News
Loading...

Asosiasi Mahasiswa Papua Tuding Tuding Terlibatnya Aparat Dalam Tragedi Tinju Nabire

Tragedi Kejadian Luar Biasa (KLB) di GOR (gelanggang Olahraga) Kota Lama Nabire, 14 Juli 2013 lalu merupakan salah satu dari daftar KLB di Tanah Papua. Peristiwa itu menjadikan para mahasiswa yang tergabung dalam Asosiasi Mahasiswa Papua (AMP) menggelar aksi di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (26/8/2013).

Martinus, selaku koordinator aksi juga menyuarakan dalam orasinya, bahwa peristiwa itu tersebut merupakan kesempatan yang tepat untuk menciptakan sebuah konflik oleh oknum-oknum yang memiliki kepentingan di atas tanah Papua secara sistematis, terstruktur dan terencana.

Baca juga: Lagi! Sekda Papua Barat pukul pramugari Wings Air dan Pemerintah salah pendekatan di Papua, prajurit Kopassus jadi korban

“Kalau di analisis peristiwa ini secara mendalam, memang ada oknum-oknum tertentu yang memiliki kepentingan dan sengaja menciptakan situasi politik yang mengarah pada konflik horizontal, yaitu konflik antara orang papua satu sama lain,” paparnya pada LICOM saat ditemui di depan gedung negara Grahadi Jl Pemuda Surabaya.

Dugaan itu mencuat ketika adanya Orang Asli Papua (OAP) yang sengaja dibunuh melalui berbagai macam upaya atau kegiatan seperti tragedi kerusuhan GOR Kota Lama Nabire Papua dalam sebuah pertandingan tinju 14 Juli 2013 lalu yang mengakibatkan 18 orang tewas.

Disamping itu, mereka juga menuntut untuk segera dicopotnya jabatan Kapolda Papua, Irjen Pol. Tito Karnivan, Ph.D dan Kapolres Nabire, AKBP Bahara Marpaung karena dianggap telah melalaikan tugasnya.

“Dalam rangka 40 hari tragedi GOR Nabire, kami atas nama solidaritas untuk Papua mendesak pertanggungjawaban negara dan menuntut SBY-Boediono segera mencopot jabatan Kapolda Papua dan Kapolres Nabire, juga mencopot Ilyas Douw dari jabatannya sebagai Bupati. Selain itu kami berharap penarikan TNI/Polri yang diduga ada di balik terjadinya kejahatan kemanusiaan di Papua,” tegas Martinus.

 Sumber : www.nabire.net

Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar