News
Loading...

MAHASISWA TOLAK OTSUS PLUS, TERMASUK PAHLAWAN RAKYAT PAPUA

Ketua Sinode Gereja Kingmi Papua,
Pdt. Benny Giay (Jubi/Indrayadi TH)
Jayapura, 11/11 (Jubi) – Unjukrasa dari para mahasiswa dan masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa, Pemuda dan Rakyat (Gempar) Papua dengan menolak kebijakan Otonomi Khusus,(Otsus) Plus untuk Papua yang berujung penahanan oleh aparat kepolisian terhadap sejumlah mahasiswa, dinilai sebagai tindakan pahlawan bagi rakyat Papua.

Hal itu dikatakan Ketua Sinode Gereja Kingmi di tanah Papua, Pdt. Benny Giay, saat menggelar konferensi pers di Kantor Kingmi di tanah Papua. “Sebenarnya MRP ini harus berterima kasih bahwa mahasiswa ini yang mau lanjutkan apa yang mereka sudah putuskan, tindakan mahasiswa ini termasuk pahlawan,” kata Benny, Senin (11/11).

Pembela HAM yang juga Direktur Baptis Voice Papua, Matius Murib menuturkan, perjuangan yang telah dilakukan mahasiswa tersebut cerminan tindakan dari pahlawan. “Seseorang bisa dikatakan pahlawan bila berani dan mampu menanggung resiko apapun yang dihadapi, dan itu terdapat pada mahasiswa tersebut, yang telah dengan berani menyuarakan aksi demo menolak Otsus Plus di tanah Papua,” kata Murib, Senin (11/11).

Menurut Murib, kebetulan pada tanggal 10 November 2013 lalu merupakan Hari Pahlawan, jadi apa yang dikatakan Ketua SInode Kingmi, jelas hal itu benar bagi para mahasiswa ini layak diberikan gelar pahlawan. “Saya pikir ini konteksnya dekat dengan semangat memperingati hari pahlawan khususnya di Papua ini, termasuk Kelly Kwalik yang prinsipnya memperjuangkan keadilan perubahan sosial dengan menghadapi resiko-resiko,” katanya.

Selain itu, kata Murib, jangan lupa ada pejuang sebelumnya di Papua selama ini, yaitu Theys Hiyo Eluay. “Dia ini adalah pejuang demokrasi hak asasi yang di dibunuh pada tanggal 10 November beberapa tahun lalu. Jadi jelas, mereka ini adalah pejuang-pejuang demokrasi seperti ini para mahasiswa, kalau boleh disejajarkan dengan pejuang nasional Indonesia,” katanya. (Jubi/Indrayadi TH)

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar