News
Loading...

TOKOH PAPUA MERDEKA JOHN OTTO ONDAWAME MENGHEMBSKAN NAFAS

RIP DR. John Ondawame di Vanuatu.
Om sayang, anak tidak sanggup dengar kepergian om.

Terima kasih om, karna banyak hal yang sudah anak dapat dari om dan om adalah guru bagi anak dalam garis perjuangan. Anak akan kenangkan semua yang pernah om sampaikan kepada anak dan akan melanjutkan.

Amole!
John Ondawame (Ist/Google)
Jayapura,5/9(Jubi)- Diplomat Papua Merdeka di luar negeri yang berdomisi di Vanuatu, John Otto Ondawame (61 tahun), yang menjalankan tugas diplomatik di negara-negara Pacific, menghembuskan nafas terakhir, Kamis (4/9) kemarin, pukul 20.00 waktu setempat.

Berita duka ini disampaikan, Andy Ayamiseba, rekan seperjuangan almarhum melalui akun facebook resminya; Andy Ayamiseba.

“Dengan sedih saya menyampaikan bahwa rekan seperjuangan John Otto Ondawame telah dipanggil pulang ke rumah Bapanya yang kekal, akibat serangan jantung yang dasyat,”tulis Ayamiseba.

Kepergian Ondawame menjadi duka mendalam bagi semua orang asli Papua. “Papua menangis atas kehilangan seorang putranya yang terbaik,”tulis Andy dengan huruf kapital.

Rasa kehilangan yang mendalam juga dirasakan oleh diplomat Papua yang berdomisili di Amerika Serikat Octovianus Mote. “Saya merasa kehilangan,”tulisnya dalam akun facebook Octovianus Motte.

Baginya, Ondawame adalah seorang guru perjuangan Papua merdeka yang konsisten, tidak mengenal lelah. “Saya kagum akan komitmen untuk bertahan dalam suka dan duka dengan prinsip kemerdekaan adalah harga mati”.

Kaum muda Papua pun merasakan kehilangan tetapi kepergian Ondawame, “Kami akan meneruskan perjuangan ini hingga titik darah penghabisan,”tulis Ones Nesta Suhuniap, Sekretaris Umum, Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dalam aku facebook-nya.

Ondawame lahir di Wanamum, Mimika West Papua, pada 30 November 1953 dan menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Umum, Port Villa Vanuatu. Ia meninggalkan seorang isteri dan anak laki-laki.

Dalam Organisasi Papua Merdeka, Ondawame menjabat sebagai wakil ketua West Papua National Coalition of Liberation. WPNCL bersama Ondawame berjuang mendaftarkan West Papua dalam keanggotaan Melanesian Spreahead Group (MSG) sejak 2013 . (Jubi/Mawel)

Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment