat , manusia yang berada dilembaga pemerintah dan atau dilembaga suwasta…..mereka harus mencaari solusi untuk menemukan penyakit yang mematikan dan mengatasinya…...bukan penyakit yang beredar dalam masyarakat yang mematikan….banyak orang ini dibiarkan untuk bertumbuh dan berkembang sehingga makhluk manusia jalan menuju kepunahan. (b) Bila linggkungan tempat tinggal rusak manusia harus mencari solusi untuk menata lingkungan agar hidup masyarakat lebih sehat. Bukan untuk lingkungan yang rusak ditinggal agar efek lingkungan mengorbankan ratuasan orang yang tak berdosa (c) Bila masyarakat kehilangan pangan maka manusia dari lembaga pemerintah harus meencari solusi untuk memberdayakan dibidang pangan demi peeningkatan taraf hidup masyarakat…..bukan untuk dibiarkan agar masyarakat menderita dengan usaha - usaha pangan yang mereka diidam-idamkan dalam hidup ini (d) Bila seseorang ingin meneruskan keturunan…..mencari pasangan hidup yang berusia produktif….yang bisa membuahkan…dan menghasilkan selnya yang menjadi manusia baru……juga pula generasi baru….dan bukan untuk mencari…..orang yang sel-sel reproduksinya mematikan dengan factor kesengajaan manusia secara dunia dan manusiawi. dsb

B. Yang menjadi lebih berharga dalam hidup manusia

Dalam kehidupan manusia sering diutamakan segala kepentingan dunia-manusiawi ini memang benar juga karena dalam hidup akan menuntut kebutuhan-kebutuhan untuk melengkapi hidup ini........namun salah manusia tidak mengontrol apa yang sebenarnya diutamakan, atau memahami dirinya bahwa segala sesuatu yang saya jalani dalam hidup ini.......terjadi kepastian karena didalam diri ini ada intervensi kuasa tuhan sehingga saya mampu melakukannya.........orang dipandang rendah terhadap fisiknya..........bila lebih ditinjau kedalam akal budi yang muncul didalam fisik dimaksud menggerakan manusia untuk melakukannya atau menyelesaikan pekerjaannya........!! berarti.....hidup perlu diingat kembali tentang perkataan Yesus.......bahwa Tubuh lebih penting dari pada pakaian........berarti sama juga dalam segala persoalan hidup manusia yakni:

a) Manusia lebih penting dari pada rumah mewah, harta benda dan segala kekayaan
b) Tuhan sang pencipta, Roh dalam Tubuh manusia, dan Alam tempat tinggalnya lebih penting dari pada manusia
c) Umat/jemaat lebih penting dari pada lembaga gereja. sebaliknya lembaga gereja lebih penting dan lebih diutamakan dari pada umat/jemaat
d) Hembusan nafas lebih penting dari pada tubuh dan hidup lebih penting dari pada segalanya.
e) Kualitas dan kuantitas dalam kehidupan masyarakat lebih penting dari pada kekuasaan negara.
f) Keamanan dan kedamaian, serta kesejahteraan hidup lebih penting dari pada kepentingan-kepentingan politik yang dijalankan dengan kebohongan.

C. Mengapa manusia menyangkal kepada Tuhan

Kita berfikr manusia dan segalanya yanga ada diatas alam raya ini seadanya begitu saja namun sebelumnya ada sebab dan akibat yang dilakukan oleh Tuhan sang pencipta tetapi manusia menyangkal pemilikan penciptaannya karena didalam diri manusia terdapat tiga macam paradikma kehidupan antara lain:
1. Ideology manusia, ideology dunia, dan ideology tuhan sang pencipta
2. Rencana manusia, rencana dunia dan rencana tuhan sang pencipta
3. Tindakan manusia, tindakan dunia dan tindakan tuhan sang pencipta
4. Tujuan manusia, tujuan dunia dan tujuan tuhan sang pencipta

Tiga macam paradikma hidup ini dijelaskan dalam bentuk tabel berdasarkan prilaku manusia dalam segala problema hidup sebagai berikut:
No Manusia Dunia Tuhan sang pencipta

1. Keinginan untuk mencapai hidup yang direncanakan Dipengaruhi ideology berbagai macam cara dengan kebohongan Syukur dengan keberadaan hidup yang sudah sedang dijalani karena itulah anugrah
2. Muncul berbagai macam rencana Mengejar rencana dengan banyak cara kemunafikan. Mengejar rencana yang pasti dan sasaran untuk mewujudkan hidup berdasarkan panggilannya
3. Bertindak menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dalam hidup Segala tindakan DILAKUAKAN tanpa membedakan unsur apapun, ia ingin menguasai hidupnya dengan nafsu Pintar membedakan segala sesuatu dan mampu mengendalikan diri dan pekerjaan-Nya
4. Dilakukan demi kesejahtraan Dilakukan pekerjaan dengan nafsu dan kebohongan untuk menguasi hidup. Tujuan mencapai keamanan ketertiban, perlindungn, kesejahteraan, keadilan, ketentraman, kedamaian, keiklasan dll

D. Kenyataan Reaksi Manusia terhadap tiga paradikma hidup

Kenyataan hidup seperti ini tidak sulit untuk membedakan dalam hidup bermasyarakat jelata, apa lagi bagi mereka yang berpengalaman dalam apa yang disebut dengan ilmu psikologi hidup, dengan pandangan sudah jelas, apa lagi dengan berkata-kata” .mereka menjadi pengamat yang luar biasa dalam hal seseorang beraksi tentang dirinya terhadap tiga paradikma hidup ini dalam segala konsekwensi kehidupan,……ketiga paradikma hidup ini saling menantang antara satu dengan yang lain bahwa…….tindakan dan pikiran serta ideology yang dimilikinya dianggap lebih baik dan lebih unggul dari pada ideology, pikiran serta tindakan sesamanya dan mereka lebih eksis bahwa merekalah yang manusia dari pada sesamanya…..pilihlah salah satu diantaranya tiga paradikma hidup ini karena hidup adalah pilihan dan jalanilah hidup berdasarkan pilihanmu…..karena sebab dan akibat dari pada pilihan hidup berdasarkan tiga paradikma dimksud……nilai dan sankinya bila tidak menerima sekarang ini nanti akan diterima dialam lain yang sementara tersembunyai dimata manusia oleh sang pencipta.

PENULIS ALILIANUS MOTE, SH
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment