News
Loading...

Siaran Pers Benny Wenda untuk mengamati referendum kemerdekaan Skotlandia

Tuan Benny Wenda ( foto, WK)
Saya senang atas nama rakyat Papua Barat yang akan diundang untuk Skotlandia untuk menyaksikan referendum Skotlandia untuk kemerdekaan. Di sini saya akan melihat dengan mata saya sendiri dengan cara damai dan demokratis bagi orang-orang untuk mengekspresikan menentukan nasib sendiri mereka sendiri. Di sini saya akan melihat apa yang kita telah bekerja selama di Papua Barat dan apa yang begitu lama kita ilegal ditolak. Apakah orang-orang Skotlandia ingin menjadi Independent atau tinggal dengan Inggris, pilihan di sini adalah terserah mereka. Tidak akan ada senjata di sini, tentara tidak akan mengancam orang-orang dan memaksa mereka untuk memilih satu atau lain cara.

Hal ini penting bagi rakyat Papua Barat, masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia untuk mengamati Skotlandia dan melihat bagaimana tindakan penentuan nasib sendiri dilakukan dengan standar internasional. Orang Papua Barat telah memiliki hak kami untuk menentukan nasib sendiri secara ilegal ditolak kepada kami selama lebih dari 40 tahun. Hal ini juga penting untuk masa depan bahwa pemerintah Indonesia melihat bagaimana referendum berlangsung secara damai, demokratis dan bermartabat, di mana warga negara diperbolehkan untuk bebas mengekspresikan keinginan mereka. Apa yang kita lihat selama beberapa hari mendatang di Skotlandia adalah apa yang kita minta dan akan melihat di Papua Barat, dan, apa, di bawah hukum internasional, secara hukum kita. Ini adalah masa depan bagi orang-orang kami di Papua Barat. Kesempatan untuk memenuhi hak hukum kami untuk menentukan nasib sendiri.

Saya bersyukur atas seberapa baik kunjungan saya telah diterima di kedua Edinburgh dan Glasgow dan contoh yang ditunjukkan kepada dunia oleh orang-orang Skotlandia yang menentukan nasib sendiri dapat dilakukan dengan cara yang begitu terhormat. Saya berterima kasih kepada orang-orang Skotlandia untuk semangat dan kehangatan mereka telah memberi saya dan dukungan Skotlandia telah memberikan kampanye kami dan orang-orang Papua Barat selama bertahun-tahun.

Hormat saya


Benny Wenda
 
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment