News
Loading...

Simposium Rakyat Papua Barat Digelar 1 Desember 2014

Panitia simposium rakyat Papua Barat (Foto: Ist)
VANUATU, SUARAPAPUA.com --- Simposium rakyat Papua Barat yang mengalami penundaan beberapa kali akhirnya dapat digelar pada 1 Desember 2014 mendatang, di Port Villa, Vanuatu.
Ketua pantia penyelenggara, Pastor Allan Nafuki seperti ditulis Radio New Zealand mengatakan, simposium yang digelar bertujuan memastikan semua pendapat rakyat Papua terwakili dalam pertemuaan tersebut.

Kata Pastor Nafuki, pertemuan diharapkan membentuk tawaran konsep baru dari rakyat Papua untuk menjadi anggota Melanesia Spearhead Group (MSG).

“Sebuah aplikasi keanggotaan formal oleh Koalisi Nasional Papua Barat untuk Pembebasan akan mengetuk kembali MSG, sebab para pemimpinan minta organisasi yang lebih representative,” kata Nafuki.

Nafuki mengatakan, ia juga berharap konferensi dapat menghasilkan keputusan otonom pada penentuan nasib sendiri untuk kemerdekaan.

"Kami meminta setiap kelompok, baik pro, atau tidak pro, kami mengharapkan mereka untuk datang, sehingga pada akhir KTT, tidak ada yang akan mengatakan KTT Vanuatu tidak diwakili. Jadi kami ingin memberikan semua orang kesempatan di KTT ini,” kata Nafuki.

Pastor Allan Nafuki juga mengatakan, sejauh ini ia belum mendengar adanya keselutian para tamu dan undangan dari Papua Barat soal kesulitan meninggalkan Indonesia.

Dikabarkan, sekitar 200 perwakilan Papua Barat dari seluruh dunia akan hadir. Beberapa perwakilan dipastikan telah tiba di Port Villa, Vanuatu.

Rencanya, konferensi ini akan dimulai dari tanggal 1 Desember, setelah pawai solidaritas bagi rakyat Papua Barat di Port Vila.

OKTOVIANUS POGAU 

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment