News
Loading...

APAKAH INDONESIA KLONIAL

Nesta Gimbal (Foto,FB)
Oleh : Nesta Gimbal

Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut. 

Istilah ini juga menunjuk kepada suatu himpunan keyakinan yang digunakan untuk melegitimasikan atau mempromosikan sistem ini, terutama kepercayaan bahwa moral dari pengkoloni lebih hebat ketimbang yang dikolonikan.

Semua kebijakan hukum koloni
al menguntungkan negara yang dikolonikan dengan mengembangkan infrastruktur ekonomi dan politik yang dibutuhkan untuk pemodernisasian dan demokrasi. 

Mereka menunjuk ke bekas koloni seperti Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Hong Kong dan Singapura sebagai contoh sukses pasca-kolonialisme.

kolonialisme sebenarnya menuju ke pemindahan kekayaan dari daerah yang dikolonisasi ke daerah pengkolonisasi, dan menghambat kesuksesan pengembangan ekonomi.

Kolonialisme NKRI merusak politik, psikologi, dan moral negara terkolonisasi.
Penulis dan politikus India Arundhati Roy berkata bahwa perdebatan antara pro dan kontra dari kolonialisme/ imperialisme adalah seperti "mendebatkan pro dan kontra pemerkosaan".

Lihat juga neokolonialisme sebagai kelanjutan dari dominasi dan eksploitasi dari negara yang sama dengan cara yang berbeda (dan sering kali dengan tujuan yang sama

Berdasarkan hal tersebut diatas maka keberadaan NKRi di papua Barat sebagai Klonial dan terus menjajah bangsa Papua Barat oleh sebab itu semua komponen harus berfikir berbuat sesuatu untuk mengusir klonial NKRi dari tanah Papua.

OLEH KARENA ITU SEMUA KOMPONEN PERJUANGAN HARUS BERSATU BERFIKIR UNTUK SUKSESKAN BOIKOT PILPRES KLONIAL DI TANAH PAPUA

Oleh Nesta Gimbal Sekjen KNPB Pusat
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar