News
Loading...

OPERASI MILITER NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA TERHADAP RAKYAT WEST PAPUA

Foto. Kekerasan Militer TNI,POLRI terhadap Bangsa West Papua (Foto. SUCENKO)
Numbay :Untuk meredam gejokal sosial yang timbul di dalam masyarakat karena perlakuan Pemerintah yang dirasakan diskriminatif rasial itu, tidak melalui cara yang benar. Suatu pola pembangunan yang benar-benar Rakyat Tanah West Papua, melibatkan mereka sebagai pelaku pembangunan. Akan tetapi kenyataan mereka hanya sebagai objek pelengkap saja. Akibatnya timbul keresehan dan gejolak yang berkembang sehingga dianggap mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Menghadapi gejolak semacam itu bukannya Pemerintah Indonesia mengadakan pendekatan yang persuasif tetapi langsung di hadapi dengan sejata moderen, mereka ditembaki dan dibunuh tanpa berperikemanusiaan. Akhirnya Wilaya Tanah West Papua ditetapkan sebagai Daerah Operasi Militer (DOM), padahal daerah ini bukan daerah “DOM” tetapi yang semula aman dan damai.

Pemerintah Indonesia hanya berupaya menguasai daerah ini, kemudian merencanakan pemusnahan Etnis Melanesia di bumi West Papua dan menggantinya dengan Etnis Melayu dari Indonesia. Hal ini terbukti dengan mendatangkan transmigrasi dari luar daerah dalam jumlah yang sanggat banyak untuk mendiami lembah-lembah yang subur di Tanah West Papua. Dua macam operasi yaitu Operasi Militer dan Operasi Transmigrasi menunjukkan indekasi yang tidak diragukan lagi dari maksud dan tujuan untuk menghilangkan Ras Melanesia di Tanah West Papua. Rakyat West Papua yang terbunuh dalam operasi-operasi militer di daerah-daerah terpencil atau polosok pedalaman dilakukan tanpa prosedur dan pandang bulu apakah orang dewasa atau anak-anak. Memang ironis, ketidakberpihakan hukum yang adil menyebabkan nilai orang West Papua dimata aparat keamanan Pemerintah Indonesia tidak lebih dari seekor binatang buruan.

Sumber : Buku, Suara Bagi Kaum Tak Bersuara Karyah Anak Negeri West Papua. Pdt. Dumma Socrates Sofyan Yoman
Ditulis kembali oleh Mepa Kolaitaga Kobogau
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment