News
Loading...

KNPB Mendukung Pertemuan ILWP di Belanda

Bazoka Logo dan Ones Suhuniap Pembacakan Pernyataan Dukungan ILWP (Jubi/Mawel Benny)
Abepura, Jubi – Bertepatan dengan HUT Komite Nasional Papua yang ke enam pada hari ini, 19 November, di Belanda, Internasional Lawyer For West Papua (ILWP) menyelenggarakan pertemuan untuk membahas status hukum Papua. Pertemuan itu akan ditutup pada 22 November.
Atas pertemuan ini, Komite Nasional Papua Barat memberikan dukungan politik melalui perayaan HUT KNPB yang berlangsung di seluruh wilayah Papua Barat dari Sorong sampai Merauke. KNPB pusat sendiri memberikan dukungan dalam perayaan HUT yang berlangsung di Aula Asrama Tolikara, Expo Waena, Kota Jayapura, Papua.
Menurut Juru Bicara KNPB, Bazoka Logo, pertemuan ILWP itu dihadiri para pengacara Internasional. Pengacara itu membahas masalah Papua melalui mekanisme hukum Internasional.
“Pengacara internasional mempersoalkan masalah Papua. Mereka berhasil atau tidak, kita harus memberikan dukungan karena mereka sedang menginternasionalisasi masalah Papua,” katanya.
Setelah orasi politik, pernyataan sikap resmi dukungan terhadap pertemuan ILWP di Belanda dibacakan Sekretaris Umum KNPB, Ones Suhuniap. Ones membacakan tiga point penting.
Pertama, Rakyat Papua Barat di wilayah West Papua menyampaikan terima kasih dan mendukung penuh pertemuan ILWP pada 19-22 November di Den Hag Belanda.
Kedua, Mendesak kepada presiden Republik Indonesia Joko Widodo agar segera memberikan refrendum bagi rakyat Papua Barat untuk menentukan nasib sendiri, karena semua kebijakan Pemerintah Indonesia di Papua bukan solusi tetapi malapetaka bagi rakyat Papua.
Ketiga, menolak dengan tegas semua kebijakan pemerintah Indonesia, terutama program transmigrasi dan pemekaran provinsi dan kabupaten/kota di Papua Barat.
Setelah membacakannya, pernyataan sikap itu diserahkan kepada Parlemen Nasional West Papua untuk diteruskan kepada ILWP. (Mawel Benny)
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment