News
Loading...

Aktivis ETAN di AS Soroti Ryamizard Ryacudu Terkait Theys Eluay dan DOM Aceh

Aktivis-HAM-AS-Soroti-Penunjukan-Ryamizard-Ryacudu-Sebagai-Menhan-Liputan-Berita-VOA
Sejumlah aktivis hak asasi manusia menyoroti penunjukan Ryamizard Ryacudu sebagai Mentri Pertahanan (menhan) dalam kabinet Jokowi-JK. Melalui Skype, aktivis HAM dari ETAN di New York menyayangkan penunjukan Ryamizard Ryacudu.


Terutama mengingat selama kampanye, presiden Jokowi menyambut baik ajakan meninjau kembali masalah pelanggaran ham masa lalu. “ Ia baru saja menjabat jadi masih sulit untuk di nilai, kata aktivis via skype. Jokowi menurut mereka telah menjanjikan reformasi sehingga tidak akan meneruskan politik lama. Pejuang HAM dari ETAN itu mengatakan lagi, karena masih muda, Ia (Joko Widodo) tidak pernah terlibat dalam pemerintahan Suharto.

ETAN mengira Jokowi tidak seperti tokoh politik yang berpengaruh lainnya. Tapi kabinetnya, bisa menjadi indikasi cara Ia memerintah nanti. Ia masih terikat politik tradisional, membangun koalisi, ungkap seorang aktivis dikutip dari (youtube VOA) 28 Oktober 2014.

Voice Of Amerika berbahasa Indonesia memberitakan bahwa kalangan HAM menyoroti dua hal terkait Ryamizard Ryacudu. Pertama pernyataanya bahwa siapapun yang membunuh tokoh pembebasan Papua Theys Eluai tahun 2001 adalah pahlawan. Kedua penolakan mantan KASAD era Megawati yang kini jabat menhan terkait rekomendasinya atas penghentian operasi militer di Aceh tahun 2003.
Aktivis-HAM-AS-Soroti-Penunjukan-Ryamizard-Ryacudu-Sebagai-Menhan-Liputan-Berita-VOA
Aktivis-HAM-AS-Soroti-Penunjukan-Ryamizard-Ryacudu-Sebagai-Menhan-Liputan-Berita-VOA
Isu HAM kerap menjadi ganjalan dalam hubungan bilateral Indonesia-Amerika Serikat dimasa lalu. Apakah penunjukan Ryamizard Ryacudu kali ini juga menjadi ganjalan? VOA pada kesempatan meliput pernyataan jubir deplu AS, menanyakan komentar jurubicara departemen luar negeri AS mengenai penunjukan ini.

Dijawab sang jubir menlu AS “Minta maaf, saya belum bisa memberikan komentar tentang itu. Pengumuman kabinetnya, secara umum, menunjukkan langkah positif. Karena Ia baru dilantik minggu lalu. Dan pertemuannya dengan menlu Kerry menunjukkan keakraban. Saya akan cek apakah isu ini menjadi masalah.
Dari Indonesia, kepada wartawan, Ryamizard Ryacudu menolak tuduhan pelanggaran ham dan menyatakan kalangan HAM dan aktivis jurnalis harusnya tau bahwa dia orang yang bersih selama 35 tahun karier militernya. Demikian VOA melaporkan dari Washington DC. (Arkilaus Baho)

Sumber :  www.pusaka.or.id
Share on Google Plus

About suarakolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment