News
Loading...

KNPB : 39 AKTIVIS KANPB DITANGKAP AKSI DUKUNG ULMWP DI PAPUA

Aktivis KNPB di tangkap 20 Mei 2015
KNPB : 39 AKTIVIS  KANPB DITANGKAP AKSI  DUKUNG ULMWP DI PAPUA

Aksi demo damai komite nasional Papua Barat KNPB  mendukung ULMWP di seluruh wilayah KNPB di tanah papua dilakukan secara serentak. Dalam akasi dukungan ini sedikitnya 39 orang ditangkap. Penagkapan pertama dilakukan terhadap 12 aktivis KNPB wilayah biak Numfor. Kemudian penagkapan ke dua terjadi terhadap 27 aktivis KNPB wilayah sentani .

Penagkapan pertama terjadi  pada hari kamis  21 Mei 2015, pada pukul 10.00 di sekertariat KNPB  biak di darfuar distrik samofa Biak. Polisi Indonesia di Biak menangkap 12 orang yang sedang berkumpul di Kantor Komite Nasional Papua Barat untuk Biak yang. Saat ini 12 orang tersebut dibawah dan berada di kantor Polisi Biak. Polisi mulai melakukan penangkapan sebelum aksi demonstrasi damai dimulai untuk mendukung applikasi West Papua sebagai anggota MSG . Pada pukul  15.00 WPB 12 aktivis tersebut dipuangkan Sementara itu  Mananwir  Apolos Sroyer (Ketua PRD BIak) dan Dortheus Bonsapia Perwakilan NFRPB di Biak yang ditangkap kemarin masih di tahan di polres Biak.

Kemudian penagkapan kedua terjadi pada pukul 11.00 WPB di sentani, 27 angkota KNPB wilayah sentani tersebut ditangkap di kampong harapan sentani. Penangkapan itu terjadi pada saat aktiis KNPB dalam perjalanan menuju kota jayapura untuk berkabung dengan masa aksi yang hendak melakukan aksi demo di kota jayapura.

Polisi dari polres sentani menghadang masa aksi di jalan tempatnya di harapan, setelah aparat kepolisian menghadang  masa aksi dan menagkap 27 aktivis KNPB dan dikiring ke polres kabupaten jayapura doyo baru. 

Sementara itu  75 aktivis KNPB yang ditangkap kemarin rabub 20 Mei 2015, masih  ditahan di Mako Brimob Manokwari. sampai dengan saat ini mereka masih ditahan di markas brimob. 75 aktivis KNPB wilayah manokwari itu mogok makan sejak kemarin sampai dengan saat ini. ketua KNPB wilayah Manokwari ALEXZANDER NEKENEM disiksa oleh aparat kepolisian dan brimob di manokwari sampai dengan saat sedang kritis. ketua KNPB Alexander Nekenem sat ini sedang mengalami kesakitan belum bisa makan. toong advokasi. semua pihak dan jarigan segera advokasi, amas yang masih ditahan bersama ketua knpb manokwari sedang mogok makan. 

informasih kami terima dari manokwari 67 orang dibebasakan pada pukul 15.00 WPB namun masih ada 6 orang di tahan di markas Mako Brimob manokwari. Dari 6 orang yang masih ditahan 3 orang ditetapkan sebagai tersangka, mereka yang ditetapkan sebagai tersangka adalah 1. ALEXZANDER NEKENEM, ketua KNPB manokwari 2. OPINUS HUMAWAK 3. OTHEN GOMBO Mereka sementara masih ditahan dalam tahanan mako brimob.




http://nestasuhunfree.blogspot.com/2015/05/knpb-39-aktivis-kanpb-ditangkap-aksi.html
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment