News
Loading...

INDONESIA KUCURKAN US$ 30 RIBU BIAYAI C24 REGIONAL PASIFIK DI FIJI

Fiji Map (ist/Google)
Nadi, 21/5 (Jubi) -  Media Fiji merilis  pemerintah Republik Indonesia melalui duta besarnya H.E. Gary RM.Jusuf memberikan 30.000 US Dollar kepada pemerintah Republik Fiji untuk membiayai Seminar Komite Khusus Dekolonisasi PBB atau Committee 24 Regional Pasifik yang berlangsung di Nadi, Fiji, pada 21-23 Mei 2014.

Pertemuan ini akan membahas isu dekolonisasi wilayah Pasific. Comitee akan menerima Maohi Nui (French Polynesia) pada daftar wilayah dekolonisasi dan juga membahas beberapa isu regional dan kerja sama regional.

Sehari sebelum pertemuan ini berlangsung, Konferensi Gereja-gereja Pasifik menyerukan pemerintah negara-negara Pasifik dan NGO’s, wilayah Pasific harus mendorong dekolonisasi West Papua, Guam dan Rapa Nui.

Kita mungkin mengakui yang menjadi kesulitan posisi beberapa pemerintahan tetapi orang-orang Pasific harus mengahiri masalah dengan keadilan,” tutur pejabat resmi PCC Petter Emberson (20/5)

Dekolonisasi wilayah West Papua merupakan satu keharusan, menurut Petter, mengingat kekerasan pemerintah Indonesia terhadap orang Papua tidak pernah berhenti. “Kita terus menerima laporan penyiksaan, kekerasan, dan kekejaman perlawanan orang West Papua dan ini aksi militer Indonesia harus berhenti,” tuturnya.

Karena pertemuan ini penting, PCC dan PRNGO mendorong Papua Barat, Guam dan Rapa menjadi wilayah terdaftar dekolonisasi. Organisasi-organisasi ini akan menulis pemerintah regional melihat dukungan mereka sampai ke UN di New York melalui perwakilan Pasifik di Comite 24, Fiji dan Papua New Guinea.
Sementara itu, dalam pembukaan seminar hari ini, Rabu (21/5), Perdana Menteri Fiji, Commodore Bainimarama mengingatkan peserta tentang perlunya mendengarkan pernyataan setiap orang. Jika mereka memilih kemerdekaan, pilihan itu harus dihormati dan didukung.

“Kami netral tentang apa yang diputuskan. Tapi kami yang paling menekankan bahwa keputusan itu harus menjadi milik mereka. ” kata Bainimarama. (Jubi/Mawel)

Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment