News
Loading...

MSG Gagal Memantau West Papua




Press Release KNPB
 
Dengan jujur kami sampaikan bahwa misi kunjungan delegasi MSG yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Fiji, Ratu Inoke Kubuabola tidak berhasil memantau dan mencari fakta kondisi pelanggaran HAM dan keinginan rakyat West Papua sesuai dengan Komunike Summit MSG di Noumea, Kanaky pada Juni 2013 lalu.

Rakyat West Papua menyampaikan kekecewaan yang mendalam terhadap Pemerintah Fiji dan PNG yang telah mengendarai penderitaan bangsa West Papua dan juga komunike MSG untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dengan penguasa kolonial Indonesia yang sementara ini sedang menjajah kami.

Kami menganggap kedatangan saudara-saudari MSG sebagai suatu kunjungan rahasia, karena jadwal kedatangan dan pertemuan dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Hal itu sangat mencederai etika persaudaraan dan budaya Melanesia dimana dalam budaya Melanesia kedatangan itu harus terbuka dan disambut dengan tarian budaya Melanesia yang sudah disiapkan oleh rakyat.

Oleh karena itu, kami menganggap delegasi hanya berhasil bertemu perwakilan penguasa kolonial Indonesia yang ada di DPR, Gubernur dan Pimpinan TNI/Polri yang sementara ini menjajah kami bangsa West Papua. Mereka tidak berhasil bertemu rakyat West Papua yang antusias untuk menyambutnya, sekalipun aksi penyambutan itu dibubarkan dengan kekuatan TNI/Polri dan menangkap 46 rakyat West Papua.

Rakyat West Papua inginkan West Papua diterima jadi anggota tetap MSG melalui aplikasi WPNCL. Kami berharap dengan menjadi anggota West Papua dapat ikut berkontribusi dalam membangun dan menjaga persaudaraan Melanesia sesuai dengan semangat pembentukan MSG.

Jayapura, 14 Januari 2014
Pengurus KNPB

Victor Yeimo                  Ones Suhun

Ketua Umum                    Sekretaris


Sumber :  www.knpbnews.com
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar