News
Loading...

TIDAK PERCAYA POLISI, ALASAN KELUARGA MARTINUS YOHAME TOLAK OTOPSI

Agust Kossay (topi) memberikan keterangan press (Jubi/Mawel)
Jayapura, 16/9 (Jubi) – Alasan keluarga Martinus Yohame, ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Sorong yang ditemukan tewas dalam kondisi mengenaskan pada 26 Agustus lalu menolak outopsi adalah karena tak percaya pada polisi.
“Kami tidak percaya dengan kinerja Polisi di Papua karena banyak kasus penghilangan paksa di depan mata tidak pernah terungkap,” ujar Agust Kosay kepada Jubi di kantor KontraS Papua, Padang Bulan, kota Jayapura, Selasa (16/9).
Menurut pria yang kini menjabat ketua I KNPB pusat ini, pembunuhan sejumlah anggota KNPB misalnya, Mako Tabuni, Hubertus Mabel, Yesa Mirin, Terijoli Weya tidak pernah diungkapkan oleh polisi, walaupun banyak saksi mata.
Agust mengakui pembunuhan yang terjadi itu karena pilihan politik dalam penilaian masing-masing. Pemerintah Indonesia menilai anggota KNPB sebagai musuh yang mengancam keutuhan negara. KNPB pun menilai pemerintah Indonesia musuh yang mengancam kehidupan orang asli Papua. Karena itu, menurut Agust, pihaknya tahu betul bahwa resiko apa yang mereka hadapi dalam pilihan politik.
“Kami sudah tahu mempersembahkan hidup untuk tanah ini. Resikonya kami sudah tahu. DPO atau kalau tidak dibunuh,” tegasnya serius.
Peneas Lokbere, kordinator Solidaritas Korban Pelanggaran Hak Asasi Manusia (SKP HAM Papua) mengatakan walaupun berbeda dalam pandangan politik, pemerintah Indonesia mempunyai kewajiban mewujudkan komitmen penegakan HAM nasional. Selain itu, pemerintah Indonesia anggota PBB yang mengakui deklarasi HAM PBB.
“Kasus ini mulai tenggelam, ada banyak barang bukti yang bisa dikembangkan tetapi tidak ada keseriusan. Indonesia mesti mewujudkan komitmennya dengan menuntaskan kasus ini dan kasus-kasus lain.” tegas Lokbere serius.(Jubi/Mawel)

Sumber :  http://tabloidjubi.com/
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment