News
Loading...

Parlemen Selandia Baru Dukung Kebebasan Pers untuk Papua Barat

Wartawan Papua Barat Victor Mambor (kedua dari kiri) bersama West Papua Action Auckland dan Pacific Media Centre saat berkunjung ke kantor PMC di Auckland. Foto: Del Abcede/PMC/Ist.
Jakarta, MAJALAH SELANGKAH --  Para anggota Parlemen di Selandia Baru memberikan dukungan kebebasan pers untuk wartawan lokal dan internasional di Papua Barat. Dukungan tersebut tak terlepas dari perjuangan ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) kota Jayapura, Victor Mambor  dengan membuat seruan dalam berbagai forum internasional selama ini.

"Saya senang bahwa anggota parlemen kami telah mengambil langkah yang kuat ini. Membuka akses bagi wartawan internasional adalah tuntutan utama masyarakat sipil pembela hak asasi manusia di Papua Barat," tulis West Papua Action Auckland dalam siaran pers yang diterima majalahselangkah.com pagi ini.

Menurutnya, keterbukaan sangat penting untuk  mengakhiri pelecehan dan serangan terhadap wartawan agar suara dari rakyat Papua Barat didengar. Ini adalah langkah kunci untuk mengakhiri penindasan dan pelanggaran HAM yang sedang terjadi.

"Kami mengucapkan selamat kepada Catherine Delahunty MP telah  mengajukan resolusi ini kepada rekan-rekannya. Saya yakin bahwa suara Selandia Baru tentang masalah ini akan didengar dan hal itu akan membuat perbedaan positif," tulisnya.

Para parlemen meyakini resolusi yang diajukan tersebut tepat waktu untuk Papua Barat sehingga untuk masalah kebebasan pers dalam kepemimpinan Joko Widodo (presiden terpilih-red) setelah resmi dilantik pada bulan Oktober mendatang lebih responsif.

Catherine Delahunty berharap Presiden Indonesia yang baru berkomitmen memberikan kebebasan pers  di Papua Barat termasuk hak wartawan lokal dan internasional untuk melaporkan situasi politik di Papua Barat tanpa ada risiko penjara atau pelecehan oleh negara. (M2/003/MS)

Sumber :  www.majalahselangkah.com
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment