News
Loading...

Mama Yosepha: Pembagian 14 Kursi Otsus di DPRP Harus Merata

Mama Yosepha Alomang, tokoh perempuan Papua (Foto: Ist)
PAPUAN, Jayapura – Mama Yosepa Alomang, Direktris Yayasan Hak Asasi Manusia Anti Kekerasan (YAMAHAK) Timika, Papua, mengatakan, pembagian 14 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) yang di peruntukan bagi Orang Asli Papua (OAP) harus dibagi secara merata antara orang tua dan anak muda.

“Sebelum ditetapkan, nama-nama calon yang akan menduduki 14 kursi DPRP harus dibicarakan secara baik-baik. Setiap orang Papua harus terwakili oleh tujuh wilayah adat yang ada,” tegas mama Yosepha, saat ditemui suarapapua.com, Sabtu (18/5/2014).

Dikatakan, pembicaraan perlu dilakukan agar tidak terjadi keributan antara anak muda dan orang tua yang ada di tanah Papua.

“Saya pikir anak-anak muda sendiri yang duduk juga tidak baik, karena kekuatan anak muda ada pada orang tua. Begitu juga orang tua sendiri yang duduk juga tidak baik,” tegasnya.

Mama Yosepha juga berharap, dalam menentukan 14 kursi DPRP, jangan sama seperti Pilleg yang baru saja berlangsung, yang cenderung mencari uang dan jabatan.

“Kita harus melihat orang yang benar-benar memiliki hati untuk menyelamatkan orang Papua dari ketertinggalan, kertebelakangan, dan kemiskinan yang terjadi di tanah Papua,” tegasnya.

Ruben Magai, Ketua Komisi A DPRP mengatakan, terkait 14 kursi Otsus bagi OAP, sudah pernah dibuatkan Perdasus untuk penetapannya, agar dapat diakomodir dalam era saat ini, namun diabaikan oleh pemerintah.

“Kami sudah buat perdasus, dan tinggal disahkan, tapi pemerintah beralasan belum membacanya, sehingga tidak jadi disahkan,” tegasnya.

Namun, Magai memastikan, 14 kursi DPRP akan diakomodir dalam periode tahun ini, sebab pemerintah akan membentuk tim seleksi, dan memilih dan menentukan kriteria, yang dapat dipilih dan ditetapkan oleh pemerintah.

MIKHA GOBAY

Sumber :  www.suarapapua.com
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment