News
Loading...

Rakyat West Papua di Biak lakukan Parade Budaya West Papua

Illustrasi Parade Budaya di Timika
Biak,  -Ratusan Rakyat Papua Barat yang di mediasi oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Biak, siang tadi, Kamis (15/8/2013), menggelar parade budaya untuk mendukung pembukaan kantor Papua Merdeka di Hague, Belanda, dan menyatkan terima kasih kepada MSG atas keputusannya mendukung hak Penentuan Nasib sendiri rakyat West Papua serta menyampaikan selamat datang kepada misi MSG ke West Papua.

Aksi damai berupa parade budaya berlangsung di dua titik kumpul yaitu, Bundaran Pasar Lama Biak dan Terminal Pasar Darfuar dan berakhir dan melaukan parade bersama di Pendopo Adat Sorido

Apolos Sroyer , Ketua KNPB Biak menyampaikan, dalam parade ini Rakyat Papua mendeklasikan Tuan Oridek Ap, yang beralamat di Netherlands sebagai Koordinator Kantor Free West Papua Campaingn di Kerajaan Netherland, dengan tiga tugas dan kewenangan mengelola dan menjalankan managemen dan administrasi perjuangan hak penentuan nasib sendiri rakyat West Papua pada Kantor Free West Papua di Netherland.

Selain itu, Oridek juga diminta melakukan loby dan diplomasi perjuangan hak penentuan nasib sendiri Rakyat West Papua di Kerajaan Netherland, dan yang ketiga adalah tugas dan kewenagan yang diberikan tetap dibawah arahan dan petunjuk ketua diplomat internasional West Papua, Benny Wenda sebagai penaggung jawab urusan perjuangan kemerdekaan rakyat West Papua di dunia internasional.

“Parade ini juga sekaligus ungkapan penyambutan rencana kedatangan utusan Melanesian Spearhead Groups (MSG)dalam waktu dekat ke Papua Barat.” Dan menyampaikan terima kasih kepada MSG yang telah menyatakan sikapnya untuk mendukung hak penentuan nasib sendiri rakyat West Papua.

Aksi demonstrasi damai berupa parade budaya nasional bangsa Papua Barat berjalan dengan baik dibawa pengawalan ketat aparat kepolisian di Biak. Walaupun pada pagi hari pasukan polisi dikerahkan untuk membubarkan aksi budaya itu di namun rakyat tetap pada komintnya melakukan aksi secara damai.

Sumber :  www.knpbnews.com
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment