News
Loading...

Sub Komite HAM Parlemen Eropa Akan Gelar Sidang Soal Papua

Ilustrasi Bendera Uni Eropa. Foto: EU
Jerman, Media Online -- Sub-Komite Hak Asasi Manusia (HAM) Parlemen Eropa akan mengadakan sidang untuk membahas soal kondisi HAM di Papua pada Kamis, 23 Januari 2014 mendatang di mendatang di Brussels , Belgia.

Informasi yang diterima majalahselangkah.com dari  Norman dan Thea di Sekretariat, Papua Barat Netzwerk dan  Hak Asasi Manusia dan Perdamaian untuk Papua ( ICP ) di Jerman,  sidang bertema  "Mendengar tentang Hak Asasi Manusia di Papua Barat itu akan digelar pukul 11:00-12:30 waktu setempat.

Dikatakan, tamu dari Papua dan Jakarta akan   akan memberikan katerangan soal situasi hak asasi manusia di Papua Barat , Indonesia kepada Sub-komite . Tidak dijelaskan siapa tamu dari Jakarta dan Papua yang ke sana untuk berbicara soal kondisi  HAM pada sidang itu.

Kata mereka, saat ini, parlemen Uni Eropa sedang mempersiapkan perdamaian dan perjanjian cooporation ( PCA ) dengan Indonesia dan Indonesia berpartisipasi dalam dialog HAM  Uni Eropa Indonesia. Ini  penting untuk menjelaskan situasi hak asasi manusia di wilayah konflik yang terisolasi itu, kata Norman dan Thea dalam keterangan tertulis itu.

Sidang ini dibuka untuk umum. Dikatakan,  Bagi Anda yang tidak bisa datang menyaksikan sidang di Brussels secara langsung,  Anda bisa mengikuti sidang melalui live webcast di situs parlemen Uni Eropa. Link akan disediakan beberapa hari sebelum sidang dilaksanakan.

Apa Latar Belakang Kegiatan ini?

Dijelaskan,selama ini di Papua Barat terjadi pelanggaran HAM berat yang dilakukan oleh aparat militer, termasuk polisi.  Pembunuhan ekstra-yudisial , penyiksaan dan penangkapan sewenang-wenang  sering dilaporkan terjadi di sana . Wartawan lokal terancam , terintimidasi atau tewas sementara wartawan asing tidak diizinkan untuk memasuki wilayah tersebut secara bebas.

Sejak tahun 2007, Pelapor Khusus PBB untuk Penyiksaan dan Perwakilan Khusus PBB untuk pembela HAM menyampaikan laporan dari kunjungan mereka ke Papua Barat. Tidak ada Prosedur Khusus PBB yang  telah diberikan untuk akses ke daerah konflik itu . Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia , Pillay , telah menyuarakan keprihatinan tentang kekerasan terus-menerus dan pelanggaran di Papua (Indonesia ) dan menyerukan pembebasan para tahanan politik di sana, tulis dalam keterangan itu.

Kata dia, Dalam sidang,  kami akan memberikan penilaian singkat pendekatan Indonesia untuk memecahkan masalah di Papua , ancaman dan intimidasi terhadap wartawan , pembunuhan ekstra-yudisial , pelanggaran hak-hak masyarakat adat dan memberikan update mengenai tahanan politik di Papua.

Lebih jauh dijelaskan,  sebagai daerah terkaya  sumber daya alam di Indonesia , Papua telah masuk perusahaan pertambangan dan industri  nasional dan multinasional.  Kegiatan bisnis yang legal dan ilegal sering melanggar hak-hak masyarakat adat , sementara volume perdagangan antara Uni Eropa dan Indonesia tumbuh .

Diketahui, Uni Eropa adalah mitra dagang terbesar ke-4 di Indonesia setelah Jepang , Cina dan Singapura dan merupakan investor terbesar kedua dalam perekonomian Indonesia, dengan sekitar 1000 perusahaan Eropa telah menginvestasikan sekitar 130.000.000.000 dalam perekonomian dalam beberapa tahun terakhir. (Pantauan Media Online)

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar