News
Loading...

PM Vanuatu: Kami Berkomitmen Lanjutkan Perjuangan Membasmi Kolonialisme

John Natuman (Ist)
John Natuman (Ist)

    Abepura, Jubi – Perdana Menteri Vanuatu John Natuman memberi gelar Pahlawan Kemerdekaan West Papua kepada almarhum Dr. John Ondawame yang meninggal di Vanuatu pada 4 November lalu. Pemberian gelar pahlawan kemerdekaan kepada Ondawame itu dilakukan PM Vanuatu dalam pidato di Sidang Umum Perserikatan Bangsa- Bangsa di New York, Amerika Serika, pada 29 September 2014.
    “Dia meninggal di negara saya sebagai seorang pahlawan yang pernah berjuang untuk kebenaran menentukan nasib sendiri untuk orang dari West Papua,”ungkap Natuman dalam pidatonya yang disiarkan http://webtv.un.org.
    Natuman dalam sidang yang terhormat itu menyampaikan mimpi Ondawame dalam perjuangan kemerdekaan orang West Papua di masa hidupnya. Ondawame pernah bermimpi komunitas internasional menegakkan nilai-nilai demokrasi.
    “Dia pernah bermimpi suatu hari PBB dan semua negara mengadvokasi dan mempromosikan prinsip-prinsip demokrasi yang baik mendengarkan seruan dan berjanji menyampaikannya untuk sebuah penentuan nasib sendiri bagi mereka di masa yang akan datang,”kata Natuman.
    Dalam pidato berdurasi 27 menit itu, Natuman mengatakan negaranya telah menyatakan komitmennya untuk melanjutkan perjuangan yang ditinggalkan Odawamen.
    “Pada saat pemakamannya, saya mengatakan bahwa dia pejuang untuk kemerdekaan dan keadilan yang terus akan menjadi perjuangan kita hingga membasmi kolonialisme,” tandas  Natuman. (Mawel Benny)
Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment