News
Loading...

KNPB & PRD YAHUKIMO MEMEDIASI RAKYAT PAPUA DI YAHUKIMO MENUNTUT AGAR BUKA RUANG DEMOKRASI DI PAPUA 0 Comments

KNPB-PRD YAHUKIMO, NEWS : sesuai dengan agenda Komite Nasional Papua Barat (KNPB) maka pada 16 september 2013,  KNPB dan Parlemen Rakyayt Daerah Yahukimo (PRD)  wilayah Yahukimo memediasi Rakyat Bangsa Papua Barat di tujuh suku besar di Yahukimo untuk melakukan demontrasi damai dalam rangka memperingati hari demokrasi internasional yang jatuh pada 16 september.
Ribuan rakyat yang masuk memadati lapangan  kantor Bupati di Dekai, mereka membawa sejumlah   spanduk, pamplet, dan alat perangkat aksi  lain dalam aksi tersebut.  Spanduk utama yang bertulsan “We Full Support  The West Papua Covermen Policy Vanuatu, Mr.  Moana C. Carcasses, Buka Ruang Demokrasi di Papua dan beberapa pamplet lain yang berbau Papua Merdeka.
Dari pantauan Media ini, Aksi demo damai Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan Parlement Rakyat Daerah (PRD) wilayah Yahukimo dalam rangka memperingati hari demokrasi  internasional,  di mulai pada pukul 08.00 dan selesai pada pukul 14.35 WPB itu berlangsung aman.
Koordinator aksi damai Markus Sugun, saat di temui usai kegiatan ia menjelaskan bahwa “ kami lakukan demo damai, ini hari demokrasi internasional, kami rakyat Papua di yahukimo juga melakukan demo. Ia menambahkan, demo memperingati hari demokrasi internasional khusus Papua kami lakukan  aksi nasional. Walau teman-teman kami di Jayapura, Sentani dan Sorong teman –teman kami di tangkap polisi Indonesia saat melakukan demo. Kami disini melakukan demo damai. Jelasnya.
Demo ini selain memperingati hari demokrasi internasional, juga sebagai wujud dukungan dari rakyat bangsa Papua barat kepada Pemerintah Vanuatu yang rencananya akan membawa masuk masalah Papua dalam sidang tahunan Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB) pada     19-20 September   2013.
Walau di kota-kota lain di Papua, polisi Indonesia melarang, membungkam demokrasi,  untuk melakukan atau menyampaikan pendapat di muka umum, namun demo di yahukimo berjalan aman hingga selesai. Orasi dilakukan secara bergantian, dan dilanjutkan dengan pembacaan stepmen politik, yang di bacakan Ketua Parlemen Rakyat Daerah (PRD) Wilayah Yahukimo, Aminus Balingga.
KNPB,  pada 15/9/13 kemarin telah melakukan konvoi keliling kota Dekai. Dari pantauan media ini, semua pertokoan, ruko, kantor dan semua aktvitas seperti sekolah dan kantor pemerintahan NKRI di Yahukimo lumpu total.
Tidak ada pihak kepolisian dari resor Dekai yang berkeliaran di jalan, semua orang amber memili untuk  tinggal di rumah. Di pasar juga  tidak ada orang yang menjual. Pasar sepi hingga jam 16 WPB.
Berikut adalah pernyataan politik :
 STATEMENT POLITIK
NO :0003 .I/EX/SP/BPP-KNPB/X/2013.
Wilayah Papua Barat, dicaplok masuk ke dalam Negara kesatuan rebuplik indonesia penuh dengan kejahatan dan  rekayasa hanya karena kepentingan kapitalime, tanpa mempertimbangkan hak hidup dan hak politik serta tanpa memikirkan nasib Masa depan  Bangsa Papua Barat.  Nasib masa depan Bangsa Paua Barat, dikorbankan atas persengkonkolan dan kongkalinkong Amerika Serikat, Belanda,Indonesia dan PBB demi  keentingan Ekonomi di Papua Barat.
Pemerintah Republik Indonesia dan Angkatan Perang Republik Indonesia dibawah kepemimpinan Ir.Soekarno Presiden Republik Indonesia yang mengumumkan Maklumat Tri Komado Rakyat (TRIKORA) di Alun-alun Jog Jakarta, 19 Desember 1961 mengawali kejahatan terhadap Hak Asasi Manusia Bangsa Papua dengan melakukan tindakan Infiltrasi, Konfrontasi dan Aneksasi wilayah West Papua tanpa hak dengan memanfaatkan situasi politik dunia yang terbagi antara kekuatan kelompok Komunis yang dipimpin Uni Sovyet bersama Tiongkok dan Kelompok Liberalis yang dipimpin oleh Amerika Serikat.
Pemerintah Republik Indonesia berhasil di rangkul oleh Pemerintah Amerika Serikat yang didukung oleh TNI AD dan menerima tawaran penyelesaian melalui perundingan yang difasilitasi Duta Besar Amerika Serikat di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Mr.Oswalt Bunker.
Mr. Oswalt Bunker Duta Besar Amerika Serikat di PBB mendesaign Persetujuan New York yang pada prinsipnya mengamankan tujuan dan kepentingan Pemerintah Republik Indonesia dengan harapan Pemerintah Amerika Serikat mendapatkan hak investasi di Indonesia secara khusus di West Papua melalui dokumen kesepakatan yang didesaign Mr. Oswalt Bunker, hal tersebut nampak jelas dalam penandatanganan Kontrak Karya PT. Free Port Mc. Moran 1966 atas eksploitasi Tambang Emas dan Tembaga di Tembagapura West Papua sebelum pelaksanaan Hak Penentuan Nasib Sendiri Bangsa Papua di bekas koloni Nederlands Nieuw Guinea tahun 1969 sebagimana pasal 18 d dan 22 ayat 1 Persetujuan New York yang ditandatangani oleh Pemerintah kerajaan Nederland dan Pemerintah Republik Indonesia pada 15 Agustus 1962 di gedung Sekretariat Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York.
Oleh sebab itu Kami Bangsa Papua Barat berpendapat bahwa Persetujuan New York 15 Agustus 1962 yang ditandatangani oleh Pemerintah Kerajaan Nederland dan Permerintah Republik Indonesia terkait penyelesaian sengketa Politik atas teritori West Papua Harus Ditinjau Kembali sebab Bangsa Papua menilai Persetujuan New York 15 Agustus 1962 merupakan akar kejahatan terhadap Kemanusiaan di West Papua.
Perserikatan Bangsa-Bangsa harus mengambil Inisiative nyata dan mempertanggungjawabkan Resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa Nomor 2504/1971, yang menerima hasil PEPERA West Papua 1969 yang cacat hukum. Peninjauan Kembali Materi Hukum Persetujuan New York 15 Agustus 1962 dan Pelaksanaan Penetuan Pendapat Rakyat 1969 July – Agustus, Wajib dilakukan dihadapan Pengadilan Internasional.
Dan kami bangsa pribumi West Papua terus menuntut hak penentuan nasib sendiri yang telah diabaikan dalam rekayasa pepera 1969, karena kami memahami standar-standar Hak Asasi Manusia dan Prinsip-prinsip Hukum Internasional dimana hal itu telah diabaikan oleh nafsu ekspansi dan ekploitasi kaum kolonial dan imperialis.
Kolonialisme dan Imperialisme telah menyebabkan rakyat pribumi West Papua terancam punah. Sejak Perjanjian New York Agreemant 15 Agustus 1962 sampai dengan  rekayasa Pepera 1969 hingga tahun 2013, laju pertumbuhan penduduk pribumi West Papua hanya 1,25 juta jiwa sedangkan tetangga kami Papua New Guiena (PNG) kini sudah mencapai 15 juta jiwa. Padahal pada tahun 1971 jumlah mereka jauh dibawah kami.
Selama 34 tahun terakhir, laju pertumbuhan penduduk pribumi Papua 1,67% dan non-papua 10,5%. Persentase tahun 2011, jumlah penduduk kami bangsa pribumi West Papua 47,5 % dan non-Papua adalah 53%. Bila kami masih terus bersama Indonesia, Tahun 2020 warga non Papua akan menjadi 70,8 %, dan kami warga pribumi hanya 29,2%, dan jika kami masih terus bersama Indonesia hingga tahun 2030, perbandingan antara kami penduduk pribumi Papua dan non-Papua akan menjadi 1:6,5, itu Pertanda kami musnah dan hilang diatas tanah kami.
Kami yakin bahwa dibawah kekuasaan Indonesia, kami semakin punah, kami termarginalisasi dan menjadi bangsa minoritas diatas tanah kami yang luas dan kaya. Kami yakin bahwa Indonesia dan siapapun dan apapun kebijakannya tidak akan mampu memproteksi bangsa Pribumi West Papua. Sesuai data diatas, kami yakin bahwa bila kami masih bersama Indonesia, kami akan musnah diatas tanah kami. Indonesia sudah gagal mengurus dan melindungi kami bangsa Papua Barat.
Saat ini kami sedang melihat dan mengalami perlakuan keji dibawah kekuasaan Indonesia, tanah dan kekayaan kami terus dijarah, militer Indonesia terus menangkap, memburuh dan membunuh kami seperti binatang, seperti teroris, seperti pengacau liar diatas tanah kami sendiri, tatkala kami bersuara menuntut hak kami sebagai manusia.
Oleh karena itu, kami segenap rakyat pribumi West Papua melalui Parlemen Nasional West Papua [PNWP] menyampaikan bahwa:
  1. Kami Bangsa Papua Barat, mendukung penuh kebijakan Perdana Mentri Vanuatu Mr. Moana Carcasses Kalosil untuk membawa Masalah Papua dalam  sidang Tahunan PBB dalam bulan September 2013.
  2.  Mendesak  MSG Segera menindaklanjuti Keputusan KTT MSG yang sudah dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2013 lalu, sesuai dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh Ketua MSG Mr. Victor Tutugoro yang mana mendesak para Peminpin MSG untuk mencari penyelesaian bagi pembebasan masalah Papua Barat pada hari  Senin 26 Agustus 2013 lalu.
  3.  Memperingati tanggal 15 September sebagai Hari Demokrasi Internasional yang ditetapkan oleh PBB,  mendesak kepada Pemerintah Indonesia untuk menghargai dan memberikan ruang demokrasi seluas-luasnya bagi bangsa Papua Barat
  4.   Mendesak Pemerintah Indonesia segera memberikan kebebasan kepada rakyat Papua Barat  sesuai hasil KMB di Den Haag-Nederlnd 1949, Komitmen Pemerintah Kerajaan Belanda lewat Pidato Ratu Juliana 1960, Pasal 18 bagian b-Perjanjian New York Agreement 15 Agustus 1962 dan UUD 1945).
Kami yakini bahwa itulah satu-satunya jalan terbaik dalam menyelesaikan konflik wilayah kami West Papua dan terlebih utama dalam menyelamatkan kami rakyat Pribumi West Papua dari ancaman kepunahan.
Kami yakini bahwa itulah satu-satunya jalan terbaik dalam menyelesaikan konflik wilayah kami West Papua dan terlebih utama dalam menyelamatkan kami rakyat Pribumi West Papua dari ancaman kepunahan.
YAHUKIMO, 16 Agustus  2013
Hormat kami
BADAN PENGURUS WILAYAH
KOMITE NASIONAL PAPUA BARAT [KNPB]                    KETUA PARLEMEN WILAYAH YAHUKIMO                   
ttd.                                                                                         ttd.                                                                        ttd.
   KETUA ERIUS BAHABOL                                               AMINUS BALINGGA                                    TITUS SALLA                               
Ketua                                                                                     KETUA                                                            SEKRETARIS
                                            
PENANGGUNG JAWAB:
PARLEMEN NASIONAL WEST PAPUA [PNWP]
Buchtar Tabuni
Ketua Umum
Berikut Photonya:
??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

???????????????????????????????

???????????????????????????????

???????????????????????????????
???????????????????????????????


Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment