News
Loading...

FOTO KNPB DAN RAKYAT PAPUA MENDUKUNGAN TERHADAP HEARING SUB-KOMITE PARLEMEN UNI EROPA TENTANG HAK ASASI MANUSIA DI TANAH PAPUA




Jajapura 22n Januari 2014. Komite nasional Papua Barat (KNPB ) Mengadakan Aksi Dukungan Kepada Sub-Komite Parlemen Eropa tentang Hak Asasi Manusia (DROI) dan Anggota Sub-Komite Parlemen Eropa tentang Hak Asasi Manusia akan melakukan hearing pada tanggal 23 Januari 2013, di Brusel – Belgia. Dalam hearing itu direncanakan membahas masalah Hak Asasi Manusia di West Papua.
 

Sebagai wujud dukungan rakyat West Papua terhadap hearing Sub-Komite Parlemen Uni Eropa, rakyat West Papua telah menggelar aksi dukungan. Aksi dukungan rakyat itu dimediasi oleh Media bangsa Papua atau disebut juga Komite Nasional Papua Barat. Aksi dukungan rakyat di Merauke dan Jayapura - West Papua dilaksanakan pada hari ini tanggal 22 Januari 2013. Sedangkan rakyat West Papua di Mimika West Papua, akan digelar pada besok tanggal 23 Januari 2013.

Aksi dukungan rakyat di Jayapura – West Papua digelar sekitar pukul 01.00 – 03.30 Waktu Papua. Tempat pelaksanaan aksi dukungan pada halaman Sekretariat Pusat Komite Nasional Papua Barat (KNPB) di Vietnam, Waena – Kota Jayapura. Dalam aksi tersebut, masa aksi telah membentangkan dua spanduk yang bertuliskan “West Papua society fuul support to counries of parliament member Uni Eropa for research human right West Papua in Belgia - Germany” dan “West Papua society demand for rightof self determination by Means of Referendum.”  Juga ada banyak pamphlet yang dibawa oleh masa aksi.

Dalam aksi dukungan tersebut Ketua I Pusat Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Agus Kosay telah membacakan statement politik rakyat West Papua kemudian menyerahkannya kepada perwakilan Parlemen Nasional West Papua selaku badan representative rakyat West Papua, sembari berkata “ kami menyerahkan statement ini kepada Parlemen Nasional West Papua untuk menindak lanjuti ke Internasional.

West Papua dengan rasa antusias dan gembira selalu menyambut pertemuan/kegiatan – kegiatan tersebut melalui aksi demonstrasi, doa dan puasa. Aksi hari ini merupakan salah satu dari sekian banyak aksi yang dilakukan rakyat West Papua sebagai wujud dukungan. Rakyat West Papua selalu merindukan niat penyelamatan jiwa mereka dari bangsa lain di dunia. Dengan maksud tersebut, maka kini untuk mendukung penuh hearing Sub Komite Parlemen Uni Eropa bagian Hak Asasi Manusia ini hendak melakukan aksi demonstrasi besar – besaran di seluruh West Papua. Namun karena Indonesia melalui Kepolisian Daerah Papua telah menutup ruang demokrasi untuk menyampaikan pendapat secara bebas sehingga rakyat tak melakukan aksi demonstrasi dami. Rakyat hanya melakukan aksi ditempat serta membacakan pernyataan – pernyataan dukungan. Berikut kronologis aksi dukungannya.
 
Sesudah membacakan statemen politik rakyat, Parlemen Nasional West Papua (PNWP) menerima statemen tersebut dan membacakan surat ucapan terima kasih PNWP kepada Ketua MEP Barbara Lochbihler, Sub-Komite Parlemen Eropa tentang Hak Asasi Manusia (DROI) dan Anggota Sub-Komite Parlemen Eropa tentang Hak Asasi Manusia (DROI).  Aksi dukungan itu berakhir pada pukul 03.30 sore Waktu Papua. Dan masa pun telah membubarkan diri masing – masing. Berikut manjadi tuntutan  KNPB Bersama Rakyat  Papua Barat dan meminta kepada Sub-Komite Parlemen Eropa tentang Hak Asasi Manusia (DROI) dan Anggota Sub-Komite Parlemen Eropa tentang Hak Asasi Manusia (DROI) serta Solidaritas masyarakat internasional. 

KOMITE NASIONAL PAPUA BARAT KNPB BERSAMA RAKYAT PAPUA BARAT MEMINTA KEPADA DUNIA INTERNASIONAL
1.        Rakyat Papua Barat minta kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa [ PBB ]segera kirim pelopor khusus ke Papua Barat
2.      Rakyat Papua Barat  minta Jurnalis Internasional segera ke Papua Barat untuk melihat dan pantau situasi politik dan Hak Asasi Manusia di Papua Barat
3.      Rakyat Papua Barat Meminta segera membuka Ruang Demokrasi sebebas-bebasnya di Papua Barat
4.      Rakyat Papua Barat minta segera gelar Hak Penentuan Nasib Sendiri [ Self Determination ] Bagi Papua Barat
5.      Rakyat Papua Barat minta segera bebaskan Tapol –Napol di Papua Barat
6.      Rakyat Papua Barat Meminta Kepapda POLDA Papua segera “ HAPUSKAN “ daftar pencarian orang [ DPO ] terhadap ketua Parlemen Nasional West Papua [ PNWP ] Tn. BUCHTAR TABUNI dan Juru Bicara Nasional Komite Nasional Papua Barat  [ KNPB ] Tn. WIM ROCKY MEDLAMA
7.       Negara Kesatuan Republik Indonesia [ NKRI ] melalui TNI_POLRI segera Hentikan Penyisiran dan Operasi Liar terhadap Rakyat Cipil di Puncak Jaya Papua Barat

Port Numbay – West Papua, 22 Januari 2014

Hormat Kami


AGUS KOSAY                           Ones Suhuniap
  Ketua I                                    Sekretaris Umum

Berikut Foto-foto



















 





 

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar