News
Loading...

Markas Pusat TPNPB Himbau Memperingati 1 Juli 2014

Upacara TPN-PB/OPM tahun 2012 silam. Foto: komnas-tpnpb.net
 
Jayapura, MAJALAH SELANGKAH -- Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), Komando Markas Pusat menghimbau kepada semua Komando Daerah Pertahanan TPNPB di seluruh tanah Papua untuk tetap memperingati 1Juli 2014.

Memperingati 1Juli 1971 dinilai sebagai hari bersejarah dalam perjuangan kemerdekaan bangsa Papua.

Atas nama Panglima Tinggi Tentara Pembebasan Nasioanal Papua Barat, (TPNBP), Kepala Staf Umum Mayjend Teryanus Satto pada 29 Juni 2014 kemarin seperti dikurp di laman komnas-tpnpb.net mengatakan, tanggal 1 Juli adalah hari Deklarasi Konstitusi Sementara Republik Papua Barat, dan Proklamasi Kemerdekaan Papua.

Mayjend Teryanus Satto pada himbauan umum itu menegaskan, peringataan 1 Juli juga merupakan sikap pejuang kemerdekaan Papua, menolak Indonesia di atas tanah Papua dan penolak Pemilihan Umum Indonesia pertama di tanah Papua.

"Dengan mengingat peristiwa yang telah terjadi dalam sejarah perjuangan Papua, di Markas Victoria pada 1 Juli 1971, maka TPNPB di seluruh Papua akan memperingati dengan cara upacara pengibaran bendera di Markas Komando Daerah Pertahanan (Kodap) masing-masing dan Ibadah Doa," katanya.

Ditulisnya, memperingati 1Juli 2014, pengibaran bendera hanya dapat dilakukan Upacara di Markas Kodap, tidak di sembarang tempat. Apabila pengibaran bendera terjadi bukan di markas Kodap, maka itu diluar tanggungjawab TPNPB.

Ia menegaskan, dalam memperingati 1Juli tidak ada kegiatan tambahan apa pun, selain melalui Ibadah Doa, dan atau upacara bendera bagi wilayah yang kondisi keamanan terjamin di seluruh Kodap.

Sementara itu, Pimpinan Tentara Pembebasan Nasional/Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM) Wilayah Keerom, Lambertus Pikikir menegaskan, pihaknya tetap akan memperingati 1Juli sebagai Hari Proklamasi Kemerdekaan Papua, Selasa (01/06/14) besok.

Kata dia, peringataan di wilayah Keerom dipusatkan di markasnya dan tidak ada kegiatan lain.

Informasi yang dihimpun redaksi majalahselangkah.com sore ini, peringatan 1 Juli di seluruh Papua digelar serentak di beberapa titik, wilayah Victoria, Jayapura, Wamena, Paniai, Mimika, Yapen Waropen, Merauke.
(GE/HI/003/ME/006/MS)
 
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment