News
Loading...

17 Agustus vs 1 Desember di Papua


Illustrasi Kemerdekaan Indonesia dan Negara West Papua

Ini nyata, tapi aneh. Orang Papua, sejak Papua dianeksasi RI, memperingati dua dari berbeda sebagai hari kemerdekaan.  Pertama, setiap tanggal 1 Desember, orang Papua memperingati hari kemerdekaan bangsa Papua Barat. Kedua, orang Papua juga memperingati 17 Agustus sebagai hari kemerdekaan Indonesia.

1 Desember 1961

1 Desember biasa diperingati oleh rakyat Papua sebagai hari kemerdekaan bangsa Papua. Tahun 1961, pada tanggal yang sama, di depan gedung New Guinea Raad (NGR), Sang Bintang Kejora berkibar, didampingi bendera Belanda. Kemudian, lagu kebangsaan bangsa Papua, Hai Tanahku Papua, dinyanyikan, mengiringi kibaran Sang Bintang Kejora.

Saat itu, proklamasi kemerdekaan Papua tidak dibacakan, dengan maksud, saat Papua diserahkan kekuasaannya penuh oleh Belanda-lah,  proklamasi kemerdekaan akan dibacakan. Sayang, tepat 18 hari setelah kehadiran Negara Papua, di Alun-Alun Utara Yogyakarta, Ir. Soekarno, presiden RI, membacakan Tiga Komando Rakyat, yang isinya: Gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan Belanda kolonial; Kibarkan sang Merah Putih di seluruh daratan Irian Barat; Bersiaplah untuk mobilisasi umum, mempertahankan kedaulatan dan keutuhan wilayah RI.

Kemerdekaan Papua yang lahir dari hasil perjuangan rakyat Papua, dianggap negara boneka bikinan Belanda. Ini awal pelecehan derajat bangsa Papua oleh bangsa Indonesia.

Kemudian, oleh RI, mulailah dilancarkan serangan-serangan militer. 15 Agustus, perjanjian New York Agreement dibikin. Tidak ada delegasi Papua, sang pemilik masalah, dalam perundingan itu. Hasilnya, Indonesia ditunjuk sebagai pihak yang mempersiapkan sebuah penentuan nasib bangsa Papua, yang kita kenal saat ini, Penentuan Pendapat rakyat (Pepera). Pepera untuk orang Papua dibuat tahun 1969. Yang penting dicatat, RI melanggar kesepakatan, one man one vote; satu orang satu suara, menjadi musyawarah, dimana dari kurang lebih 800.000 jiwa orang Papua saat itu, hanya diwakili 1.025 orang.

Belakangan, pelaku Pepera bersaksi, mereka diintimidasi, diteror, diancam akan dibunuh, bila tidak memilih untuk bergabung dengan RI. Dengan paksaan, para pemilih Pepera menyatakan ingin bergabung dengan RI. Akhirnya, sampai saat ini, RI masih menjadi ayah tiri bangsa Papua.

17 Agustus 1945

Indonesia. Sejak masa kebangkitan nasionalisme Indonesia (dimluai dengan didirikannya Boedi Utomo, 1908), tak ada satu orang pun dari bangsa Papua yang ikut berpartisipasi, berjuang bersama Ir. Soekarno, atau Moh. Hatta, untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.


Ketika  para kaum muda, intelektual, mahasiswa dan tokoh perjuangan kemerdekaan republik Indonesia menyatukan pandangan dalam Kongres Pemuda Indonesia, baik yang pertama dan yang ke dua, tidak ada satu pun perwakilan dari Papua yang menyatakan sikap, bahwa bangsa Papua ikut berjuang bersama Indonesia, memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.


18 Agustus, dalam sidang panitia persiapan kemerdekaan Indonesia,  batas-batas wilayah teritorial RI dipatok. Pulau Papua tidak masuk, tidak dimasukkan oleh satu pun peserta dalam sidang itu, sebagai bagian dari teritori syah dari negara yang namanya Indonesia. Teritori wilayah RI saat itu hanya dari Sabang sampai Ambon.


Lantas, bagaimana dengan bangsa Papua saat itu?

Sejarah mencatat beberapa gerakan Cargo di tanah Papua, yang berpusat di Biak, dan daerah-daerah sekitarnya, yang inti gerakannya adalah menentang penjajahan Belanda atas tanah Papua. Gerakan-gerakan ini ada sebelum Indonesia merdeka sebelum 1945- dan masih terus ada setelah RI lahir. Dalam perkembangannya,  muncul beberapa partai partai politik Papua Barat, dengan tujuan jelas; mencapai Papua Merdeka!


1 Desember dan 17 Agustus di Papua

Ketika saya SD, yang saya tahu, 17 Agustus, saya mesti ikut upacara bendera Indonesia, bila tidak ingin dapat pukul di sekolah. Diwajibkan! Saya ingat jelas, ketakutan yang terlihat di wajah ibu-ibu di Bomopa saat 17-an. Tentara dengan senjata lengkap ada di mana-mana, mama-mama takut dan tidak ke kebun, Bomopa mirip kota mati saat 17-an, kecuali upacara yang berlangsung di depan rumah pak kepala Distrik, di bawah arahan militer RI. Satu yang pasti: orang Papua tidak menjiwai 17 Agustus sebagai hari kemerdekaannya. 


Ini juga yang saya lihat saat SMP di Dogiyai. Bahkan rakyat Dogiyai saat 17-an, malah duduk kumpul dan bicara Papua Merdeka. Saya ingat bagaimana saat 17-an, seorang guru SMP menaikkan bendera Bintang Kejora. Polisi tangkap dia. Saya dengar, mereka strum, siksa dia. Saya tidak tahu kelanjutannya.


Saya juga ingat seorang anak SD menggambar bendera Bintang Kejora di dinding SD YPPK Moane, sampai kisah ini mengingatkan saya saat   teman-teman SMP yang tidak ikut upacara, naik ke gunung Tetode, dan putar radio keras-keras. Mereka tidak menjiwai dan sebenarnya tidak menerima, walau itu secara terselubung, bahwa 17 Agustus merupakan hari kemerdekaannya.


Dari upacara 17-an setiap tahun di tempat saya tinggal, yang ikut upacara hanya para pejabat pemerintahan Indonesia, anak sekolah, sebagian (biasanya juga karena paksaan dari pihak sekolah untuk ikut upacara 17-an), lebihnya, para penerima hadiah atas perlombaan yang diadakan, dan tentu saja, TNI dan Polri di tempat itu.


Yang menarik lagi, setiap 17-an, jarang  bendera Merah Putih yang berkibar di depan rumah milik orang Papua. Sangat jarang. Ada apa sebenarnya? 


Bagaimana dengan 1 Desember setiap tahun di Papua? Saya kira semua orang tahu. Rakyat Papua, dari kecil hingga besar, tua, muda, ketika itu, saya lihat sendiri kumpul di taman makam pahlawan, Taman Gizi Nabire, akhir tahun 2010. Ada apa di sana? Bukan lain, di sana, ada perayaan hari kemerdekaan bangsa Papua; 1 Desember.


Yang luar biasa, banyak anak anak sekolah ada di sana. 1 Desember itu sudah masuk pada ujian akhir semester ganjil untuk para pelajar (SD-SMA). Saya ingat, bagaimana beberapa teman saya rela meninggalkan ujiannya hanya untuk ikut acara peringatan kemerdekaan Bangsa Papua. Saya pikir, mereka benar menjiwai, merasa memiliki, dan dalam skala prioritas mereka, ikut HUT negara Papua lebih penting dari ikut ujian akhir semester di sekolah. Sebuah realita yang tidak saya dapati dibuat oleh anak Papua untuk ikut 17-an.


Aparat keamanan, TNI, Polri, Brimob, biasa jadi teman setia perayaan 1 Desember. Banyak demonstrasi terjadi, dan tak sedikit pula nyawa manusia Papua melayang, hanya demi perayaan itu.


Pertanyaannya, seberapa berhargakah perayaan 1 Desember itu bagi orang Papua, sehingga hampir semua yang mereka punyai, bahkan nyawa mereka sekalipun, mereka korbankan? Mengapa antusias rakyat Papua seperti ini tidak ada ketika 17-an? Saya kira, hanya sejarah bangsa Papua yang mampu menjawab.


Topilus B. Tebai, mahasiswa Papua, kuliah di Yogyakarta.
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment