News
Loading...

Buka Lahan Transmigrasi di Papua, Menteri Marwan Gandeng TNI-Polri

Mustakim, Eka Permadi
VIVAnews - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar melirik Papua sebagai wilayah baru untuk transmigrasi. Ia menilai, provinsi paling ujung timur Indonesia itu memiliki wilayah yang luas untuk ditempati.

"Papua masih banyak lahan. Kenapa orang tidak tertarik transmigrasi ke Papua," kata Marwan di kantor Ditjen Transmigrasi, Kalibata, Jakarta, Kamis 30 Oktober 2014.

 Ia mengakui, mengajak orang untuk transmigrasi ke Papua bukan hal mudah. Selain itu, membuka lahan transmigrasi di wilayah yang masih diwarnai insiden penembakan ini juga sulit. Menurut dia, masih banyak orang takut dengan kondisi Papua yang masih rawan konflik.

"Kita akan hentikan konflik kesukuan di sana. Kita kerja sama dengan TNI-Polri. Kita buat transmigran aman. Misalnya orang Jawa transmigrasi ke Papua itu bisa merasa nyaman. Ini akan menjadi rumah Indonesia," katanya.

Marwan mengatakan, saat ini yang paling penting adalah mengubah citra transmigrasi. Selama ini, transmigran selalu dipersepsikan sebagai warga yang terbuang dari kampung halaman.

"Yang paling urgen menjadikan transmigrasi menarik. Menjadikan transmigran membanggakan bukan buangan. Kita akan pacu kembali program transmigrasi," ujarnya. (art)


© VIVA.co.id

Sumber :  http://m2.news.viva.co.id/
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment