News
Loading...

PRAYAAN HUT KNPB, 3 ORANG KENA TEMBAK , 13 AKTIVIS KNPB NABIRE DAN 12 AKTIVIS KNPB DOGIYAI, DITANGKAP POLISI

Penangkapan Aktivis KNPB DOgiyai West Papua
25 AKTIVIS KNPB SEDANG DITAHAN DI POLRES NABIRE, SAMPAI DENGAN SIANG INI, BELUM DIBERI MAKAN OLEH POLISI
Perayaan HUK KNPB yang Ke 6 sekaligus mendukung pertemuan ILWP di belanda pada tanggal 19 sampai dengan 21 November polis menagkap sebanyak 25 Aktivis KNPB ditangkap.

penangkapan 25 aktivis penembakan ini terjadi di nabire dan di Dogiyai, masing-masing KNPB nabire 13 orang ditangkap sedangkan KNPB wilayah Dogiyai 12 ditangkap dan 3 orang ditembak polisi masih dirawat.

25 orang yang ditangkap sementara ini masih ditahan di polres Nabire.
mereka yang ditahan sampai saat ini masih belum diberi makan sampai dengan siang ini.

aktivis yang ditangkap dari Dogiyai tadi malam jam 10 tiba di polres nabire dan sedang diisolasi.
KNPB KE-6 DAN MENDUKUNG PERTEMUAN ILWP DI BELANDA 3 ANGGOTA KNPB DOGIYAI DITEMBAK 12 AKTIVIS LAINYA DITANGKAP
KNPB Dogiyai . Dalam perayaan HUT KNPB yang ke 6 polisi melakukan pembubaran paksa dan menembak masa aksi KNPB wilayah dogiyai. sesuai dengan inlaporan melalui ponesl dari dogiyai melaporkan bahwa, dalam penagkapan dan pembubaran paksa dilakukan.
perayaan HUTKNPB KE - 6 sekaligus mendukung pertemuan ILWP di belanda oleh KNPB wilayah Dogiyai, polisi dan Brimob menemak satu warga sipil dan anggota KNPB.
Polisi dari kapolres Dogiyai mengeluarkan tima panas ke arah masa mengakibatkan 3 anggota knpb kena Tima panas. Korban Pigai dari satu orang kena tembak atas nama Ausel pigai, dari Puskesmas monemani meruyuk ke RSUD Paniai untuk melakukan pengobatan yang lebih insentif.
nama-nama 3 orang yang dapat tembak tersebut antara lain :
1. David Pigai ( Kena tembak di betis kaki kiri, peluru masih bersarang di kaki
2. Arsel Pigai (Kena tembak tima panas polisi kaki kanan)
3. Okto Tebay kena Tembakan di sebla kaki kanan, peluruh masih bersarang di kaki
Sedangkan 13 Aktivis KNPB Dogiyai yang dapat tangkap antara lain :
1. Aneas Anau ( sekertaris KNPB dogiyai )
2. Marsel Sau Edowai (jubir KNPB Dogiyai)
3. David Pigai ( ketua KNPB wilayah Dogiyai
4. agus Waine
5. Marten Pigome
6 Okto Tebay
7.Fery Pekey
8. Wilem Pigai
9. Ausel Pigai (a)
10 Ausel Pigai (b)
11. Stevanus Goo
12. Tomas Waine
12 aktivis kNPB dogiyai yang ditangkap oleh polisi dari dogiyai tersebut selanjutnya dibawa ke polres Nabire untuk melakukan penyelidikan. polisi membawa 12 aktivis KNPB tersebut tiba di polres nabire pada pukul 22 malam hari. untuk sementara mereka masi ditahan di polres Nabire.
Sebelumya Polisi dari kapolres Nabire juga membubarkan Aksi demo damai perayaan HUT KNPB ke 6 dan Dukungan pertemuan di belanda di Nabire dan Menagkap 13 orang oleh Polres nabire Hingga saat ini.
ketua KNPB nabire menyampaikan laporan kepada KNPB pusat mengatakan bahwa, aktivis KNPB yang ditangkap di Dogiyai tersebut sedang diisolasi oleh polisi dan tidak diberikan makanan.
Sampai degan saat siang ini 13 aktivis KNPB wilayah Nabire dan 12 aktivis KNPB dogiyai masi ditahan di polres nabire.
Kemudian polisi juga menyiksa salah satu anggota kNPB Dogiyai Tebai dipukul oleh polisi hingga babak belur. pemukulan terhadap Tebay dilakukan oleh polisi hingga menggunakan popot senjata di bagian muka, kepala dan dibagian tubuh lain-nya mengakibatkan mengeluarkan dara dari hidung dan telinga katanya.
hal ini disampaikan oleh salah satu warga yang tidak mau sebutkan namanya di media melalui ponesel seluler kepada kNPB pusat. lebih lanjut mengatakan polisi melakukan pembubaran paksa aksi demo damai perayan HUT KNPB sekaligus mendukung Pertemuan ILWP di Belanda Itu secara paksa dan brutal tegasnya. 

Setelah mendegar hal tersebut KNPB pusat berusaha menghubungi pengurus KNPB wilayah Paniyai dan pengurus Dogiyai namun Nomor HP mereka tidak Aktif sampai saat ini. sehingga Untuk sementara ini KPB pusat sedang berupaya mendapatkan gambar atau foto2 dan kronologis penembakan dan penyiksaan di dogiyai.
KNPB Nabire :
POLISI MENAGKAP 13 AKTIVIS KNPB WILAYAH NABIRE DALAM PERAYAAN HUT KE-6 KNPB
Perayaan HUT KNPB ke 6 KNPB wilayah Nabire, Anggota Kepolisian Kapolres Nabire telah menagkap 13 Aktivis KNPB. Berdasarkan arahan yang dikeluarkan oleh KNPB pusat untuk Melakukan perayan hut KNPB yang ke VI secara serentaK di seluruh wilayah Papua Barat.
Berdasarkan arahan KNPB pusat, KNPb wilayah nabire menlakukan aksi demo damai dalam rangga perayan HUT KNPB dan Mendukung Pertemuan ILWP di belanda Pada tanggal 19-21 November 2014.
Penagkapan terhadap Aktivis KNPB wilayah Nabire terjadi pada hari rabu 19 November 2014 di kota Nabire. Proses penagkapan terhadap 13 Aktivis KNPB tersebut terjadi pada pukul 08.30 WPB.
Penagkapan terhadap aktivis KNPB wilayah Nabire ini dilakukan oleh kepolisian dari polresta Kabupaten Nabire. pada saat itu sejumlah aktivis KNPB sedang melakukan orasi-orasi Politik untuk mengumpulkan masa aksi sebelum menuju ke titik sentral Taman Bunga Bangsa oyehe. 

Penagkapan aktivis tersebut terjadi di dua tempat yang berbeda, penagkapan pertama terjadi di Depan pasar karang Nabire, kemudian penagkapan kedua terjadi di Kali Babo Depan kampus USWIM.
Polisi bukan hanya melakukan penagkapan tetapi juga membubarkan aksi demo damai tersebut secara paksa. Sebelumya KNPB merencanakan untuk melakukan aksi demo damai di Taman Bunga Bangsa oyehe, untuk merayakan HUT KNPB Ke – 6 sekaligus Mendukung Pertemun ILWP di belanda
13 aktivis KNPB yang ditangkap oleh kepolisian polresta Nabire tersebut dikiring ke polresta kabupaten Nabire, dan sementara ini masih ditahan di polresta Kabupaten Nabire.
Berikut adalah Nama-nama aktivis KNPB nabire yang dappat tangkap.
1. SADRAK KUDIAI (KETUA UMUM KNPB NABIRE)
2. ALEX PIGAI (SEKERTARIS KNPB NABIRE)
3. YAFET KEIYA ( ANGGOTA PRD NABIRE)
4. AGUS TEBAY (KETUA KOMISARIAT DIPLOMASI)
5. MECKY KADEPA (ANGGOTA)
6. CRISTINA YEIMO (ANGGOTA)
7. HANS EDOWAI (ANGGOTA)
8. STEVANUS EDOWAI ( ANGGOTA)
9. ELIA TEBAY (ANGGOTA )
10. NATAN PIGAI (ANGGOTA)
11. NIKO MOTTE (ANGGOTA)
12. ALPIAN KADEPA (ANGGOTA)
13. DERIUS GOO ( ANGGOTA )
Ketua I KNPB Nabire Iyouwa Nawipa, Mengatakan bahwa proses penagkapan terhadap 13 Aktivis KNPB itu dilakukan oleh Kepolisian dengan kekerasan, dalam penagkapan tersebut polisi melakukan pemukulan terhadap sejumlah Aktivis KNPB yang ditangkap tersebut. Hal ini dilaporekan oleh ketua I KNPB Nabire Iyouwa Nawipa, Kepada KNPB pusat. Lebih lanjut nawipa mengatakan bahwa rekan-rekan yang ditangkapnya masih ditahan di polres Nabire tegasnya.
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment