News
Loading...

NKRI DI WEST PAPUA ILEGAL


Ilustrasi Boikot HUT Klonial Indonesia di West Papua

Persoalan Papua Barat adalah sejarah pahit yang mengorbankan Nasib orang Papua Barat, atas persengkonggolan PBB Amerika Serikat Belanda dan Indonesia melalui beberapa forum Internasional tanpah melibatkan bangsa Papua Barat, subyek dalam dalam pengambil keputusan namun dilakukan secara sepihak yaitu, Perjanjian New York Agreement dan Roma Agreement yang tidak melibatkan Bangsa Papua pada hal Perjanjian-perjanjian tersebut adalah keberlansungan hidup Bangsa Papua. PEPERA yang dimulai pada 14 juli 1969 sampai dengan 2 agustus 1969 adalah kegiatan ilegal NKRI diatas Bangsa Papua.karena pemungutan suara dilakukan tidak demokratis dan sesuai dengan perjanjian New York Agreement 15 Agustus 1962.


Pepera pada tahun 1969 di Papua Barat yang hasilnya diperdebatkan di dalam Majelis Umum PBB. Beberapa negara anggota PBB tidak setuju dengan hasil Pepera (Penentuan Pendapat Rakyat) karena hanya merupakan hasil rekayasa pemerintah Indonesia. Adanya masalah Papua Barat di atas agenda Majelis Umum PBB menggaris-bawahi nilai sejarah Papua Barat di dunia politik internasional. Ketidaksetujuan beberapa anggota PBB dan kesalahan PBB dalam menerima hasil Pepera 1969 merupakan motivasi untuk menuntut agar PBB kembali memperbaiki sejarah yang salah. Kesalahan itu sungguh melanggar prinsip-prinsip PBB sendiri. oleh karenanya PBB harus memfasilitasi hak penetuan nasib sendiri di Papua barat melalui referendum sebagai mekanisme demokratis yang berlaku di dunia.

By : Nesta Gimbal
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment