News
Loading...

BELASUNGKAWA DARI BOUGAINVILLE UNTUK MASYARAKAT PAPUA

Dr John Otto Ondoame saat pimpin delegasi WPNCL di Noumea Kaledonia Baru, 2013 (Jubi/ist)
Jayapura, JubiMeskipun telah tiada, dukungan terhadap perjuangan tokoh Papua, DR John Otto Ondawame terus mengalir dari berbagai pihak, dalam hingga luar negeri. Diantaranya, Moses Havini, pemimpin Gerakan Pembebasan Bougainville dari Negara Papua New Guinea (PNG) dan sahabat-sahabatnya di Australia.

Hampir sepekan sepeninggalnya Otto Ondawame di Port Villa, Vanuatu, pada 4 September lalu, para sahabat-sahabatnya di Australia menyelenggarakan malam perkabungan bertempat di Galeri Poster di Pusat Studi Perdamaian dan Konflik, untuk mengenang pribadi yang berani dalam memperjuangkan kemerdekaan bagi Bangsa Papua.

“Teman-teman John dan rekan berkumpul untuk mengingat dan menceritakan kisah-kisah dari John termasuk pembacaan puisi,” kata salah satu sahabat John seperti diterima Jubi, Kamis (11/9).

Sementara itu, Moses Havini dalam sambutannya mengatakan, John Ondawame merupakan pejuang dan akademisi yang berani berjuang untuk pembebasan masyarakat Papua dalam berbagai forum hingga dikawasan Pasifik Selatan.

“Atas nama Keluarga Havini, Pimpinanan dan Rakyat Bougainville, kami sangat terkejut dan sedih atas kepergian saudara kita tercinta, almarhum DR John Otto Ondawame.

“Dia pejuang berani untuk perjuangan masyarakatnya di tanah Papua, Pasifik dan di berbagai forum hak asasi manusia internasional,” ungkap Havini.

Atas meninggalnya teman seperjuangan itu, Havini menyatakan dukacitanya juga kepada masyarakat Papua secara keseluruhan yang sedang berkabung. “Saya dan keluarga saya, sebagai wakil Rakyat Bougainville, mengirimkan belasungkawa kami yang terdalam dan doa untuk keluarganya di Papua Barat, rekan, teman dan pendukung Perjuangan Kemerdekaan Papua Barat di Papua Barat dan di mana pun berada,” ucapnya.

Havini merenung kembali pengalaman bersama putra asal Nemangkawi, Timika itu selama berada di Sydney. Mereka yang bersama-sama sedang berjuang untuk kemerdekaan, selalu saling mendukung hingga menghadiri suatu forum internasional.

“Kita sering berbagi bersama di sini, di Sydney. Dan dalam berbagai forum internasional tanggung jawab besar memikul perjuangan rakyat untuk masa depan politik mereka yang telah dirampas oleh kekuatan-kekuatan sejarah dan politik,” kisah Havini.

“Kadang-kadang bisa menjadi jalan sepi dan menyayat hati satu. Kami juga telah berbagi bersama, bahwa Perjuangan yang belum tentu dapat dicapai dalam satu seumur hidup, tetapi bahwa pertarungan harus dillanjutkan oleh generasi-generasi,” imbuhnya.

Bougainville atau dikenal Pulau Bougenville adalah pulau utama dari Daerah Otonomi Bougainville Papua Nugini. Wilayah ini juga dikenal sebagai Provinsi Bougainville, atau Solomon Utara. (Jubi/Yuliana/dam)

Sumber :  www.tabloidjubi.com
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment