News
Loading...

AKSI DEMONTRASI DAMAI KNPB MENDUKUNG PENUH ULMWP MEMBAWAH WEST PAPUA KE MSG

Demo KNPB 21 mei 2015
KORNOLOGIS DEMONTRASI KNPB  DI JAYAPURA MENDUKUNG ULMWP MEMBAWAH WEST PAPUA MENUJU MSG
 
JAYAPURA 21 MEI 2015. Komite Nasional Papua Barat KNPB  KNPB mengadakan akasi demontrasi damai menuntut pembukaan ruang demokrasi dan membuka akses jurnalis asing ke Papua sekaligus mendukung apikasi west Papua yang di ajukan oleh ULMWP untuk west Papua menadi anggota resmi MSG

Aksi demontrasi  dimulai pada pukul 8.00 wpb, masa aksi keluar dari secretariat KNPB pusat menuju ke titik kumpul masa aksi, yakni di depan gapura Uncen-Waena. Sebulum masa aksi tiba di titik kumpul, polisi sudah lebih dulu datang dan menghadang masa aksi KNPB yang dikoordinir oleh Korlap/Ketua I KNPB Pusat AGUS KOSSAY.


Dalam situasi tersebut pihak aparat kepolisian sempat memaksa masa aksi untuk menumpangi beberapa truk yang di siapkan dan segerah meninggalkan tempat dimana mengumpulkan masa KNPB, namun Korlap bersama masa aksi tidak gubris permintaan mereka karena masa aksi dari sector-sektor sebagai masa aksi permanen yang diharapkan belum terkumpul.

Pada pukul 10.00 WPB aparat kepolisian memaksakan masa aksi naik truk, selam 10 menit melakukan negosiasi antara polisi dan pengurus KNPB,  karema masa aksi menginginkan jalna kaki menuju kota Jayapura, namun aparat tidak mau masa aksi jalan kaki karena takut banyak rakyat akan turun jalan sehingga mereka membatasi untuk alan kaki.

Pada pukul 10.15 WPB masa aksi naik truk menu kota jayapura, masa aksi menggunakan 8 truk 4 starwakon dan ratusan motor menuju kota jayapura, masa aksi sempat sampai di abepura, aparat menghadang masa aksi untuk memancing emosi masa agar bentrok namun , atas kerja sama negosiasi yang dibagun antara KNPB dan polisi sehingga masa aksi melanutkan perjalanan ke kota ayapura.

Pada pukul 12. 10 WPB masa aksi tiba di tama imbi kota jayapura, selanjutnya pada pukul 12.20 WPB masa aksi masuk di halaman kantor DPRP Provinsi Papua. Selama 1 jam masa berada di DPRP melakukan orasi politik dan sikap rakyat Papua. Kemudian ada beberapa perwakilan menyampaikan orasi politik untuk mendukung ULMWP dan mendesak pemerintah buka ruang demokrasi di Papua. Selain itu masa aksi juga meminta kepada DPRP dan pemerintah buka akses bagi wartawan asing dan bebaskan semua anggota KNPB yang ditangkap pada tanggal 20 Mei 2015.

Pada pukul 15.00 WPB KNPB pusat membacakan pernyataan sikap, pernyataan sikap atau stekmen politik dibacakan oleh Jubir Nasional Bazoka Logo mewakili pengurus KNPB pusat. Setelah membacakan pernyataan sikap, KNPB menyerahkan kepada Parlemen Nasional West PNWP mewakili atas Dewan Komite ULMWP dalam negeri,  yang diterima oleh Wakil parlemen Nasional ROMARIO YATIBAY DAN ELIASER ANGGAINGGOM, Wakil dari  fraksi wilayah Haa anim dan  wakil dari fraksi Bomberay.

Kemudian Dewan komite ULMWP diwakili PNWP menyerakan stekmen politik kepada DPRP klonial, yang diterima oleh ELVIS TABUNI. Setelah mereka terima pernyataan  dan sikap politik KNPB lalu, melanjutkan dengan sambutan . DPRP dalam sambutanya, mengatakan DPR mendukung ULMWP membawa West Papua ke MSG. Hal tersebut disampaikan oleh salah satu anggota DPRP   LAORENS WANIMBO mengatakan kami DPRP akan melanjutkan pernyatan sikap ini sesui dengan mekanisme yang ada di DPRP. Lebih lanjut Laoresns Wanimbo  mengatakan kami DPRP provinsi Papua juga mendukung penuh ULMWP membawah West Papua ke MSG, karena kami bangsa Papua adalah bagian dari melanesia tegasnya.

Setelah masa menyerahkan aspirasi pada pukul 15.30 WPB masa membubarkan diri naik truk menuju ke sekertariat KNPB pusat Vietnam.


Aksi dukungan terhadap ULMWP ini dilakukan di seluru tanah Papua. Wilayah –wilayah yang melakukan aksi demntrasi tersebut antara lain
KNPB wilayah Timika KNPB Yahukimo, KNPB Meraauke , KNPB Sorong KNPB biak KNPB nabire dan KNPB sentani serta KNPB fakfak.
Foto-foto sebagai 














http://nestasuhunfree.blogspot.com/2015/05/aksi-demontrasi-damai-knpb-mendukung.html
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment