News
Loading...

Rakyat Papua Wilayah Mnukwar Dukung Pembukaan Kantor OPM di Belanda


Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB)

wilayah Mnukwar (tengah) bersama masa aksi

 saat demo di Manokwari (Foto: Abigail Papuana/SP)

PAPUAN, Manokwari —- Ratusan Rakyat Papua Barat yang di mediasi oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mnukwar, siang tadi, Kamis (15/8/2013), menggelar parade budaya untuk mendukung pembukaan kantor Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Hague, Belanda.

Aksi damai berupa parade budaya berlangsung di dua titik kumpul yaitu, pohon beringin Kampus Univeristas Negeri Papua (Unipa) Manokwari dan Jembatan Kali Dingin, Wosi, dan berakhir di Lapangan Penerangan Sanggeng, Manokwari, Papua Barat.


Kami melakukan aksi Parade Budaya untuk mendukung pembukaan kantor Organisasi Papua Merdeka (OPM) di belanda,” terang Ketua I Parlemen Rakyat Daerah (PRD) Mnukwar, Ruben Bonai.

“Saat ini Belanda sudah mendukung pembukaan kantor OPM dan mengakui bahwa apa yang telah dibuat bersama Amerika, Indonesia dan PBB pada Perjanjian New York tanggal 15 agustus 1962 adalah salah,” kata Bonai.

Aleks Nekenem, Ketua KNPB Mnukwar menyampaikan, dalam parade ini juga Rakyat Papua diberitahukan terkai surat keputusan penunjukan Tuan Oridek Ap, yang beralamat di Netherlands sebagai Koordinator Kantor Free West Papua Campaingn di Kerajaan Netherland, dengan tiga tugas dan kewenangan mengelola dan menjalankan managemen dan administrasi perjuangan hak penentuan nasib sendiri rakyat West Papua pada Kantor Free West Papua di Netherland.

Selain itu, Oridek juga diminta melakukan loby dan diplomasi perjuangan hak penentuan nasib sendiri Rakyat West Papua di Kerajaan Netherland, dan yang ketiga adalah tugas dan kewenagan yang diberikan tetap dibawah arahan dan petunjuk ketua diplomat internasional West Papua, Benny Wenda sebagai penaggung jawab urusan perjuangan kemerdekaan rakyat West Papua di dunia internasional.

Penunjukan tuan Oridek Ap sebagai Koordinator Kantor Free West Papua Campaingn di Kerajaan Netherland, menurut Nekenem, sesuai dengan surat keputusan no:A/02/PNWP/VIII/2013 yang dikeluarkan Ketua PNWP di Jayapura, Papua.

“Parade ini juga sekaligus ungkapan penyambutan rencana kedatangan utusan Melanesian Spearhead Groups (MSG)dalam waktu dekat ke Papua Barat,” tutup Nekenem.

Pantaun suarapapua.com, aksi demonstrasi damai berupa parade budaya nasional bangsa Papua Barat berjalan dengan baik dibawa pengawalan ketat aparat kepolisian resort kota Manokwari.

ABIGAIL PAPUANA

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment