News
Loading...

KNPB : NEGARA FIJI DAN PNG MELANGGAR AGENDA KOMUNIKE BERSAMA LIMA NEGARA MELANESIA

Logo KNPB  dan Bendera KNPB(ist)
Jayapura 13/01 (Jubi)Kunjungan  Delegasi Melanesian Spearhead Group (MSG) adalah penghianatan terhadap agenda Komunike saat KTT bulan Juni 2013 lalu.

Ketua I KNPB Pusat, Agus Kosay mengklaim bahwa Negara-negara Melanesia yang datang kali ini telah melanggar agenda Komunike bersama Lima Negara. “Indonesia mengatur agenda itu diluar agenda kesepakatan KTT, sehingga negara Vanuatu sebagai mengundurkan diri. Papua Nugini dan Fiji dan itu sudah kerjsa sama dengan Indonesia, sehingga mereka menghianati agenda tersebut,” tegas Agus, Senin (13/01).

Sebelumnya usai bertemu direksi Bank Papua, sebagaimana disampaikan oleh Kabid Humas Polda Papua, Kabid Hulmas Polda Papua, AKBP Sulistiyo Pudjo, SIk, Menteri Luar Negeri Papua Nugini, Mr Hon Rimbink Pato mengatakan kunjungan ke Papua kali ini membuat Menlu Papua New Guinea ini terkejut.

“Menlu PNG mengatakan Papua sudah sangat maju berbeda jauh dengan kelompok MSG sendiri karena tidak sama seperti yang di gembor-gemborkan oleh kelompok di Noumea, Fiji,” kata Kabidhumas, mengulangi perkataan  Mr Hon Rimbink Pato, Senin (13/01).

“Saat ditanyakan apa yang dilihat antara masyarakat Papua dan Pendatang? Mr Hon mengungkapkan bahwa orang Melanesia di Tanah Papua ini bekerjasama dengan baik bersama orang lain. Dan kunjungan ini juga memungkinkan adanya kerjasama dari berbagai bidang.” tambah Kabidhumas.

Lanjut Kabidhumas Polda Papua, Menlu PNG melihat kemungkinan kerjasama di berbagai bidang antara Indonesia dengan Melanesia.

“Menlu juga mengungkapkan dengan adanya kunjungan ini dapat mempererat hubungan antara orang Melanesia dengan Indonesia yang sama-sama orang Pasifik. Ini adalah tahap awal untuk hubungan ke masa depan,” kata Kabidhumas. (Jubi/Indrayadi TH)

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar