News
Loading...

Kasus terhadap Freeport McMoran di Papua Barat - Dokumen untuk digunakan dalam bukti



Pengadilan Rakyat permanen itu - Kasus terhadap Freeport McMoRan dan Rio Tinto di Papua Barat

Dokumen yang penuntutan bermaksud untuk digunakan dalam bukti

Dokumen kunci ditandai **

** Masalah di Freeport - laporan oleh Dewan Australia untuk Bantuan Luar Negeri yang dikeluarkan pada 5.4.95

Berikut ringkasan laporan muncul di Papua Barat Pembaruan 18 (tanggal tidak diketahui)

" Singkatnya laporan membuat tuduhan spesifik berikut :

1 . Bendera OPM dibesarkan di Lembah Tsinga Juli - Desember 1994 .

2 . OPM - ABRI bentrokan terjadi di Lembah Tsinga Juli- Desember 1994 yang mengakibatkan pembunuhan sekitar 10 warga sipil .

3 . 200-250 orang ( 115 keluarga ) melarikan diri ke semak-semak untuk menghindari bentrokan OPM - ABRI dan tinggal selama enam bulan tanpa menerima bantuan dari luar .

4 . Desa-desa Tsinga dan Hoea menjadi sasaran pencarian oleh ABRI . ABRI membakar rumah-rumah , menghancurkan kebun dan menjarah sebuah gereja di Tsinga .

5 . Enam kerabat pemimpin OPM , Kelly Kwalik , disiksa di Timika dan sejak menghilang , diyakini dieksekusi .

6 . ABRI baru didirikan check- poin , terutama di Timika , untuk memantau masyarakat adat .

7 . ABRI dan Freeport keamanan terlibat dalam tindakan intimidasi , diekstraksi pengakuan paksa , menembak tiga warga sipil , menghilang lima desa Dani , dan ditangkap dan disiksa tiga belas orang setelah pengibaran bendera OPM di Tembagapura pada 25 Desember lalu .

8 . Dalam ringkasan pemberontakan di Tsinga dan Hari Natal demonstrasi di Tembagapura mengakibatkan , setidaknya , 37 orang tewas dan / atau hilang di antaranya 22 adalah warga sipil dan 15 adalah pemberontak .

9 . Perpanjangan besar areal konsesi Freeport sebesar 2,6 juta hektar lebih lanjut akan menggusur dan menurunkan masyarakat adat .

ACFOA rekomendasi :

1 . Bahwa Komite Indonesia untuk Hak Asasi Manusia mengunjungi daerah untuk melakukan investigasi menyeluruh terhadap tuduhan dan situasi umum komite lokal dan bahwa laporannya akan dipublikasikan untuk umum .

2 . Bahwa Pelapor Khusus PBB tentang Extrajudicial , Summary atau sewenang-wenang Eksekusi mengunjungi Irian Jaya untuk menyelidiki tuduhan tersebut dan situasi di daerah Freeport dengan maksud untuk melaporkan ke Komisi HAM PBB .

3 . Bahwa laporan ini disebut Kelompok Kerja PBB untuk Masyarakat Adat untuk pertimbangan dan tindakan .

4 . Bahwa Pemerintah Australia mengambil keprihatinan yang diangkat oleh laporan ini dengan Pemerintah Indonesia dan mendesak Indonesia untuk bekerja sama dengan rekomendasi di atas dan bahwa pemerintah Australia secara khusus membuat pertanyaan tentang ( ! ) Pembunuhan warga sipil oleh Angkatan Bersenjata Republik Indonesia , ( 2 ) situasi 200-250 Papua Barat yang dilaporkan menyerah kepada militer Indonesia , ( 3 ) rencana dilaporkan pemerintah Indonesia untuk merelokasi sebanyak 2000 orang dari daerah Tembagapura ke dataran rendah , dan ( 4 ) Freeport Indonesia hubungan dengan masyarakat lokal dan pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan .

5 . Bahwa Australia legislates dalam mendukung ' klausul sosial ' untuk kegiatan usaha yang berbasis di Australia di Indonesia dan mempromosikan kasus klausul seperti itu di APEC dan forum WTO . "

" 37 korban " klaim ditolak

Surat Asia Tenggara Mining , 13.4.95

Pemerintah Indonesia dan Freeport Indonesia membantah temuan laporan ACFOA pada kematian sekitar tambang Grasberg .

Tentara : " Ancaman ke Freeport , sehingga warga harus dipindahkan "

Surat Asia Tenggara Mining , 28.4.95

Militer Indonesia menyatakan bahwa 300 keluarga dekat tambang Freeport akan direlokasi karena " bahaya " dari pemberontak mencari kemerdekaan bagi Papua Barat .

Freeport McMoRan At Home dan luar negeri

The Nation , Juli 31/August 7 1995

Sekilas keberatan Amungme ke tambang Grasberg , kontrak dan perpanjangan kontrak di Papua Barat; kebrutalan rezim Indonesia , keterlibatan militer dalam keamanan tambang , bentrokan antara gerilyawan OPM militer Indonesia dan , relokasi , pelanggaran hak asasi manusia tertentu dengan personel militer di wilayah Freeport sewa , masalah lingkungan terkait dengan pembuangan tailing , rekor Freeport lingkungan di Amerika Serikat dan oposisi terhadap undang-undang lingkungan , Freeport melobi legislator AS terhadap perlindungan lingkungan yang lebih besar , intimidasi taktik Freeport terhadap kota Austin atas potensi polusi dari perluasan pabrik .

** Pelanggaran Hak Asasi Manusia di Timika Daerah Irian Jaya , Indonesia - Sebuah laporan oleh Gereja Katolik Jayapura , Agustus 1995

Laporan ditugaskan oleh Uskup Muninghoff Jayapura untuk menyelidiki tuduhan yang dibuat dalam laporan ACFOA sebut di atas . Ini mencakup pembunuhan warga sipil dari desa Hoea oleh militer Indonesia , 31 Mei 1995 , hilangnya anggota keluarga pemimpin pemberontak , Oktober 1994 , penikaman dan penembakan warga sipil oleh militer Indonesia pada Paskah, April 1995 , penahanan sewenang-wenang dan penyiksaan terhadap warga sipil di desa Waa , Natal 1994 , dan penangkapan , penyiksaan dan pembunuhan warga sipil Dani di Tembagapura , Natal 1994. Itu membuat jelas bahwa fasilitas Freeport digunakan untuk beberapa pelanggaran ini .

Pendeta Protestan menyalahkan Freeport

Republika , 5.9.95 , diringkas dan diterjemahkan dari Bahasa

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia adalah untuk mengunjungi Timika untuk kedua kalinya setelah Forum Nasional Kepedulian Hak Asasi Manusia di Irian Jaya , yang dipimpin oleh Rev Karel Phil Erari , meminta agar Komisi mempertimbangkan peran Freeport dalam pelanggaran hak asasi manusia di seluruh tambang Grasberg . " Rev Erari percaya bahwa pembunuhan di Timika berhubungan erat dengan kehadiran Freeport . Menurut tradisi Amungme , tanah adalah ibu dan kebutuhan melindungi mereka tetapi kehadiran perusahaan telah menyebabkan damge tak terhitung untuk ' ibu ' mereka. Hal ini mengakibatkan gangguan , yang pada akhirnya ke ' Timika kasus' , katanya . ini suku 14.000 orang mencapai kesepakatan dengan perusahaan , perjanjian ditandatangani pada Januari 8 Januari 1974 , salah satu klausul yang melarang tribespeople dari memasuki daerah tertentu . Dalam kompensasi , Freeport membangun klinik , rumah, toko , pasar dan pekerjaan yang dijanjikan . orang-orang Amungme tidak menyadari pada saat betapa berbahayanya perjanjian ini akan . Gunung Jelsegel - Ongospel , sekarang dikenal sebagai Gunung Bijih atau Gunung Ertsberg , adalah salah satu dilarang daerah . mereka tidak pernah menyadari pada saat itu gunung yang begitu suci untuk tradisi mereka akan berakhir sebagai sebuah kawah besar . menurut antropolog Malaikat Manembu , keberadaan suku Amungme telah hancur oleh Perjanjian Januari . mereka dipaksa untuk pindah dari tanah mereka sendiri, hal yang serius terjadi sebagai identitas mereka sangat terikat ke tempat asal mereka . mereka terpaksa tinggal di tanah orang lain dan mereka dilarang pergi bersama , rute sakral tradisional mereka . Apa pun yang mereka punya kompensasi tidak berharga kepada mereka . orang-orang Amungme sekarang di sela-sela , penonton dengan gaya hidup mewah pendatang baru . "

Tiga , Sepuluh , Sebelas atau Namun Banyak

Tiras 32 ​​, 7.9.95 , diterjemahkan dari Bahasa

Artikel ini menyangkut perjalanan pertama investigasi ke daerah Grasberg oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia . Ini menggambarkan keadaan HAM penyelidikan KOMNAS , keterbatasan , dan beberapa pelanggaran HAM yang pergi untuk menyelidiki . Di bawah sub - judul " Penyiksaan dan Pembunuhan dari Dani " informasi berikut disertakan tentang peristiwa yang terjadi segera setelah ibadah Natal gereja di Waa , 2km timur dari Tembagapura : " Biru Kogoya , 28 , kepala kelompok Dani dari Timika berkata kepada Tiras : . . "Saya mengetuk Freeport Keamanan Post, untuk membiarkan mereka tahu bahwa kami upacara telah selesai dan bahwa kami akan kembali ke Timika mereka terkejut pada awalnya , dan kemudian menuduh kami sebagai OPM Setelah itu kita diizinkan untuk melakukan perjalanan ke kantor Travel Freeport di Tembagapura untuk menangkap bus ke Timika . Namun , pada saat kedatangan kami di sana , kami ditahan oleh 733 Pattimura batalyon . keluarga saya dan saya takut dan tidak mampu melakukan apapun. Lalu kami diizinkan untuk naik bis no 44 Freeport ke Timika . hingga kilometer 66 , kami dijaga oleh 30 prajurit . dalam bus , lima Dani dari Waa duduk di depan kami dengan mata mereka diperban . Sementara kita yang duduk di belakang hanya diikat oleh kaki kami . Wendy Tabuni , yang sedang duduk di dekat jendela , menjadi kesal dan menuntut untuk melepaskan . Kemudian tentara ditusuk Wendy di perut dengan bayonet . Karena dia tidak tahan , Wendy mencoba untuk menjalankan pergi, tapi langsung ditembak . mayatnya dilemparkan ke jurang . dalam lokakarya Freeport di Koperapoka , kami terus-menerus dipukuli .... ' "

Freeport menyangkal tuduhan kerusakan serius

Surat Asia Tenggara Mining , 30.11.95

Freeport McMoRan Copper and Gold pindah ke menyangkal tuduhan OPIC kerusakan lingkungan di Papua Barat dan mengatakan bahwa kerusakan yang disebabkan oleh tambang Grasberg adalah " hampir tidak ada dari waktu ke waktu . "

Surat dari John G Hughes , Kepala Urusan Umum , RTZ , Mr Digby Knight, Partizans , 6.12.00

Surat ini memberikan pandangan RTZ tentang laporan oleh Uskup Muninghoff dan Komnas HAM dan keputusan OPIC untuk menarik asuransi risiko politik .

** Catatan hak asasi manusia Freeport harus diselidiki

Rilis Media dari Australian Council for Overseas Aid 20.12.95

Mengingat ketidaksepakatan antara ACFOA dan Freeport mengenai apakah atau tidak Freeport punya tanggung jawab atas pelanggaran hak asasi manusia di Papua Barat , ACFOA menyerukan penyelidikan independen.

Lampiran media rilis : Memperjelas posisi ACFOA di Freeport

Ekstrak : . " Laporan berjudul Masalah di Freeport prepapred oleh masyarakat setempat di Irian Jaya dan dirilis di Australia oleh ACFOA pada 5 April 1995 Laporan ini menuduh bahwa militer Indonesia terlibat dalam pembunuhan , penghilangan , penyiksaan , penangkapan dan penahanan tidak sah , perusakan harta benda dan pelanggaran lain terhadap warga sipil dan gerilyawan di dan dekat areal tambang Freeport selama 1994-5 . biaya ini umumnya didukung oleh delegasi Pemerintah Australia ( 23-30 Juli ) , Uskup Muninghoff Jayapura (3 Agustus) , dan Komisi Hak Asasi Manusia Indonesia (22 September) . Meskipun Pemerintah Australia dan Komisi Indonesia belum merilis laporan mereka , kesimpulan mereka yang jelas dari komentar pejabat dari kedua tubuh dan pernyataan rekomendasi yang dikeluarkan oleh Komisi . laporan yang dirilis oleh ACFOA juga menuduh bahwa Freeport telah terlibat dalam pelanggaran ini , dalam tiga cara ( 1 ) fasilitas Freeport yang digunakan , . ( 2 ) keamanan Freeport dan militer Indonesia bekerjasama di kali , dan ( 3 ) Freeport keamanan, dengan militer Indonesia , menembak mati 3 warga sipil dan , tampaknya , terlibat dalam penghilangan , penangkapan dan penyiksaan . The Muninghoff laporan sepakat ... pada dua tuduhan . sehubungan dengan klaim bahwa keamanan Freeport secara langsung terlibat dalam pembunuhan dan pelecehan lainnya , laporan Muninghoff adalah tidak eksplisit tuduhan ini tidak dikonfirmasi tidak membantah . hal ini sesuai dengan pernyataan Uskup Muninghoff bahwa Gereja menyelidiki militer tidak Freeport .... Komisi Hak Asasi Manusia Indonesia juga mengatakan tidak menyelidiki Freeport .... Namun Komisi tidak merekomendasikan . bahwa garis tanggung jawab antara Freeport dan militer harus diklarifikasi .... Freeport menyangkal bahwa ia bertanggung jawab untuk pelanggaran hak asasi manusia dan menyatakan bahwa fasilitas tersebut tidak berada di bawah kendali perusahaan . Selanjutnya, menuduh organisasi yang bersangkutan menyebarkan ' tuduhan palsu , tuduhan tidak berdasar dan kebohongan . ' ... Apakah atau tidak Freeport terlibat dalam pembunuhan dan pelanggaran lainnya , tidak ada keraguan bahwa perusahaan secara aktif co- beroperasi dengan militer Indonesia . dengan pengakuan Freeport sendiri , tentara aktif di daerah karena kehadiran perusahaan dan Freeport menyediakan dengan infrastruktur dan bentuk-bentuk dukungan luas .... [ I] na surat kepada Jaringan Sungai Internasional di Washington pada tanggal 12 Oktober tahun 1995, Freeport menjelaskan bahwa ' karena pertumbuhan populasi di wilayah tersebut dan kepentingan ekonomi penting dari operasi PTFI , pemerintah telah membentuk kehadiran militer di wilayah itu .... Sesuai dengan kontrak kerjanya , PT - FI ... berkewajiban untuk memberikan pemerintah , termasuk militer , akses gratis dan terbuka untuk wilayahnya operasi dan penggunaan aset infrastruktur tertentu , termasuk jalan , lapangan terbang dan pelabuhan . Kami menyediakan dukungan lainnya , termasuk makanan , transportasi dan perlindungan bagi personil militer yang terlibat dalam detail keamanan rutin . ' ... Saat ini hanya Freeport sendiri menegaskan ketidakbersalahannya . Uskup Muninghoff dan Komisi Hak Asasi Manusia Indonesia memiliki keduanya menyatakan mereka tidak termasuk Freeport dalam hal acuan mereka . Jika Freeport tidak bersalah atas tuduhan , itu tidak ada rasa takut dari investigasi dan banyak keuntungan . sebuah penyelidikan independen yang membersihkan Freeport dari setiap biaya yang akan meningkatkan nama perusahaan dan citra . Tapi sampai itu terjadi , juri masih keluar dan Freeport tidak memiliki o benar membebaskan diri atau mengabaikan keprihatinan organisasi yang bertanggung jawab dari tangan . "

** Selain Keraguan Wajar : keterlibatan RTZ dalam pembunuhan dan penyiksaan di Papua Barat

Partizans Papua Barat Briefing , Desember 1995

Ikhtisar laporan tentang pelanggaran hak asasi manusia di Papua Barat oleh Uskup Jayapura , ACFOA , pemerintah Australia . Catatan penolakan temuan ini laporan ' oleh Freeport / Rio Tinto . Catatan bahwa dua orang Papua Barat datang ke London Mei 1995 untuk menghadiri RTZ RUPST; mengkritik RTZ untuk kegagalan untuk berkonsultasi dengan masyarakat atau mengenali pelanggaran hak-hak mereka melalui pertambangan sebelum membuat kesepakatan dengan Freeport . Mereka menarik hubungan antara pertambangan saat ini , ekspansi lebih jauh , polusi berat tanah dan sungai , penindasan militer dan pengingkaran hak-hak adat . RTZ memutar bawah perannya di tambang Grasberg tapi Jim Bob Moffett - , Presiden Freeport McMoRan Copper and Gold ( FCX ) yang RTZ dimiliki 11,8% pada bulan Juli 1995 dikutip dalam Surat Pertambangan Asia Tenggara pada 12.5.95 yang mengatakan : " The aliansi strategis antara RTZ dan Freeport ... sudah memproduksi kesempatan yang menarik bagi Freeport . kami juga telah mulai berkonsultasi dengan RTZ sehubungan dengan usaha kami saat ini untuk menambah nilai ... melalui peningkatan besar dalam efisiensi operasi kami baru-baru ini diperluas Grasberg . " RTZ setuju untuk memberikan AS $ 750 juta untuk penambangan dan US $ 100 juta untuk program pengembangan eksplorasi dalam Kontrak Freeport Area kerja , yang disebut Blok B. Segera setelah kedua perusahaan disegel kesepakatan mereka pada Mei 1995 , mereka mengumumkan studi kelayakan langsung untuk memperluas kapasitas pertambangan dan penggilingan Blok A ( operasi tambang yang ada ), ini akan mengangkat produksi sebesar 50% menjadi antara 175.000 dan 200.000 ton bijih per hari . Pada bulan September 1995, perusahaan mengatakan mereka akan mempertimbangkan untuk meningkatkan produksi menjadi 230.000 ton per hari . Untuk mencapai hal ini , mereka harus memasuki wilayah adat baru dalam Blok B. Catatan Briefing bahwa pelanggaran HAM terburuk pada tahun 1995 terjadi tiga minggu setelah kontrak RTZ / Freeport ditandatangani . " Saat ini sudah tidak diragukan lagi " disimpulkan " bahwa Freeport / RTZ , sebagai badan hukum , itu terlibat dalam penyiksaan dan pembunuhan ... " Ini juga menyimpulkan : " Jika kebijakan yang diakui dari tepat, dan sebelumnya, konsultasi dengan masyarakat adat di West Papua punya gigi pun , RTZ tidak akan melihat dua kali kesepakatan dengan Freeport , atau beroperasi di mana saja di dalam negeri ( Indonesia dan Papua Barat ) selama rezim yang berkuasa di sana, yang secara konsisten menolak hak manusia dan Adat Partizans ini melaporkan . juga efektif membantah klaim oleh Freeport / Rio Tinto bahwa Uskup Muninghoff telah menolak pernyataan dalam laporan hak asasi manusia sendiri atau bahwa laporan Komnas HAM telah dibenarkan operasi tambang Grasberg .

Temuan Amungme mengkritik Komisi

TAPOL ( The Indonesia Human Rights Campaign ) Bulletin 132 , Desember 1995

Dewan Adat Amungme telah mengkritik temuan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM ) setelah penyelidikan atas kekejaman di wilayah Timika yang diikuti publikasi laporan oleh Uskup Jayapura pada bulan Agustus 1995 . Dewan sangat kritis terhadap kegagalan Komisi untuk fokus pada kesalahan Freeport : " Bagi kami , orang-orang Amungme , akar penyebab pelanggaran hak asasi manusia adalah Freeport , tapi judul laporan Komisi menciptakan kesan bahwa Komisi telah mencoba untuk menghindari membuat hubungan antara Perusahaan dan pelanggaran yang terjadi di dalam dan di luar wilayah konsesi ... ( T ) o memastikan bahwa hak-hak tradisional dasar rakyat Amungme dengan benar dihormati dan tidak ada pelanggaran lebih lanjut dilakukan terhadap penduduk setempat, Komisi juga harus menyelidiki sistem keamanan yang dilakukan oleh Freeport dan ABRI - Angkatan Bersenjata Republik Indonesia - . yang ada di sini untuk melindungi proyek nasional yang vital "

Freeport / RTZ kehilangan asuransi risiko politik

TAPOL Bulletin 132 , Desember 1995

Laporan tentang pembatalan asuransi risiko politik Freeport dengan Overseas Private Investment Corporation ( OPIC ) mengutip ayat kunci : " OPIC pemutusan Kontrak sebagai latihan biaya hukum di bawah UU Bantuan Luar Negeri tahun 1961 untuk memastikan bahwa proyek-proyek investmenht luar negeri tidak menimbulkan bahaya lingkungan tidak masuk akal atau besar atau menyebabkan degradasi hutan tropis di negara berkembang . OPIC telah ditemukan sebagai hasil dari kunjungan pemantauan pada Juli 1994 , review dari tanggal kemudian diberikan oleh Freeport McMoRan , percakapan dengan personil Freeport McMoRan , dan pertimbangan dari berbagai penelitian tentang dampak acitivities Freeport di sungai , hutan dan lingkungan dari Irian Jaya , bahwa ekspansi Freeport McMoRan dari proyek Freeport Indonesia telah menimbulkan dampak lingkungan yang besar yang merugikan yang memaksa OPIC untuk menyangkal semua liputan lebih lanjut dari proyek ini . " OPIC menunjukkan bahwa di bawah kontrak , throughput akan menjadi 52.000 ton kering per hari , tetapi pemantauan mengungkapkan bahwa produksi bijih meningkat menjadi lebih dari 100.000 ton dan ada rencana untuk meningkatkannya menjadi 160.000 ton . Perubahan ini " telah menyebabkan pembuangan tailing meningkat secara signifikan melampaui volume diantisipasi oleh OPIC , mengakibatkan deposisi besar tailing di Sungai Ajkwa dan lembar aliran tailing yang terdegradasi area besar hutan hujan dataran rendah antara Ajkwa dan Minajeri Rivers. ini dan lainnya efek dari proyek telah menimbulkan suatu kesehatan lingkungan tidak masuk akal atau besar atau keselamatan di Irian Jaya . "

Meningkatnya operasi OPM

TAPOL Bulletin 133 , Februari 1996

Sekilas Panduan West ( OPM ) aktivitas gerilya Papua setelah insiden penyanderaan . Sebuah permintaan OPM kunci telah bahwa Freeport McMoRan " menghentikan eksploitasi sosial dan merusak lingkungan pertambangan di Tembagapura dan Timika . "

Freeport / RTZ perkelahian kembali

TAPOL Bulletin 133 , Februari 1996

Deskripsi respon Freeport / RTZ ' s untuk kritik, termasuk ancaman tindakan hukum di Amerika Serikat .

Buka pemberontakan melawan Freeport / RTZ

TAPOL Bulletin 134 , April 1996

Menjelaskan serangan terhadap fasilitas Freeport oleh orang-orang Amungme Maret 1996 setelah bertahun-tahun frustrasi pada sikap perusahaan , pemerintah dan militer , dipicu oleh kematian Wiliamus Kogoya , seorang Dani ditabrak oleh kendaraan yang dikendarai oleh seorang karyawan Freeport . Seorang pemimpin Amungme menyatakan, " Kami berperang melawan Freeport dan pemerintah yang telah menolak untuk mengakui keberadaan kita dan telah menginjak-injak hak-hak kami . " Amungme Dewan , LEMASA , menuntut agar tambang ditutup dan bahwa di masa depan harus beroperasi hanya dalam kondisi yang ketat , dan bahwa LEMASA harus diterima sebagai satu-satunya badan untuk bernegosiasi dengan perusahaan atas penggunaan tanah Amungme .

Freeport menolak keras kemungkinan investigasi independen di Indonesia : membatalkan asuransi Bank Dunia . Drillbits dan Tailing , 18.9.96

A $ 50.000.000 kontrak untuk asuransi risiko politik tiba-tiba dibatalkan oleh Freeport McMoRan sebagai Badan Penjamin Investasi Multilateral Bank Dunia ( MIGA ) sedang mempersiapkan untuk mengirim tim investigasi untuk melihat ke dalam melaporkan manusia dan lingkungan pelanggaran hak asasi sekitar tambang Grasberg .

Tidak ada Tempat rahasia : Minyak , Gas dan Pertambangan di Negara Berkembang : Studi Kasus 3 : Freeport McMoRan di Irian Jaya ( Indonesia )

Laporan oleh Control Risks Group, diterbitkan di London pada ? 1997

Poin laporan bahwa perusahaan perlu mempertimbangkan kerusakan pada persepsi publik dan berpotensi untuk berbagi harga oleh kegagalan untuk menangani hak asasi manusia dan masalah lingkungan yang terkait dengan operasi mereka . " Tidak peduli berapa banyak perusahaan mungkin ingin melepaskan diri dari kegiatan rezim tuan rumah mereka, mereka mungkin tidak dapat melakukannya . Hal ini terbukti menjadi kasus di Grasberg , dimana infrastruktur Freeport adalah unggul untuk apa tentara Indonesia dapat menyediakan . " Isu-isu politik tersebut dapat mengakibatkan (dan dalam kasus Freeport , telah menyebabkan ) perhatian yang tidak diinginkan dari LSM . " LSM-LSM internasional yang menjadi bagian dari profil risiko politik tambang sebagai Amungme tribespeople . "

Sungai Ajkwa tercemar

Jakarta Post , 27 Maret 1997

Warga di sepanjang Sungai Ajkwa yang mengalir dari pinggiran kota Tembagapura ke Timika ibukota Kabupaten Mimika Timur , telah memperingatkan terhadap minum air tercemar , Antara melaporkan. Yusuf Tappang dari biro promosi lingkungan pemerintah provinsi mengatakan hari Kamis bahwa studi menunjukkan sungai itu terkontaminasi oleh limbah tambang PT Freeport Indonesia

" Air tidak lagi minum , " kata Tappang dalam sebuah seminar . Limbah pertambangan, yang dikenal sebagai tailing , juga mempengaruhi ribuan hektar hutan di sepanjang sungai , kata Tappang .

Papua Barat : lebih bentrokan , pembunuhan di sekitar daerah tambang Freeport

Pacific Berita Buletin , Agustus 1997

Artikel tentang laporan bentrokan antara masyarakat lokal dan tentara Indonesia di dekat Timika setelah kematian dua orang dan dua orang lainnya cedera setelah mereka dijemput oleh kendaraan milik Departemen Pengendalian Malaria Freeport . Membuat jelas bahwa ini memicu frustrasi terpendam dengan tambang - Freeport properti menjadi incaran dihasilkan kerusuhan . Pasal juga laporan tentang perusahaan " 1 % Dana % menyebabkan perpecahan dan kemarahan di komunitas adat; pemimpin gereja memperingatkan bahwa ketidakadilan dalam penanganan dana ini akan menimbulkan konflik Juga menjelaskan bagaimana tambang itu melanggar dipegang keyakinan Adat tentang kesucian tanah . .

Grasberg terus berkembang

Mining Journal , 26.9.97

Pasal menggambarkan pertumbuhan tambang Grasberg dan menjelaskan sifat dari 1.995 kesepakatan antara Freeport McMoRan dan Rio Tinto atas pembiayaan ekspansi : Ri Tinto adalah penghasilan bunga 40 % dalam ekspansi operasi di atas kapasitas 118.000 ton per hari dengan membayar nya Porsi biaya dan membuat pinjaman non-recourse hingga US $ 450 juta kepada PTFI . Rio Tinto akan menerima bagian PTFI arus kas dari operasi di atas kapasitas ini sampai locan tersebut dilunasi . Rio Tinto memiliki hak bersyarat untuk bunga 40 % dalam setiap penambahan cadangan bijih yang dibuat oleh PTFI berikutnya sampai akhir 1994 .

TAPOL Bulletin 143 , Oktober 1997

Akun kerusuhan sekitar tambang pada Agustus 1997 , menunjukkan kekuatan perasaan lokal terhadap perations Freeport .

Papua Barat : 60000 tentara melindungi tambang Freeport

Pacific Berita Buletin , Oktober 1997

Artikel itu mencatat bahwa " Angkatan bersenjata Indonesia ( ABRI ) telah mengakui kedalaman permusuhan terhadap tambang tembaga dan emas Freeport di Timika dan di sekitar dengan menciptakan Satuan Tugas khusus untuk Pengamanan Obyek Vital di Timika , satu-satunya kekuatan tugas yang baik untuk ada di mana pun di Indonesia . Freeport terbuka mengakui bahwa itu membayar untuk fasilitas ABRI . Juru bicara Ed Pressman mengatakan baru-baru bahwa perusahaan sedang membangun sebuah barak baru untuk ABRI , menambahkan bahwa setelah barak telah selesai, maka akan ' pasokan tidak lagi ABRI dengan dukungan apapun ' . [ Sydney Morning Herald , 19 September ] . "

Freeport / Rio Tinto : lebih ekspansi , lebih kerusuhan

Down to Earth, November 1997

Protes Adat terhadap kegiatan Freeport / Rio Tinto di Papua Barat terus sebagai perusahaan menegaskan penemuan cadangan emas lebih lanjut. Pasal menyebutkan kegagalan " Dana 1 % " dan kekhawatiran atas tingkat tinggi dilaporkan dari merkuri di Sungai Ajkwa hilir dari tambang .

Cara Kita Bekerja - Pernyataan kami Praktik Bisnis

Rio Tinto , Januari 1998

Pernyataan Rio Tinto kebijakan perusahaan mengenai transparansi , tata kelola perusahaan dan akuntabilitas , standar akuntansi dan pengendalian keuangan internal , kesehatan , keselamatan dan lingkungan , masyarakat , hak asasi manusia , akses terhadap tanah , karyawan , integritas bisnis , keterlibatan politik dan persyaratan komite dewan acuan audit, nominasi , remunerasi , akuntabilitas sosial dan lingkungan dan tujuan umum .

Amungme Gugatan Dipulihkan

Siaran Pers dari Martin Regan , Jr , Jaksa , Pengacara Penggugat , 6.3.98

Louisana Pengadilan Banding , Sirkuit Keempat , menjatuhkan keputusan mengembalikan klaim Amungme terhadap Freeport McMoRan Copper and Gold : Pengadilan Negeri Sipil Orleans memiliki yurisdiksi atas injusry pribadi dan klaim kerusakan lingkungan dari yurisdiksi Amungme dan pribadi atas Freeport .

** Pelanggaran Hak Asasi Manusia dan Bencana di Bela , Alama , Jila dan Mapnduma , Irian Jaya , dilaporkan oleh Gereja Injili Indonesia ( GKII ) , Mimika , Irian Jaya , Gereja Katolik , Paroki Tiga , Timika , Gereja Kristen Evangelis Mimika , Irian Jaya . Mei 1998

Laporan pelanggaran hak asasi manusia oleh militer Indonesia terhadap enam belas orang antara Desember 1996 dan Oktober 1997 pasca operasi pembebasan sandera yang diambil oleh OPM ( Organisasi Papua Merdeka ) . Sebelas dari enam belas tewas tertembak , dua hilang , tiga luka-luka . Orang-orang yang ditembak adalah warga sipil kembali ke kebun mereka untuk mengumpulkan makanan , karena mereka sudah kehabisan makanan di tempat-tempat yang mereka telah melarikan diri melarikan diri dari pertempuran . Militer sedang berusaha untuk menghancurkan OPM dan mengamankan " proyek vital " dari PT Freeport Indonesia . Laporan ini daftar orang-orang yang menyerang dan keadaan dimana pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi .

** Risky Business : The Grasberg Tambang Emas : Sebuah Laporan Tahunan Independen pada PT Freeport Indonesia , Mei 1998. Diterbitkan oleh Weather Project , California .

Laporan 24 halaman ini memberikan gambaran umum tentang hak asasi manusia dan isu-isu lingkungan yang terlibat di tambang Freeport di Papua Barat . Diperkenalkan menjelaskan tujuannya : "[Saya ] fakta mportant tentang tambang tidak diungkapkan oleh perusahaan yang berkaitan dengan risiko di masa mendatang menghadapi operasi perubahan Laporan ini bahwa dengan mengekspos beberapa kewajiban yang dihadapi PT Freeport Indonesia (selanjutnya hanya disebut sebagai PT . Freeport ) dan induk perusahaan Freeport McMoRan Copper and Gold dan Rio Tinto Secara khusus . :

* Pola pelanggaran hak asasi manusia di seluruh Grasberg yang mengakibatkan litigasi yang sedang berlangsung terhadap perusahaan induk , Freeport McMoRan

* Keterlibatan karyawan PT Freeport Indonesia dalam kematian masyarakat setempat , baru-baru ini September 1997

* Perusakan kualitas air lokal, dan pencemaran lingkungan , sebagaimana dinilai oleh konsultan independen

* Ancaman lingkungan jangka panjang yang ditimbulkan oleh kegiatan pertambangan

* Eksplorasi berpotensi ilegal di dalam Taman Nasional tetangga

* Track record buruk bahwa mitra di PT Freeport Indonesia membawa ke operasi

Budaya perusahaan * Freeport McMoRan , yang didirikan oleh orang-orang di bagian atas , yang menghalangi solusi nyata untuk masalah ini . "

Rio Tinto kritikus disumpal

Survival International Media Briefing Mei 1998

Laporan pengobatan Yosefa Alomang karena kritik nya dari tambang Grasberg dan pencegahan oleh pihak berwenang Indonesia -nya bepergian ke Inggris untuk Tinto RUPS Rio Mei 1998 untuk menyatakan kasusnya . Sekilas tentang situasi hak asasi manusia di Papua Barat dan hubungannya dengan tambang .

Korban penyiksaan Indonesia berhenti dari datang ke Inggris , sebagai protes terbesar yang pernah tunggangan untuk Rio Tinto RUPS .

Siaran Pers dari Survival International dan World Development Movement , 11.5.98 .

Summarises media briefing di atas .

Sekali lagi , ratusan mahasiswa di Jayapura menunjukkan

Komunikasi dari Lembaga Studi dan Advokasi Hak Asasi Manusia , Jayapura , melalui Survival International , 5.6.98

Laporan demonstrasi mahasiswa terhadap pelanggaran hak asasi manusia dan " pendekatan keamanan yang diterapkan di Irian Jaya , sistem keamanan di Freeport yang menyebabkan pelanggaran hak asasi manusia " .

kemenangan lagi

Fax ke Roger Moody dari Regan dan Boshea , PLC , pengacara Yosefa Alomang , mengumumkan kerugian Freeport banding pada 2.7.98 ke Mahkamah Agung atas keputusan Louisiana mendukung Yosefa Alomang di pengadilan yang lebih rendah .

Amungme keuntungan unggul atas Grasberg

Informasi dari CFMEU serikat di Australia press release , 10.7.98

Mahkamah Agung Louisiana menolak banding yang diajukan Freeport setelah pengadilan yang lebih rendah ditegakkan hak penggugat adat dari Papua Barat untuk menuntut perusahaan di kota asalnya .

Tangan di Glove : Bagaimana Lingkaran Soeharto , Kantor Pertambangan Apakah Jadi Yah Bersama

Wall Street Journal , 29.9.98

Artikel tentang keadaan di mana kontrak Freeport diperpanjang dan hubungan yang erat antara Freeport dan keluarga Soeharto dan sekutu politiknya .

Tentara Indonesia membunuh dan memperkosa warga suku

Buletin Aksi mendesak dari Survival International , Oktober 1998

Summarises pelanggaran militer HAM di Papua Barat dan mencatat bahwa " wilayah tambang Grasberg memiliki salah satu konsentrasi tertinggi tentara di Indonesia . "

** Hasil Konferensi Dewan Adat Amungme

Siaran Pers dari LEMASA , 12.12.98

Konferensi Desember Tradisional Amungme Dewan mengkritik Freeport . " Jutaan hektar lahan tradisional telah diberikan kepada perusahaan-perusahaan multinasional seperti Freeport untuk keperluan pertambangan yang tidak menguntungkan rakyat. Land Amungme bukanlah komoditas yang dapat dibeli dan dijual , melainkan melibatkan sejarah , nilai-nilai budaya dan sakral . The kejang sumber daya alam tampaknya penghancuran sistematis dari suku Amungme . Akibatnya , kehidupan masyarakat Amungme terganggu secara ekonomi , sosial- budaya dan ritualistically .... Tidak hanya memiliki tanah yang telah diambil , Freeport McMoRan telah merusak sungai kami dengan melepaskan ratusan ribu ton talings di dalamnya setiap hari . sungai adalah hidup kita , karena kita memahami mereka menjadi susu ibu kita . ini tailing membunuh ribuan hektar hutan kami serta sagu dusun orang Kamoro . Selain itu, kekayaan sumber daya kita , dalam bentuk bahan tambang , hasil hutan , dan satwa liar terus diambil dan dimanfaatkan oleh pihak luar tanpa izin . Mereka tidak termasuk kita sebagai pemilik kekayaan .... Kami bersikeras bahwa pemerintah dan Freeport McMoRan bertanggung jawab atas kerusakan lingkungan kita sebagai akibat dari pertambangan di wilayah Amungsa . kami bersikeras bahwa Freeport McMoRan bertanggung jawab atas reklamasi lahan kami yang telah hancur oleh aktivitas pertambangan mereka. kami bersikeras bahwa Freeport McMoRan menghentikan polusi sungai dan bahwa mereka berhenti menyimpan tailing di sungai ini, bersama dengan mulai mengembalikan integritas sungai di mana pun mereka perlu . kami juga bersikeras bahwa Freeport McMoRan mengkompensasi kami menderita kami sampai sekarang karena mencemari lingkungan kita . "

Juga termasuk : Resolusi Dewan atas gugatan terhadap Freeport , yang menyatakan antara lain : " Banyak protes dan tindakan perlawanan oleh masyarakat Amungme terhadap Freeport telah diperlakukan sebagai tidak lebih dari sebuah lelucon oleh Freeport tidak pernah dianggap serius . penderitaan dan pelanggaran hak asasi manusia yang telah terjadi sebagai akibat dari eksploitasi sumber daya alam di tanah kami .... gugatan ini merupakan bagian integral dari perjuangan yang dilancarkan oleh LEMASA untuk mengekspos banyak pelanggaran hak asasi manusia , degradasi lingkungan dan perampokan tanah leluhur kita yang telah terjadi di wilayah Amungsa sebagai hasil dari operasi pertambangan Freeport . "

** Laporan Pelapor Khusus PBB tentang kekerasan terhadap perempuan , penyebab dan akibatnya , Ms Radhika Coomaraswamy . Addendum : Misi ke Indonesia dan Timor Timur pada masalah kekerasan terhadap perempuan , 20 November - 4 Desember 1998; VIII . Irian Jaya

Diterbitkan Januari 1999 . Laporkan menjadi kekerasan seksual oleh tentara Indonesia terhadap perempuan di Papua Barat . Beberapa ekstrak :

" 100 . Sejak tahun 1969 telah ada kehadiran militer di Irian Jaya . Alasan yang diberikan oleh komentator tertentu adalah bahwa hal itu adalah untuk melindungi kepentingan ekonomi Indonesia di wilayah tersebut . Pada tahun 1970 Freeport Indonesia Inc mulai beroperasi di Irian Jaya , lokasi dari terbuka terbesar pit tambang emas dunia. Ada laporan pelanggaran HAM yang meluas oleh militer , yang mencapai puncaknya pada tahun 1994 . menurut laporan pada Februari 1996 pasukan dari seluruh Indonesia datang ke daerah Mapnduma . diduga bahwa tentara diperkosa perempuan di sana tanpa pandang bulu , gadis semuda 12 korban , seperti bisu , keterbelakangan mental dan wanita hamil " .

" 105 .... Pada tanggal 9 Oktober 1994 di tengah malam , A ditangkap oleh enam tentara . Dia tidak diizinkan untuk berpakaian dengan baik . Ada banyak tentara di luar rumah . Dia dipaksa ke bagian belakang sebuah truk Freeport dan dibawa ke pos komando distrik militer. Dia dituduh memiliki hubungan dengan Kelly Kwalik , pemimpin OPM , yang terlibat dalam penyanderaan di Mapnduma . A menyatakan , "Aku dan wanita lain dibawa ke sebuah ruangan yang kee - dalam air dan kotoran manusia . Kami ditahan di sana selama satu bulan dan dua hari . "

" 107 . Pada September 1995 , Komisi Nasional Hak Asasi Manusia ( Komnas Ham ) merilis temuan tentang pelanggaran hak asasi manusia di wilayah Timika Irian Jaya antara bulan Oktober 1994 dan Juni 1995 . Laporannya menegaskan bahwa operasi militer Indonesia di dalam dan sekitar Freeport wilayah proyek yang bertanggung jawab atas pembunuhan sedikitnya 16 warga sipil dan menghilangnya minimal 4 orang yang tinggal di daerah tersebut . Komisi menyatakan bahwa pelanggaran ' yang langsung terhubung ke [ militer ] bertindak sebagai perlindungan untuk usaha pertambangan PT Freeport Indonesia ... diklasifikasikan oleh Pemerintah Indonesia sebagai proyek vital ' . "

Pemimpin Irian mengutuk rencana ekspansi Freeport

Jakarta Post , 30.1.99

Papua Barat pemimpin Adat teguran Presiden Habibie untuk mendukung rencana ekspansi Freeport , mengatakan akan memiliki konsekuensi lingkungan dan sosial bencana . Leadres marah bahwa belum ada konsultasi dengan masyarakat setempat . Tom Beanal , pemimpin Amungme , mengatakan : "Orang-orang di Jakarta tidak pernah meminta pendapat kami . Pemerintah tidak pernah mengizinkan orang Irian untuk berpikir . Jika kita memprotes keputusan mereka , mereka akan mengirim pasukan untuk membunuh kami . " Wakil Ketua DPR Komisi V mengawasi tambang dan energi mendesak pemerintah untuk berkonsultasi dengan pemerintah provinsi sebelum memutuskan rencana Freeport .

Politik di Indonesia mencapai US kejatuhan raksasa pertambangan

The Times- Picayune , New Orleans , Louisiana , 7 Februari 1999

Artikel ini berkaitan dengan keadaan sekitar perpanjangan kontrak Freeport Indonesia di Papua Barat . Artikel itu menyatakan bahwa Ketua Freeport Jim Bob Moffett - " membahas tuduhan kronisme , mengatakan Freeport beroperasi sesuai dengan apa yang standar di Indonesia di bawah Soeharto . Indonesia , Moffett mengatakan , bukanlah satu-satunya tempat di mana orang yang memiliki koneksi menghasilkan uang dari kontrak-kontrak pemerintah . " Apakah anda tahu apa FOB berada di Washington ' Moffett bertanya' ini Temannya Bill Itulah cara Anda mendapatkan kontrak dengan Pemerintah AS - . . Temannya Bill .... Jika Anda datang ke Louisiana itu Friends of Edwin , Friends of Foster . orang yang dekat dengan pemerintah memiliki cara berakhir di transaksi ini . '...' Jadi bagi saya itu agak bodoh untuk sebuah koran Louisiana bertanya-tanya tentang kronisme , setelah we'va memiliki era Huey Long dan semua orang-orang yang berlari negara bagian Louisiana , "tambah Moffett . " Dan kau harus dididik oleh Indonesia tentang kronisme ? saya pikir itu naif . '...' Gaya bisnis yang dilakukan selama era Soeharto adalah gaya diterima , "kata Moffett . "

Irian menentang rencana ekspansi PT Freeport

Jakarta Post , 22.2.99

Masyarakat adat Papua Barat yang tinggal di dekat tambang Freeport terus penentangan terhadap rencana perseroan untuk meningkatkan produksi . " Perwakilan Tribal mendesak pemerintah ... untuk menolak rencana ekspansi karena mereka percaya hal itu akan menyebabkan kerusakan ekologi tertahankan . Mereka berpendapat perusahaan tidak mampu melindungi lingkungan bahkan pada tingkat produksi yang lebih rendah .... Amungme itu kepala suku Tom Beanal mengatakan kepada Jakarta Post akhir bulan lalu bahwa hidup di daerah adalah ' neraka ' di bawah kondisi produksi saat ini dan ia menentang segala perluasan .... kepala Duga yang prihatin dengan prevalensi alkohol di daerah , yang ia menyalahkan pada perusahaan . " Freeport harus menghentikan distribusi alkohol di sini karena itu membuat suku melawan satu sama lain. ' "

Rencana ekspansi Freeport mendapat persetujuan pemerintah

Jakarta Post , 1.4.99

Pemerintah menyetujui rencana ekspansi pada kondisi peningkatan royalti dan perhatian yang lebih besar terhadap dampak lingkungan .

** Memorandum kepada Direksi , Freeport - McMoRan Copper & Gold , Inc

dari: Amnesty International - Amerika Serikat dan Robert F. Kennedy Memorial Center for Human Rights

re : Freeport Sosial dan Hak Asasi Manusia 5 Mei 1999

Mama Yosefa mengambil kelas Amungme - Lemasa aksi klaim gugatan terhadap Freeport kepada Perserikatan Bangsa 14.5.99 Amerika

Pemberitahuan Arbitrase . Penuntut , Yosefa Alomang , individual dan atas nama Suku Amungme - yang adalah orang-orang lokal yang terluka oleh PTFI antara 1967 dan sekarang dan yang tinggal atau hidup di daerah didefinisikan oleh Freeport Proyek Peta Area dan sesuai dengan Pasal 3.3 dari UNCITRAL Aturan arbitrase menuntut sengketa Amungme dengan PT Freeport Indonesia dan perusahaan pendahulunya dirujuk ke arbitrase .

** Freeport McMoRan Copper and Gold Inc mengumumkan Hakim Gabrielle McDonald sebagai Penasihat Hak Asasi Manusia; janji dipuji oleh Duta Besar AS Gelbard

Freeport McMoRan Copper and Gold Inc siaran pers , 29.11.99

Dalam mengumumkan pengangkatan Hakim McDonald ( mantan Hakim Pengadilan Kriminal Internasional untuk Bekas Yugoslavia ) sebagai " Penasehat Khusus kepada Ketua Hak Asasi Manusia " dan anggota Direksi , Freeport menepis sejarah aneksasi Indonesia dari Papua Barat , oposisi menyatakan dengan jelas dari rakyat Papua barat untuk aneksasi Indonesia dan mendapat dukungan penuh untuk otonomi yang lebih besar di kalangan legislator provinsi dengan kata-kata berikut : " meskipun PBB telah mengakui Irian Jaya sebagai bagian dari Indonesia , sebuah kelompok separatis yang dikenal sebagai OPM ( Organisasi Papua Merdeka ) telah beroperasi ada OPM telah terlibat dalam insiden kekerasan banyak di seluruh Irian Jaya , termasuk , dalam beberapa tahun terakhir , beberapa pengambilalihan sandera - . . dua di antaranya berakhir dengan pembunuhan empat sandera Sebagai akibat dari tindakan kekerasan ini , angkatan bersenjata Indonesia telah mempertahankan kehadiran di seluruh provinsi , dan ada sejumlah bentrokan antara OPM dan angkatan bersenjata Indonesia . " Freeport juga mengaku telah dibebaskan oleh semua penyelidikan pelanggaran HAM di daerah , meskipun fakta bahwa beberapa laporan menunjukkan penggunaan fasilitas Freeport oleh militer dan menunjukkan kemungkinan keterlibatan petugas keamanan Freeport . " Pelanggaran HAM telah diduga dalam banyak insiden ini . FCX dan PTFI telah mengambil posisi yang sangat jelas mengutuk pelanggaran-pelanggaran ini . Ada setidaknya lima investigasi pelanggaran HAM di sekitar operasi PTFI dilakukan dengan PTFI penuh kerjasama dan tidak ada pertanyaan ini menetapkan bahwa PT -FI atau karyawan berpartisipasi dalam pelanggaran hak asasi manusia . "

Pemerintah Belanda setuju untuk meninjau Papua Barat serah terima
Pacific Berita Buletin , Desember 1999
Menteri Luar Negeri Belanda , J. J. Van Aartsen , telah menginformasikan Parlemen bahwa ia tidak memiliki keberatan atas pemeriksaan ulang sejarah ke dalam penyerahan kedaulatan dari mantan Nugini Belanda ( Papua Barat ) . Anggota parlemen Van Middelkoop dari partai politik Gereformeerd Politiek Verhood ( GPV ) telah meminta untuk pemeriksaan ulang ini , mengikuti seminar tentang Papua Barat pada tanggal 20 November yang diselenggarakan oleh Yayasan Studi dan Informasi Rakyat Papua ( Pavo ) .

Papua dari Timika mengatakan : 'Tarik tentara dan polisi dari Timika '

Detikcom , Jakarta , 12.1.00

" Sekelompok 48 orang dari Timika , yang dipimpin oleh Rev Izaak Onawane , dan termasuk Mama Yoshepina Alomang , melakukan kunjungan ke majelis regional di Jayapura untuk menuntut penarikan pasukan tentara dan polisi yang hadir di daerah untuk melindungi emas Freeport dan tembaga . Mereka menuduh pasukan keamanan sering over- akting dan menyalahgunakan hak asasi manusia dan sering menggunakan kekerasan terhadap masyarakat setempat .... Dr Anthonius Kelanangme [ mengatakan ] ' pasukan keamanan di konsesi Freeport sering melanggar hak asasi manusia . "Dia bilang bahwa minuman beralkohol sedang banyak dikonsumsi di daerah dan wanita sedang menggunakan obyek seks .... Ada banyak keluhan tentang situasi hak asasi manusia di Timika , dengan Freeport berada di jantung konflik antara pasukan keamanan dan orang-orang lokal . ' Timika seperti pangkalan militer dan hampir setiap unit tentara hadir di sana . ' "

Warga protes terhadap Freeport

The Jakarta Post , 17.1.00

Laporan delegasi yang sama dari Timika ke Jayapura disebutkan di atas . Izaak Ondawane dikutip mengatakan : " . Kami telah sampai pada kesimpulan bahwa selama perusahaan terus pemanfaatannya , semakin banyak orang Papua akan menjadi korban pelanggaran hak asasi '

Bank setuju : " kerusakan serius " oleh Freeport - Rio Tinto

Perpisahan Perusahaan , Musim Dingin 1999/2000 - Sumber : Reuters , 6 Mei 1999

Seluruh artikel berjalan sebagai berikut : . " Dari tahun 1995 dan seterusnya , Friends of the Earth Belanda melancarkan kampanye untuk mendapatkan ABN Amro , ritel utama dan bank investasi , yang disinvest dari Freeport / Rio Tinto di Papua Awal tahun 1999 , bank berjanji untuk memperoleh audit independen dampak tambang - . atau mempertimbangkan disinvesting pada bank AGM lalu mungkin Paulus Kanonggopme , sebuah Komoro , mengatakan kepada pemegang saham bagaimana saya buang reruntuhan air sungai dan hutan yang Orang nya tergantung ABN - Amro kursi Januari Kalff sepakat bahwa ada ' polusi serius' . Meskipun pertemuan telah diadakan antara ABN Amro - dan Freeport - Rio Tinto , 'tidak ada perubahan kebijakan telah mengakibatkan ' . Tapi bank masih menolak untuk melepaskan . "

1969 referendum Papua Barat re-visited
Tapol Bulletin online 156 - Jan / Feb 2000
Pada Agustus 1969, pemerintah Indonesia melakukan Pepera di Papua Barat seperti yang dipersyaratkan oleh kesepakatan dengan pemerintah Belanda menyimpulkan bawah naungan PBB pada tahun 1962 . Tidak ada yang gratis tentang UU yang melibatkan 1.025 mengangkat tangan kepala suku yang memutuskan di bawah todongan senjata bahwa negara mereka harus tetap menjadi bagian dari Indonesia . Baru-baru ini informasi de - rahasia menunjukkan bahwa Barat berkomplot dalam pengkhianatan . Pemerintah Belanda kini telah mengakui bahwa tahun 1969 harus dikaji ulang .

** OPM INTERNATIONAL INFORMASI KANTOR ( OIIO ) MALMO - SWEDIA ( EROPA ) POLITIK PERNYATAAN 1 Februari 2000
Mendukung panggilan untuk mengakhiri ekspor senjata Uni Eropa untuk Indonesia dengan alasan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia di Papua Barat , menganggap Freeport terlibat dalam pelanggaran ini .

Pemerintah diminta untuk meninjau kesepakatan Freeport
Jakarta Post 2.2.00
DPR meminta pemerintah untuk meninjau kontrak dengan perusahaan pertambangan PT Freeport Indonesia , mengatakan kesepakatan itu melanggar peraturan investasi dan UUD 1945 Negara .

Rekomendasi itu diumumkan oleh DPR komisi I dan II setelah kunjungan ke Irian Jaya selama reses pada bulan Desember tahun lalu .

Freeport Indonesia Menolak Panggilan ke Review Kontrak
Asia Pulse 3.2.00
Manajemen PT Freeport Indonesia, perusahaan tambang tembaga AS yang beroperasi di Papua , mengatakan keputusan untuk meninjau kontrak terletak pada pemerintah .

Permintaan Freeport review kontrak mengecam
Jakarta Post 4.2.00
Seorang legislator dikritik dua komisi DPR untuk merekomendasikan peninjauan kontrak karya yang dimiliki oleh tembaga dan emas perusahaan pertambangan PT Freeport Indonesia .
Ketua Komisi VIII DPR untuk pertambangan dan energi Irwan Prayitno mengatakan, Komisi I untuk pertahanan, keamanan dan hubungan luar negeri dan Komisi II untuk rumah dan urusan hukum telah melampaui kewenangannya dengan membuat rekomendasi tersebut .


Mantan peran PBB di Irian Jaya , oleh John Saltford
Jakarta Post 8.2.00
Baru-baru ini dideklasifikasi Dokumen PBB memberi cahaya baru pada pemantauan latihan latihan PBB di Indonesia yang dikuasai Papua Barat . Orang-orang Papua Barat dijanjikan kemerdekaan oleh penguasa Belanda mereka, tetapi Indonesia mengklaim wilayah itu dan mengancam akan menyerang . Untuk menghindari hal ini , Belanda menandatangani perjanjian pada tahun 1962 mentransfer kontrol ke PBB dengan syarat bahwa orang akan memiliki penentuan nasib sendiri dalam waktu enam tahun . Pada kenyataannya , ini adalah sedikit lebih kemudian perangkat menyelamatkan muka bagi Belanda . Dalam waktu tujuh bulan , tanpa konsultasi dengan penduduk , PBB telah ditarik keluar meninggalkan Indonesia yang bertanggung jawab .

Freeport Tambang dapat ditutup untuk polusi
Laporan Kepulauan Pasifik , 12.2.00
Menteri Negara Lingkungan Hidup Sonny Keraf mengatakan dia akan merekomendasikan penutupan Freeport Indonesia jika AS tembaga perusahaan pertambangan yang beroperasi di Irian Jaya ditemukan telah menyebabkan pencemaran lingkungan . Ancaman Keraf datang di tengah laporan bahwa tailing Freeport telah terkontaminasi moluska , sumber makanan bagi penduduk setempat , di sungai-sungai sekitar dan menghancurkan hutan mangrove . Freeport telah melakukan audit lingkungan secara sukarela dan laporan audit telah diterbitkan oleh media massa Indonesia . Keraf mengatakan jika laporan lingkungan oleh Montgomery tidak obyektif , pemerintah akan memaksa Freeport untuk memverifikasi hasil audit .

** Surat dari Abigail Abrash Robert Kennedy Foundation untuk Ward Morehouse dari Dewan Internasional dan Urusan Publik , New York , mengenai latar belakang untuk penyelidikan Foundation menjadi hak asasi manusia di tambang Freeport di Papua Barat 15.2.00

Amdal di Freeport diperiksa
Jakarta Post 21.2.00
Menteri Negara Lingkungan Hidup Sonny Keraf mengatakan, pihaknya akan mengaudit , dan mungkin mengulang , analisis mengenai dampak lingkungan ( Amdal ) dari tembaga dan emas perusahaan pertambangan PT Freeport Indonesia sebagai laporan analisis perusahaan dilakukan oleh Montgomery Watson berisi beberapa penyimpangan .

Laporan ledakan Freeport untuk kerusakan lingkungan
Indonesian Observer 25.2.00
Beberapa 133.000 hektar lahan di konsesi tambang PT Freeport Indonesia di Irian Jaya telah rusak parah dan sungai terdekat telah tercemar , kata Badan Pengkajian Dampak Lingkungan ( Bapedal ) . " Dari angka itu , hanya 124 hektare telah direhabilitasi oleh perusahaan, " kepala kantor Bapedal setempat , Ali Kastella , seperti dikutip oleh Antara kemarin di ibukota Irian Jaya Jayapura . Bapedal baru diperiksa Freeport Tembagapura , Grasberg dan Ertsberg tambang di Timika .

** Pernyataan yang dikeluarkan oleh Majelis Agung ( Musyawarah Besar ) yang diselenggarakan di Port Numbay ( Jayapura ) dari 23-26 Februari , 2000:
( Extract ) " Orang-orang Papua Barat menyesal dan menganggap sebagai melanggar hukum penyerahan kedaulatan rakyat Papua dari Belanda , melalui perantaraan PBB ke Indonesia pada 31 Oktober 1963 ( sic ) . Transfer ini terjadi tanpa persetujuan rakyat Papua Barat dan Dewan Nasional Papua Barat yang memiliki kuasa dan wewenang untuk menentukan nasib rakyat Papua Barat , kekuasaan dan otoritas sewenang-wenang diabaikan dalam Perjanjian New York ditutup pada 15 Agustus 1962 dalam . lihat dari pemindahan tidak sah kedaulatan rakyat Papua Barat oleh Belanda melalui perantaraan PBB untuk Indonesia , rakyat Papua Barat kategoris menolak hasil ' Act of Free Choice ' ( Pepera ) yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia atas dasar Perjanjian New York . "

Menggali Bermasalah : kemarahan Separatis berjalan lepas di alam liar Papua Barat
Newsweek International , 28.2.00
Pasal menunjukkan bahwa Papua Barat sekarang tergantung pada Freeport, tetapi bahwa tambang telah menghancurkan mata pencaharian tradisional sambil membawa relatif sedikit keuntungan untuk masyarakat setempat . Hal ini telah memicu sentimen pro-kemerdekaan karena masyarakat setempat mengidentifikasi Freeport dengan pemerintah dan militer Indonesia .

' Modern' Way of Life Membawa Kerawanan untuk Rakyat Asli
Oleh Kafil Yamin , IPS , 29.2.00
Pasal meneliti dampak relokasi terbaru tentang orang Komoro , yang telah terjadi sebagai akibat dari ekspansi PTFI . Ini catatan memaksa perubahan budaya dari nomaden ke keberadaan menetap dan hilangnya kegiatan ekonomi tradisional yang didasarkan pada sungai dan sagu Plantin , dan berkembang ketergantungan pada beras impor . Petugas yang bertanggung jawab atas relokasi mengatakan bahwa orang-orang tetap akan lebih baik karena dampak dari sungai pembuangan tailing sangat merusak .

Walhi protes pernyataan Freeport Kissinger
Indonesian Observer 1.3.00
The Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi ) mengecam mantan menteri luar negeri AS Henry Kissinger untuk mendesak Indonesia untuk tidak meninjau transaksi bisnis dengan tembaga raksasa dan perusahaan pertambangan PT Freeport Indonesia . Walhi mengatakan pernyataan itu merupakan bentuk " intimidasi " terhadap pemerintah Indonesia mengingat Freeport Indonesia dituduh pencemaran di Papua Barat .

Gubernur Irian Jaya mendesak Freeport untuk renegosiasi kontrak pertambangan
AFP 3.3.00
Irian Jaya Gubernur Wakil Laksamana Freddy Numberi mendesak PT Freeport Indonesia untuk menegosiasikan kontrak dengan Indonesia untuk memasukkan kepemilikan saham bagi pemerintah provinsi . The Freeport kontrak dan lain-lain seperti itu tidak lagi mencerminkan kondisi yang berlaku , Numberi mengatakan makan siang bisnis di sini .

Act of Free Choice bagi warga Papua adalah lelucon
Frontpage nasional Belanda NRC Handelsblad koran 4 Maret 2000
Pada tahun 1969 , pemerintah Indonesia memanipulasi ' Act of Free Choice ' tentang status mantan Nugini Belanda ( Irian Jaya ) . " Dengan segala cara , tepat atau tidak tepat ' , Jakarta ingin mencegah orang Papua dari memilih menentang integrasi akhir ke Indonesia . Ini tampak dari apa yang disebut 'rahasia instruksi ' pada Mei 1969 yang diberikan oleh Soemarto , Komandan Indonesia di Merauke , kepada Bupati daerah itu . NRC Handelsblad memiliki salinan surat ini di mana dinyatakan bahwa peserta musyawarah ( pertemuan populer berunding ) harus dipilih pada loyalitas mereka ke Indonesia . Jika tidak ada loyalitas , maka ' seseorang harus memiliki keberanian untuk menggunakan metode yang tidak tepat untuk menghapus delegasi yang bersangkutan ' .

Papua Menuntut Saham Freeport Indonesia
Antara / Asia Pulse 6.3.00

Pemerintahan daerah Papua telah menyerukan amandemen kontrak kerja PT Freeport Indonesia untuk memasukkan provinsi sebagai pemegang saham di perusahaan AS . Gubernur Papua Freddy Numberi mengatakan amandemen itu bisa mengakhiri perselisihan sering antara masyarakat lokal dan tembaga dan perusahaan tambang emas .

Panggilan untuk PBB untuk mengawasi referendum kemerdekaan di Papua Barat

Radio Australia - World News , 7.3.00 ( 2.12.pm )
Anggota sebuah konferensi besar tentang masa depan Papua Barat telah meminta PBB untuk mengawasi sebuah referendum.Around kemerdekaan 80 anggota dari berbagai fraksi kemerdekaan bertemu di kota Papua Barat Sentani . Clemens Runaweri , seorang pemimpin gerakan kemerdekaan Papua Barat yang berbasis di Papua Nugini menghadiri pertemuan tersebut , dan mengatakan berbagai faksi berhasil mencapai tingkat persatuan .

TAPOL Mendesak Buletin Aksi 7.3.00

Meminta anggota untuk menghubungi anggota parlemen Inggris untuk mendesak mereka menandatangani berikut Awal Gerak Day mengenai Pepera :

EDM 475 : Papua Barat
Rumah ini mengingatkan bahwa bulan Agustus 1969 sebuah ' Act of Free Choice ' ( ' UU ' ) berlangsung di bekas wilayah kolonial Belanda yang sekarang dikenal sebagai Papua Barat atau Papua , kemudian di bawah pemerintahan Indonesia , yang dimaksudkan untuk menjadi suatu tindakan diri penentuan sesuai dengan ' praktek internasional ' , lebih lanjut mengingatkan bahwa UU sebenarnya terlibat kelompok representatif dari 1.025 orang yang dipilih melalui pemungutan suara Indonesia di bawah tekanan untuk menjadi bagian dari Indonesia; khawatir bahwa UU itu tidak bebas dan adil dan tidak tepat bertindak penentuan nasib sendiri sesuai dengan hukum internasional; mencatat bahwa pada bulan Desember 1999 Pemerintah Belanda setuju untuk menyelidiki keadaan di mana Papua Barat dimasukkan ke Indonesia; lebih lanjut mencatat bahwa pada bulan Februari 2000 Grand Majelis Papua Barat , perwakilan yang terdiri dari dari seluruh wilayah , memutuskan untuk menolak hasil pelaksanaan UU karena tidak sesuai dengan praktek internasional dan mengambil tempat di tengah-tengah intimidasi dan pembunuhan oleh militer Indonesia , dan menyerukan kepada Pemerintah Her Majesty untuk mengakui bahwa hak-hak mutlak rakyat Barat Papua untuk menentukan nasib sendiri belum direalisasikan sesuai dengan hukum internasional dan untuk menekan PBB untuk menyelidiki UU dengan maksud untuk melakukan tindakan yang tepat untuk menentukan nasib sendiri di wilayah itu , dan panggilan lebih lanjut atas Pemerintah Her Majesty untuk menekan pemerintah Indonesia untuk masuk ke dalam dialog dengan perwakilan Papua Barat untuk mencari solusi damai dan demokratis untuk keluhan mereka .


Menteri Lingkungan Hidup Indonesia mengatakan Freeport kesepakatan masih terbuka untuk mengubah : Sonny
Jakarta Post 7.3.00

Menteri Lingkungan Sonny Keraf mengatakan bahwa kontrak pertambangan antara pemerintah dan PT Freeport Indonesia tetap terbuka untuk perubahan , sambil menunggu hasil audit lingkungan perusahaan. Sonny mengatakan, masih ada kemungkinan pemerintah meninjau atau renegosiasi kesepakatan jika tim gabungan yang terdiri dari pejabat dari kantornya dan Departemen Pertambangan dan Energi ditemukan kontrak itu cacat .

Polisi , sumpah militer untuk mengambil tindakan terhadap separatis Papua
Indonesian Observer 10.3.00
Polri dan kemarin Militer berjanji untuk mengambil tindakan keras terhadap setiap gerakan separatis yang dilakukan oleh kelompok Papua yang berencana untuk mendirikan sebuah negara baru di dalam negeri . Sumpah itu dibuat kemarin oleh Polda Papua Barat Kepala , Brigadir Jenderal Wenas , menyusul pernyataan dari pemimpin separatis Theys Eluay dan Don Flasi bahwa mereka akan membentuk pemerintahan transisi di bulan Mei . Pemerintah transisi merupakan bagian dari persiapan untuk deklarasi kemerdekaan pada 1 Desember .

Indonesia Harus Tinjau Freeport Kontrak : Soemitro
Asia Pulse 10.3.00
Permintaan oleh Freeport McMoran komisaris Henry Kissinger bahwa pemerintah tidak mengubah kontrak PT Freeport Indonesia kerja akan melawan kepentingan Indonesia , kata ekonom senior di Indonesia Soemitro Djojohadikusumo .

Freeport Indonesia Sets Selain US $ 150 MLN Tanah Reklamasi
Antara / Asia Pulse 13.3.00
PTFI telah menyiapkan dana US $ 150 juta untuk merehabilitasi 23.000 hektar lahan yang luas dan kerusakan hutan yang diakibatkan wilayahnya pembuangan tailing , akan dimulai tahun 2016 . Ini merupakan pengakuan oleh perusahaan yang pembuangan tailing yang memang menyebabkan kerusakan besar .

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar