News
Loading...

Vanuatu Boikot Misi MSG Ke Indonesia

Ilustrasi (http://suarakolaitaga.blogspot.com)
Menteri Luar Negeri Vanuatu Edward Natapei telah memboikot misi Melanesia Spearhead Group untuk Indonesia .

Vanuatu, 14 Januari 2014 - Mr Natapei percaya misi tidak akan mencapai apa yang para pemimpin MSG ingin seperti pertemuan beberapa pemimpin gerakan pro -kemerdekaan , untuk meningkatkan pemahaman misi tawaran keanggotaan orang Papua itu . Sebagai sesuatu ternyata dia akurat dengan pihak berwenang Indonesia menangkap beberapa aktivis Papua Barat yang berusaha untuk menghubungi para pengunjung MSG .
Presenter : Brian Abbott
Tony Wilson , editor dari Vanuatu Independen
WILSON : Ini adalah sesuatu yang sudah sangat banyak bagian dari pimpinan Perdana Menteri saat ini , Moana Karkas , karena ia mulai berkuasa pada Maret tahun lalu . Pada satu tahap akhir tahun lalu ia bahkan mengambil kesempatan saat berkunjung ke PBB di New York untuk kuat berbicara tentang rencana masa depan untuk Papua Barat dan kemungkinan kemerdekaan, dan sikapnya dan sikap yang kuat telah memenuhi akord nyata dengan orang-orang di sini di Vanuatu .
ABBOTT : Tony keputusan oleh menteri untuk boikot tampaknya menjadi keputusan yang tepat karena misi MSG ini hanya melihat apa yang ingin mereka melihat Indonesia ?
WILSON : Itu benar . Itu dibuat terakhir Jumat pagi setelah pemerintah di sini menerima program dari pihak berwenang Indonesia dan segera Perdana Menteri menulis surat kepada ketua MSG meningkatkan keprihatinan pemerintahnya . 

Sekarang Anda perlu memahami bahwa Koalisi Nasional Papua Barat untuk Pembebasan berbasis di Port Vila , dan pada pertemuan MSG di Noumea tahun lalu para pemimpin sepakat bahwa mereka ingin misi pencari fakta ke Papua Barat untuk melihat apakah atau tidak orang-orang merasa organisasi tertentu ini adalah representasi sah rakyat Papua Barat . Mereka ingin bisa masuk ke sana dan bertemu dengan para pemimpin gereja , bertemu kepala , bertemu orang-orang pada umumnya dan mencari tahu apakah kelompok ini memiliki perasaan dan dukungan dari orang-orang dan apakah itu sebenarnya hak semacam kelompok untuk menjadi anggota MSG dan mewakili negara itu.
ABBOTT : Jadi karena mereka hanya mampu melihat apa yang Indonesia ingin mereka untuk melihat mereka akan menjadi lebih dekat , orang-orang yang pernah pergi kelompok MSG ini, Fiji , Kepulauan Solomon , Papua Nugini , dan juga saya percaya ada delegasi dari Vanuatu tetapi bukan Menteri Luar Negeri , mereka akan menjadi lebih dekat untuk dapat menyadari apakah kelompok ini benar-benar mewakili pandangan rakyat Papua Barat ?
WILSON : Pemahaman saya adalah tidak dari misi tertentu saat ini. Seperti berdiri meskipun pemerintah di sini masih sangat mendukung kelompok tertentu dan reli di belakang aplikasi mereka untuk bergabung dengan MSG , dan saya pikir pada akhirnya mereka akan mendorong keanggotaan itu. Apakah atau tidak yang terjadi adalah masalah lain . Aku tahu ada beberapa oposisi , terutama dari Fiji , namun misi khusus ini adalah persis apa yang mereka katakan itu akan berada di sini , itu adalah otoritas Indonesia menunjukkan para pemimpin MSG persis apa yang mereka ingin mereka melihat .
ABBOTT : Apa ini cenderung melakukan hubungan Vanuatu dengan Indonesia sendiri ? Ada pasti beberapa ketegangan dalam hubungan atas penyediaan seragam polisi saya percaya dalam 12 bulan terakhir . Tahap apa sekarang adalah bahwa hubungan diplomatik ?
WILSON : Saya pikir Anda bisa menyebutnya dingin di terbaik. Kepemimpinan sebelumnya di bawah Perdana Menteri Sato Kilman dia cukup kesepakatan lebih dekat dengan para pemimpin Indonesia , dan bahkan kami memiliki adegan di sini di bawah jabatan perdana menteri ketika pesawat militer Indonesia tiba membawa segala macam hadiah aneh bagi negara , termasuk ambulans dan hal-hal seperti itu. Sejak Moana Karkas telah mengambil alih tampuk perdana ministership , hal telah berubah cukup drastis dan dia membuatnya sangat jelas bahwa dia punya sikap yang sangat , sangat kuat di Papua Barat dan yang pasti telah menyebabkan hubungan yang dingin dengan pemimpin Indonesia .
ABBOTT : Perubahan lain di Vanuatu dengan perubahan Perdana Menteri adalah kontrol pada media . Saya percaya Perdana Menteri telah melangkah untuk melarang Komentar Balik di Radio Vanuatu karena seseorang pergi di radio dan menyerang Perdana Menteri sendiri ?
 
WILSON : Itu benar , seseorang datang ke program bincang-bincang di stasiun radio pemerintah dan menggunakan beberapa bahasa yang agak tidak menyenangkan yang ditujukan untuk Perdana Menteri , dan program bincang-bincang sejak itu telah ditangguhkan . Salah satu isu yang jelas adalah bahwa mereka tampaknya tidak memiliki keterlambatan sistem yang Anda lihat di stasiun radio di dunia barat , atau jika mereka memiliki itu tidak bekerja dengan benar . Tapi itu sesuatu dari badai di cangkir teh benar-benar yang saya yakin akan dapat diselesaikan dalam waktu singkat .
ABBOTT : Apakah ada campur tangan pemerintah banyak di media di Vanuatu Tony ?
WILSON : Tidak, tidak benar-benar sama sekali. Mereka marah pada hal-hal yang dikatakan di media atau mengatakan pada radio , seperti para pemimpin pemerintah atau oposisi lakukan di seluruh dunia , tetapi umumnya kemarahan mereka sejauh ia pergi , mereka tidak benar-benar melangkah maju . Saya tidak pernah diberitahu sebagai editor dalam lebih dari tiga tahun tidak menulis ini atau Anda harus menulis sesuatu dengan cara tertentu , yang belum pernah terjadi .
ABBOTT : Bisakah Anda memberitahu kami tentang hal ini penyelamatan kapal aneh yang terjadi akhir pekan lalu di Port Vila ?
WILSON : Ya kami memiliki insiden Kamis malam di mana seorang pedagang antar pulau dan kapal penumpang , kapal motor yang ... kargo tenggelam dengan 32 penumpang dan awak kapal . Untungnya semua penumpangnya berhasil diselamatkan dengan aman . Apa itu benar-benar disorot meskipun negara ini sama sekali tidak ada sistem penyelamatan , tidak ada penjaga pantai seperti itu dan itu mungkin lebih beruntung dari apa pun yang melihat orang-orang ini diselamatkan .
ABBOTT : Bagaimana mereka diselamatkan jika Anda tidak memiliki penjaga pantai a ?
WILSON : Nah salah satu anggota kru mampu membunyikan pemilik kapal yang keluar di perahu pribadi sendiri dan ia mengambil persentase orang . Sekarang kita memiliki kapal patroli kelas Pasifik, Tukoro , dan akhirnya diluncurkan dan masuk ke penyelamatan . Tapi itu harus menunggu sampai 20 anggota awaknya berasal dari berbagai rumah mereka sebelum bisa berlayar dari Port Vila ke kapal dilanda ini.

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar