News
Loading...

FAKTA SEJARAH: SUATU KEBENARAN HIDUP

Foto ilustrasi - Puisi Kutipan pena (NP/SK)

Sejarah merupakan kehidupan masa lalu dan kehidupan yang sedang dilewatkan oleh setiap manusia. Sering orang menyebut sejarah sebagai pengalaman masa lalu yang adalah benar, terbukti, pasti, jelas dan tidak bohong. Jadi, sejarah merupakan suatu fakta kebenaran yang sebenar-benarnya terjadi.

Sejarah tak pernah menipu, karena sejarah adalah fakta terhadap suatu
aktivitas hidup nyata yang dilewati oleh manusia.

mengapa Sejarah dikatakan sebagai fakta yang sungguh-sungguh benar? karena, sejarah itu selalu dikenang. Lebih-lebih yang dikenang adalah pengalaman-pengalaman yang sangat mengesankan. Dorongan untuk mengingat atas kejadian atau pengalaman lalu ini, karena pengalaman yang sama dianggap cukup rumit untuk diingat.

Berkaitan dengan itu, Sejarah Hidup Rakyat Papua dipandang sebagai sesuatu kebenaran yang bersifat mutlak. Dikatakan kebenaran, karena Pengalaman tentang "persiapan akan kemerdekaan hidup bagi orang Papua pernah terlaksa".

Tidak mungkin orang Papua memperjuangkan hak hidup, kalau sejarah itu bukan fakta kebenaran. Tetapi hampir seantero orang Papua tahu bahwa sejarah rakyat Papua adalah benar dan pernah terjadi.

Walaupun orang Papua menganggap itu benar, tetapi ada yang menghilangkan dan bahkan ingin mematikan sejarah kebenaran dengan kekuatan "MILITER".

Maka, memang benar bahwa untuk memperjuangkan fakta sejarah kebenaran itu harus ada pertumpahan darah dan tetes air mata manusia. Berjuang tentang kebenaran tidaklah mudah, karena secara langsung berhadapan/melawan kebohongan. kadang-kala kebohongan meluas hingga ke akar rumput, sementara kebenaran hilang di tengah kebohongan itu. Tetapi jangan kawatir bahwa Kebenaran itu pasti ada dan harus terungkap dalah sejarah kehidupan ini. (Sumber: http://muyevoice.blogspot.com)


OLEH: Honaratus Pigai

http://suarakritingfree.blogspot.com/2015/05/fakta-sejarah-suatu-kebenaran-hidup.html
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment