News
Loading...

46 AKTIVIS PAPUA DITANGKAP, DPRP AKAN PANGGIL PIMPINAN POLISI

Kenius Kogoya (Jubi/Arjuna)
Jayapura, 13/1 (Jubi) – Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) akan memanggil polisi untuk membicarakan soal penangkapan 46 aktivis Papua saat menyambut kedatangan delegasi negara-negara Melanesian Spearhead Group (MSG), di Kota Jayapura, Papua, Senin (13/1).

DPRP menilai, polisi RI telah menciderai hati rakyat Papua. Apalagi menangkap mereka di halaman kantor wakil rakyat. “Kami akan memanggil supaya aparat mendapatkan arahan bagaimana mempunyai pemikiran yang sehat, yang baik supaya tak melakukan penangkapan yang tidak sehat,” kata Kenius Kogoya, Anggota DPRP kepada tabloidjubi.com di Kantor Gubernur Papua, Jalan Soa Siu, Dok II, Kota Jayapura, Papua, Senin (13/1) siang.

Menurut Kenius, ketika orang Papua menyampaikan aspirasinya di DPRP, harus dihargai. “Mereka malah ditangkap. Berarti aparat tidak menghargai DPR. Ini mencoreng dan menutup ruang demokrasi. Kalau aparat menangkap di DPR, itu keliru. Salah. ia sudah menciderai hati orang Papua dengan cara seperti itu,” kata politisi partai PPRN Papua itu.

Ia mengatakan, sedianya polisi harus mengetahui etika itu. “Soal menyampaikan aspirasi, dengar apa yang ia sampaikan. Isi hatinya apa? Ini harus dihargai,’’ katanya lagi.

Menurut sumber tabloidjubi.com dari Komite Nasional Papua Barat (KNPB), aktivis yang ditangkap adalah Sekjen AMPTPI (Aliansi Mahasiswa Pegunungan Tengah Papua se-Indonesia) Markus Haluk, Ketua I KNPB Pusat Agus Kosay, Ketua Komisariat Intelijen KNPB Ucok Logo, Ketua Diplomasi KNPB Pusat Ogram Wanimbo, Ketua I KNPB Numbay Jimmy, Jhon Suhu dan 46 aktivis lainnya.

Disebutkan, Senin sekitar pukul 06:00 waktu Papua, massa yang dikoordinir WPNCL, KNPB, NRPB, dan organ perjuangan mahasiswa lainnya menduduki bandara Sentani untk menjemput kedatangan tim MSG.

Namun karena mereka lebih dulu datang dan dijemput oleh Pangdam XVII/Cenderawasih dan Kapolda Papua, sekitar pukul 08:30 waktu Papua menuju kantor Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) dengan menggunakan 1 mobil pick up, 1 mobil strarwagon dan 2 mobil carry pukul 10:10 waktu Papua tiba di kantor DPRP.

Ketika Markus Haluk berorasi, polisi dibawa pimpinan Wakapolresta Jayapura AKP Kiki Kurnia dan aksi pun dibubarkan. Hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari Polresta Jayapura.

Wakil Ketua I DPRP Yunus Wonda mengatakan, penangkapan itu tidak bisa dibenarkan. “Tidak harus terus terjadi penangkapan seperti itu,” kata Yunus ketika ditemui tabloidjubi.com di Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura, Papua, Senin (13/1) siang. (Jubi/Timo Marten)

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar