News
Loading...

KMAP PAPUA PERINGATI HARI INTEGRASI PAPUA

Aksi KMAP Papua (Foto: Dok. KMPA Papua)
Makassar, 2/5 (Jubi) – Komite Mahasiswa Anti Penjajahan di Papua (KMAP Papua) memperingati hari integrasi Papua ke Indonesia dalam bentuk aksi damai yang dilakukan di halaman Universitas Cenderawasih (Uncen), Abepura, Kota Jayapura, Papua, Kamis (1/5).

“Sudah 51 tahun rakyat Papua berada dalam genggaman cengkraman negara kolonial Indonesia. Adakah kemajuan yang diperoleh dari perjuangan integrasi yang diinginkan Soekarno kepada rakyat Papua Barat?” kata Alfa Rohrohmana, koordinator aksi ini melalui release yang diterima tabloidjubi.com, Jumat (2/5).

Menurut Alfa, pasca perebutan Papua oleh Sukarno pada 1 Mei 1963 silam, Soekarno yang pada saat itu mendukung kelompok sosialis dan berpihak pada kaum buruh lalu mengumpulkan seluruh buruh dan mengeluarkan Tiga Tuntutan Rakyat (Tritura) yang kemudian hari itu menjadi Hari Besar Buruh.

Lalu, kata Alfa, pada saat yang sama, ia juga mengkumandangkan Tiga Komando Rakyat (Trikora) bagi Papua Barat  yang berisi seruan: Rebut kembali Irian Barat kepangkuan Ibu Pertiwi, Kibarkan panji-panji Merah Putih di seluruh Irian Barat, Bubarkan negara boneka buatan Belanda.

“Dalam momen ini, kami meminta pemerintah Indonesia segera menyelesaikan masalah status politik Papua dengan baik dan bermartabat,” ungkap Alfa.

Menurut Alfa, KMAP Papua juga meminta pemerintah Indonesia segera menyelesaikan berbagai kasus pelanggaran HAM yang terjadi di tanah Papua sejak 1963 – 2014. “Ruang demokrasi juga harus segera dibuka, khususnya dalam bentuk demonstrasi yang melibatkan massa rakyat. Seluruh pasukan militer non organik ,juga diminta untuk segera ditarik dari tanah Papua.

Samuel Womsiwor, salah satu anggota KMAP Papua mengatakan, negara Irian Barat telah ada dan lahir pada 1 Desember 1961. “Negara Papua ini diakui Soekarno walau hanya berusia delapan belas hari dengan menyebutnya sebagai negara boneka buatan Belanda,” ungkap Samuel melalui release itu.  (Jubi/Aprila)

Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment