News
Loading...

PAPUA BARAT DAN BOUGAINVILLE, BISA BERGABUNG DI MSG

Ilustrasi
Jayapura, 1/2 (Jubi) – Kelompok-kelompok ekonomi di Melanesian Spearhead Group ( MSG ) bisa memungkinkan bagi negara-negara anggota untuk mengeksplorasi perdagangan , peluang ekonomi dan pasar.

Hal ini diungkapkan Moses Maladina salah seorang pejabat Komisaris Perdagangan Papua New Guinea(PNG) kepada The National yang dikutip tabloidjubi.com Sabtu(1/2).

Dia mengatakan kelompok ekonomi harus mencampuri urusan politis seperti APEC , yang meliputi Taiwan dan Hong Kong sebagai anggota dengan China .

Dia mengatakan keanggotaan kelompok ekonomi MSG harus mencakup Papua Barat di Indonesia dan Bougainville di Papua New Guinea(PNG).

Maladina mengatakan PNG termasuk  bangsa yang relatif besar di antara bangsa-bangsa Melanesia dan lebih ekonomis memiliki provinsi yang maju dan punya potensi ekonomi seperti East New Britain Province , Morobe  Province, Dataran Tinggi Timur Province dan National Capitol Distrik(NCD) Port Moresby juga harus anggota kelompok ekonomi MSG dan dapat berhubungan langsung dengan negara-negara MSG .

Maladina mengatakan kelompok ekonomi MSG akan mencakup hampir 16 juta orang yang memiliki sumber daya yang besar di bidang pertambangan , minyak bumi , gas , perikanan , kehutanan dan pertanian .

Sementara itu dalam siaran Radio New Zeland menyebutkan Ketua Parlemen Vanuatu Philip Boedoro telah meminta bantuan sebanyak 50 kendaraan dari delegasi tingkat tinggi China yang sedang berkunjung ke negara Melanesia yang mendukung keanggotaan West Papua National Coalition Liberty (WPNCL) untuk bergabung  di MSG.

Delegasi yang berkunjung ke Vanuatu dipimpin oleh Ketua Komite Nasional Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China, Chen Yuan. Delegasi China ini diundang oleh Ketua Parlemen Vanuatu, Boedoro untuk meningkatkan kerjasama kedua negara.

Selain itu Boedoro juga telah meminta bantuan keuangan dari delegasi China, untuk merenovasi gedung parlemen, serta pembangunan kediaman resmi Ketua Parlemen. Kendaraan sebanyak  50 buah  mobil untuk digunakan oleh anggota parlemen yang akan mengunjungi dan menghadiri Afrika Karibia Pasifik dan Uni Eropa Joint Parliamentary Assembly Session di Port Vila yang akan berlangsung pada  November 2014.(Jubi/dominggus a mampioper)

Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar