News
Loading...

Anak Buah Jual Amunisi, Kapolsek Dicopot

amunisi
Liputan6.com, Jayapura - Kapolsek Nduga Ipda Pius Holahasan dicopot dari jabatannya karena dianggap lalai dan tidak bertanggung jawab terhadap anak buahnya, Briptu Tanggam Jikwa. Sang anak buah diduga menjual amunisi berupa 231 butir peluru kaliber 5,56 mm, 12 butir kaliber 38 mm, dan 29 butir kaliber 7,62 mm yang biasa digunakan untuk senjata Arsenal dan Mouser.

Kapolda Papua Irjen Pol Yotje Mende mengatakan Briptu Tanggam akan menjalani sidang kode etik pemecatan dari kepolisian dalam waktu dekat. Setelah pemecatan, polisi akan melimpahkan kasusnya sesuai dengan delik pidana.

"Proses sidang kode etik akan selesai paling lama dalam 2 minggu ke depan. Setelah itu akan dilakukan proses pidana ke pengadilan dan Briptu Tanggam bisa dikenai hukuman tambahan 1/3 dari hukuman maksimal, sebab perbuatannya melawan hukum," jelas Yotje usai gelar barang bukti di ruang penyidikan Mapolda Papua, Jayapura, Selasa (28/10/2014).

Saat ini, Briptu Tanggam sedang dalam proses penyelidikan intensif di Mako Brimob Polda Papua. Pihak Polda juga akan terus menelusuri dugaan pemasok amunisi bagi kelompok kriminal bersenjata.

"Dalam penyelidikan sementara, Tanggam mengaku baru sekali menjual amunisi tersebut kepada kelompok bersenjata," ungkap dia.

Sementara Briptu Tanggam Jikwa membenarkan dirinya menjual magasin ke kelompok bersenjata karena saat itu dalam pengaruh minuman keras.

"Saya jual magasin ke dorang (mereka) dalam keadaan mabuk. Saat itu saya menjual magasin 2 buah dibayar dengan Rp 1 juta," katanya ketika ditemui di Polda Papua.

Tanggam juga menyebutkan dalam penjualan amunisi itu dia dibantu oleh salah satu pamannya yang pensiunan anggota Kodam Cenderawasih. "Iya, itu Om saya dan dia sudah pensiun," jelasnya.

Minggu 26 Oktober lalu Tanggam dan 6 orang anggota kelompok bersenjata ditangkap di sebuah hotel di Wamena. Dalam penangkapan  tersebut, polisi juga menyita 231 amunisi di rumah Tanggam. (Yus)

Credit: Rinaldo

Share on Google Plus

About Suara Kolaitaga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment