News
Loading...

Tak ada Guru, SMK Perikanan Kimaam Kirim Siswa ke Kota

Anak-anak sekolah di Kimaam. (Jubi/Frans L Kobun)
Merauke, Jub i – Siswa dan siswi Kelas III Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Budidaya Perikanan, Pertanian dan Peternakan Kimaam, terpaksa harus dikirim ke kota untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) dan praktek di SMK lain, karena tidak ada guru yang mempunyai keahlian dalam beberapa bidang ilmu untuk mendidik mereka.

Hal itu disampaikan Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Perikanan Kimaam, Musa Sule saat ditemui Jubi Sabtu (15/11). Saat ini, pihaknya mengalami kesulitan tenaga guru perikanan serta peternakan maupun guru Bahasa Indonesia.

“Memang pernah ada guru kontrak yang ditugaskan di sana. Namun beberapa saat kemudian, pergi tanpa alasan jelas. Kemungkinan bersangkutan tidak betah tinggal di Kimaam. Dengan demikian, kita mengalami kekurangan tenaga guru sampai sekarang,” tuturnya.


Guru kontrak ini hasil kerjasama Pemerintah Provinsi Papua bekerjasama bersama Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Merauke.

Karena kekurangan guru produktif di SMK Kimaam, solusi yang dilakukan adalah mengirim para siswa dan siswi yang berjumlah puluhan orang ke kota sekaligus bergabung dengan salah satu SMK agar bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar serta praktek selama tiga bulan.

Kekurangan tenaga guru ini telah disampaikan pada Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Merauke, Felix Liem Gebze dan Ia disarankan ikut membantu mencari.

“Jika sudah dapat, dilaporkan ke dinas dan nanti akan langsung menjadi guru kontrak,” katanya.


Bupati Merauke, Romanus Mbaraka mengakui jika persoalan tentang kekurangan tenaga guru hampir terjadi dimana-mana. Namun demikian, pemerintah akan terus memberikan perhatian untuk mengisi kekurangan guru yang ada terutama di daerah pedalaman. (Frans L Kobun)

Sumber :  www.tabloidjubi.com
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment