News
Loading...

Tonny Kobak Dimakamkan Disamping Makam Mako Tabuni

Almarhum Tonny KObak saat diwawancarai Jubi pada satu kesempatan, Jubi/Arnold Belau
Jayapura, Jubi – Salah satu aktivis Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang juga pengurus pusat KNPB meninggal di RSUD Abepura pada Sabtu 9 Mei 2015 sekitar pukul 11.00 WPB. Toni Kobak meninggal karena sakit paru-paru basah yang dideritanya selama ini. Tonny Kobak dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Pos 7, Sentani tepat di samping makam Mako Tabuni pada 10 Mei 2015 lalu.

Sekretaris umum KNPB Pusat, Ones Suhun menjelaskan, sakit paru-paru basah ini diderita Kobak sejak pertegahan Jubi 2014. Selama enam bulan Kobak minum obat untuk penyembuhan sakitnya sesuai saran dokter. Namun obat yang dikonsumsinya tidak mempan sehingga pada Rabu tanggal 06 Mei 2015 sore pukul 17.24 WPB almarhum meminta kepada keluarganya antar ke rumah sakit

Sementara itu, Jubir KNPB Pusat, Bazoka Logo mengatakan, kepergian Tonny Kobak hanya secara fisik saja. Namun jiwa dan semangat perjuangan selalu bersama KNPB dalam perjuangan.
Header advertisement
“Mewakili KNPB Pusat, saya mengajak semua pengurus KNPB pusat KNPB wilayah, seluruh anggota KNPB serta simpatisan dan juga keluarga untuk terus melanjutkan perjuangan yang almarhum Tonny Kobak tinggalkan,” ujarnya, Rabu (13/5/2015) di Jayapura.

Untuk diketahui, Tonny Kobak lahir di Hongkolekma, distrik Lolat, Yahukimo pada 05 Mei 1989. Ia adalah anak sulung dari Bapak Hulu Kobak dan Dibukhwe Bahabol. Tonny Kobak bergabung menjadi aktivis KNPB sejak tahun 2009 di Wamena. Ia adalah salah satu inisiator dan perintis  KNPB di Kabupaten Yahukimo.

Pada tahun 2010 Tonny Kobak  ke Jayapura dan bergabung dengan KNPB Sentani dan melakukan aktvitas perjuangan di Jayapura. Tonny Kobak terkenal sebagai orang yang berani, pantang menyerah dan tidak pernah takut terhadap aparat.

Pada tahun 2012 Tonny Kobak diangkat dan dilantik sebagai Bendahara Umum KNPB Pusat. Selama 2 tahun Tonny Kobak menjabat sebagai bendahara Umum KNPB Pusat di Jayapura.

Pada tahun 2014 dalam Mubes ke II Tonny Kobak diangkat sebagai  ketua Bidang Dikpol di komisariat diplomasi KNPB Pusat.  Almarhum masih memegan jabatan sebagai ketua bidang dikpol sampai akhir hayatnya.

Tugas terakhir Tonny bersama tim khusus KNPB pusat melakukan investigasi kasus Yahukimo dan bersama almarhum KNPB berhasil mengumpulkan data di Yahukimo, Papua. (Arnold Belau)

Sumber : http://tabloidjubi.com
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment