News
Loading...

CALON BUPATI MIMIKA BERHARAP KPU MIMIKA JAGA NETRALITAS


Tampak Baliho Pasangan Calon Bupati Yopi Kilangin –

Andi Tajerimin Nur, di Jalan Belibis Kota Timika Jubi/Eveerth)

Timika, 24/8 (Jubi) –- Salah satu kandidat  Bupati Mimika, Yopi Kilangiin berharap agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika dapat bersikap netral dan independensi dalam menjalankan proses dan tahapan Pemilukada serta tetap mengikuti aturan yang berlaku.

Yopi Kilangin putra tokoh ekspedisi Freeport, Mozes Kilangin yang berpasangan dengan Andi Tajerimin, juga mengajak kepada setiap pasangan calon bupati dan wakil bupati yang telah dinyatakan lolos verifikasi untuk berkompetisi pada Pilkada Mimika periode 2013-2018 secara sehat dengan menegakkan semangat sportivitas, saling menghargai dan mengedepankan semangat berpolitik yang bermartabat.

“Diharapkan juga kepada para kandidat yang dinyatakan tidak lulus verifikasi berkas  agar tetap menjamin keamanan daerah,” ujar Calon Bupati Mimika, Drs. Yopi Kilangin, di Timika, Jumat (24/8).

Ditambahkan, semua pihak menghendaki KPU Mimika bisa memainkan perannya sebagai penyelenggara yang netral, independen, tidak berada di bawah tekanan atau mengamankan pesan sponsor kandidat tertentu.

“Pasangan kami siap membuka pintu selebar-lebarnya bagi kandidat yang tidak lolos tahapan verifikasi untuk bisa saling merangkul, entah sebagai kandidat maupun massa pendukung dan kami siap rapatkan barisan guna memenangkan Pilkada Mimika tahun ini. Karena semua tentu punya maksud dan tujuan baik untuk kepentingan daerah,” kata Yopi yang berpasangan dengan H Andi  Tajerimin Nur, yang  diusung Partai Buruh, Partai Keadilan Sejahtera dan PNI Marhaenisme sebagai cabup-cawabup Mimika.

Sementara itu, secara terpisah Ketua KPU Mimika menjelaskan, dari 14 pasangan bakal calon bupati Mimika yang mendaftar ke KPU Mimika, akhirnya ditetapkan 11 pasangan calon yang lolos untuk selanjutnya siap bertarung dalam pesta demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada).

”Penetapan 11 calon yang lolos berdasarkan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor : 19/Kpts/KPU-MMK/031.434172/2013 tentang Penetapan Pasangan Peserta Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika periode 2013 – 2018,” ujar Ketua KPU Mimika, Karolus Tsunme, saat penetapan 11 calon di Kantor KPU Mimika, Kamis (23/8) malam.

Dari 14 pasangan yang mendaftar, hanya 11 pasangan yang diloloskan, masing – masing enam pasangan diusung Partai Politik, adalah Athanasius Allo Rafra – Titus Natkime, Yopi Kilangin – Andi Tajerimin Nur, Yamenal Paul Maniagasi – Parjono, Abdul Muis – Hans Magal, Pither Yan Magal – Philipus Wakerkwa, Trifena Tinal – Anastasia Tekege.

Dan lima diantaranya adalah dari pasangan perseorangan atau independen, diantaranya adalah Agapitus Marimau – Satiyono, Alfred Douw – Lalu Suryadama, Samuel Farwas – Virgo Solossa, Agustinus Anggaibak – La Sarudi ser Eltinus Omaleng – Yohanis Bassang.

Tiga bakal calon yang tidak lolos adalaha Amin Wakerkwa – Dede Wydianingrum, Longinus Kareyau – Cristian Karubaba, Markus Timang – Leonardus Ukapoka. (Jubi/Eveerth)

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar