News
Loading...

Beny Giay: Segera Bebaskan Aktivis Mahasiswa yang Ditahan

Pdt. Benny Giyai, Sinode gereja Kingmi
di tanah Papua (Foto; Ist)
Jayapura,  --  "Aparat kemanan segera bebaskan aktivis mahasiswa yang ditahan", kata Benny Giay setelah melakukan pelucuran novel karya Aprila Wayar, Novelis perempuan Papua pertama yang di launching dan di bedah olehnya bersama ibu Bernarda Meteray di Cafe Rempah-rempah, Sabtu (9/11/13) di Abepura, Jayapura. 
 
Kepada www.majalahselangkah.com beliau mengatakan, Selama 2 hari kami Mendengar ada penangkapan-penangkapan yang dilakukan oleh aparat keamanan terhadap aktivis mahasiswa dan pemuda.

Sambungnya lagi, "Kalau itu lantaran para aktivis mahasiswa menyatakan aspirasi mereka secara damai, kenapa harus ada penangkapan?" tanya pendeta Giay ini.

"Saya sangat prihatin mengapa dalam orde demokrasi kalau penyampaian aspirasi disikapi dengan penagkapan-penagkapan. Kami berfikir kalau begini kami kembali pada praktek orde baru," sambungnya lagi.

Menurut Pendeta Benny Giay, kalau cara penanganan untuk mahasiswa penyampai aspirasi masyarakat secara damai itu di lakukan secara kasar, seperti penangkapan demi penangkapan ini kita lihat sebagai upaya-upaya mengadopsi kembali cara-cara represif dulu. 

"Kita sangat prihatin ketika melihat petinggi keamanan di Tanah Papua, mereka telah mendapatkan pendidikan yang tinggi, sudah sarjana ke atas. Itu baru petinggi keamanan mengedepankan reprersif. Berarti nalar mereka yang tidak jalan. Hal itu itu yang menjadi keprihatinan kami," katanya lagi.

Padahal, kata Benny, petinggi-petinggi pemerintahan maupun keamanan sudah mendapatkan prestasi yang baik, bahkan kuliah di kampus yang baik, kemudian mendapatkan prestasi-prestasi.  Tetapi kalau penangananya seperti begini ini ada jarak antara pendidikan yang tinggi dengan praktek praktek di lapangan. 

"Pihak keamanan, aparat ini kan sudah belajar psikologi social. Mereka harus mereaslisasikan dengan baik-baik. Saya berfikir pihak polisi harus kursus lagi," kata dia.

"Saya minta aparat hentikan penagkapan terhadap mahasiswa, aktivis yang mau menyampaikan aspirasi.  bBebaskan para mahasiswa yang di tahan itu," tegas Pendeta Benny Giay. (MS/Hendrikus Yeimo)

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar