News
Loading...

GEMPAR KEMBALI GELAR MIMBAR BEBAS TOLAK OTSUS PLUS

Saat Gempar menggelar mimbar bebas dalam rangka menolakan pengesahan RUU Otsus Plus. Foto: Hendrikus Yeimo
Jayapura, MAJALAH SELANGKAH -- Gerakan Mahasiswa Pemuda dan Rakyat  (GEMPAR) Papua kembali menggelar mimbar bebas di halaman Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Papua untuk menolak  pengesahan Rancangan Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus)  Plus, Kamis, (25/10/2014). 

Koordinator Gempar, Samuel Womsiwor mengatakan, "Kami tolak agenda pemerintah untuk memperpanjang penderitaan rakyat Papua dalam bentuk Undang-Undang Otsus Plus. Kami juga menegaskan kepada pemerintah Provinsi Papua untuk jangan menggadaikan Papua merdeka atau referendum untuk kepentingan Pemerintah di Papua."

Kata dia, pencantuma pasal refrendum pada draf Otsus Plus yang sudah dihapus itu menunjukkan bahwa Otsus sudah gagal dan Otsus Plus hanya sebagai lembaran kertas kosong. 

Jelas Samuel, roh dari Otsus Plus itu sendiri sudah dipangkas habis oleh kementrian,  misal bagaiman orang Papua mengatur SDA-nya sediri dan sebagainya. 

"Namun saya berharap agar di Papua tidak perlu banyak Undang-Undang tetapi kita kembali ke pernyataan Jokowi tidak perlu kita buat aturan baru tetapi kita lebih implementasinya," kata dia. 

"Gubernur Papua, Lukas Enembe dan kroni-kroniny agar stop bawa Undang-Undang pemerintahan Papua," ujar Samuel.

Kata dia, lembaga kultural masyarakat asli Papua Majelis Rakyat Papua (MRP) dalam Evaluasi OTSUS Versi orang asli Papua (OAP), pada 24-27 Juli 2013 merekomendasikan agar  membuka ruang dialog antara rakyat Papua dengan pemerintah Pusat yang dimediasi oleh pihak ketiga yang netral dan dilaksanakan ditempat yang netral. 

Ia menambahkan,  Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provisnsi Papua tidak boleh diamandemen sebelum melakukan dialog Jakarta Papua sebagaimana disebutkan pada Point (1) rekomendasi.(Hendrikus Yeimo/MS)

Sumber : www.majalahselangkah.com
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment